Rabu 1 Februari 2012 19:00
Petrus Agung

Badai Kasih bagian 1”

Yang bisa mengalahkan kejahatan adalah kebaikan. Alkitab berkata bahwa kasih tidak pernah gagal. Tuhan berbicara bahwa kita harus bawa badai kasih di tengah-tengah kita dengan jalan melakukan hal-hal yang konkrit bagi orang-orang di sekitar kita.

Di buklet ada 8 value yang ingin dibagikan ke masyarakat umum. Nilai-nilai yang tertulis universal, bisa dipesan di radio rhema.

Rm 12: 9-21

Ay 9 – Jika kita hanya menjauhi yang jahat dan tidak melakukan apapun, maka tidak utuh. Artinya kita membiarkan hidup sekitar kita vakum dan kosong.

Ay 10 – Kelihatannya sederhana, tapi di dunia nyata tidak semudah yang dipikirkan. Banyak yang sudah kehilangan kasih antar saudara, bahkan memburu saudaranya seperti Saul memburu Daud. Alkitab tidak mengatakan “kasihilah orang yang LAYAK engkau kasihi”, karena sebenarnya kita juga tidak ada yang layak menerima kasih Tuhan. Daging manusia cenderung mencari hormat.

Ay 11 – Perintah agar tetap bersemangat

Ay 12 – Jika sesuatu yang kita harapkan belum tercapai, tetap berharap. Dan sambil berharap bersukacitalah

Kesesakan – tidak ada yang kebal kesesakan. Saat kelonggaran belum datang: bersabar !

Bertekun dalam doa: ada doa-doa yang cepat dikabulkan, ada doa-doa yang membutuhkan waktu cukup lama, sahingga kita harus tekun

Ay 13 – Sebagai sesama anak Tuhan mari saling membantu satu dengan yang lain

Ay 14 – Jika kita harus memilih: pilih dianiaya. Karena jika kita dianiaya – ada Roh Kemuliaan yang datang, yang biasa menganiaya adalah roh antikris. Tubuh Tuhan banyak perbedaan, harus disikapi sebagai sebuah keajaiban dan berkat Tuhan untuk kita saling melengkapi. Tidak ada Tubuh Tuhan yang sempurna. Kerjasama dan saling mendukung akan jauh lebih baik dibanding jika kita punya sikap negatif terhadap orang lain. Saat kita sedang dianiaya, fitnah, bersikap yang tidak menyenangkan: BERKATILAH dan jangan mengutuk.

Ay 15 – Menangis dengan orang yang menangis lebih mudah untuk ber-emphaty. Tapi bersukacita dengan orang yang bersukacita sulit – karena kita iri hati, dan lebih parah lagi: kita tidak sadar sedang berada dalam iri hati.

Budaya yang kurang baik di Indonesia: selalu memberi nilai kurang/ sisi negatif untuk keberhasilan seseorang, sehingga mengurangi apresiasi orang lain. Sikap ini yang membuat kita tidak bisa diberkati.

Ada yang bahkan jahat: bersorak saat orang lain menangis: BUKAN orang Kristen

ay 16 – Jangan berkhayal, jangan membual, mari kita mendarat, yang kita lakukan menyentuh kebutuhan sekitar kita. Jangan anggap diri pandai – karena kita terbatas.

Ay 17-21 – Pembalasan adalah hak Tuhan. Jika kita ambil hak itu maka kita bertindak sebagai Tuhan. Kita bukan Tuhan yang punya keadilan yang sempurna, maka jika hak pembalasan itu kita ambil maka kita dituntut untuk berkeadilan seperti Tuhan.

Melakukan apa yang baik bagi semua orang: inilah yang disebut badai kebaikan

Menunjukkan kebaikan kepada seseorang tidak perlu biaya. Minta kesempatan kepada Tuhan. Jika semua lakukan, maka seluruh kota akan dipenuhi kebaikan.

Semua yang negatif cenderung lebih disukai manusia dan membuat antusias. Kejahatan dan kebencian memberi manusia tenaga ekstra. Tapi KASIH dan CINTA jauh lebih kuat.

Belajar tidak menggosipkan orang lain. Jika ada nasehat yang ingin disampaikan, sampaikan secara langsung, sehingga kita bisa hidup damai dengan semua orang.

Untuk movement “badai kasih” ada buklet kecil berisi nilai-nilai universal beserta gambar dan foto. Pembahasan tentang nilai-nilai buklet akan dilakukan selama 3 hari.

Nilai-nilai pada buklet:

1. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati orang tua dan pemimpin

Ada usaha iblis membuat bangsa kita menjadi fatherless nation. Mudah untuk menghujat pemimpin atas nama kebebasan berbicara/ berpendapat (freedom of speech)

Pemimpin tidak selalu benar, bahkan banyak yang mengecewakan. Tapi jika kita sebuah bangsa terbiasa menghujat pemimpin – ini tidak boleh diteladani.

Namun bagaimanapun kita harus belajar menghormati orang yang lebih tua, sopan santun tidak boleh dibuang. Semua punya banyak kelemahan, tidak ada yang sempurna. Kita boleh mengkritik, tapi sampaikan secara sopan dan tepat – akan jauh lebih mengena dibanding jika sambil memaki.

Badai kebaikan harusnya memulihkan rasa hormat terhadap pemimpin dan orang yang lebih tua.

Berikan hormat kepada pemimpin sebelum menuntut sesuatu.

Yang bisa kita lakukan: datangi, beri ucapan terima kasih bahwa telah menjadi pemimpin, jika perlu beri hadiah.

Budaya di Jepang beda. Saat Kaisar keluar istana pada open house, semua rakyat menghormati, bahkan generasi mudanya menghormati pemimpin dengan luar biasa. Akibatnya ketika pemimpin merasa gagal, akan mengundurkan diri untuk menjaga harga dirinya

Namun jika sejak awal biasa dimaki-maki orang- malah bisa kebal saat melakukan kesalahan.

Buat juga kebaikan kepada guru, dosen sebagai bentuk hormat/ respek kita. Semakin menyebalkan seorang pemimpin – itulah sasaran kebaikan kita !

Yang mengkritik pemimpin sudah banyak, dan mereka punya daya tahan. Semakin dikritik malah kerjanya tidak akan maksimal.

2. Jangan tawuran, ayo BERSATU satu tujuan bagi Indonesia

Tawuran mencelakai dan merugikan banyak orang.

Jika ada sekolah bermasalah dengan sekolah lain: buat prakarsa perdamaian, panggung seni bersama.

Antar gereja juga jangan tawuran ! (tawuran kata-kata).

Jika kita melihat perbedaan, sejak jaman murid-murid Tuhan Yesus sudah ada perbedaan. Utamakan unity.

3. Ada pelangi sesudah hujan, karena ada TUHAN yang mengasihimu

Dalam hidup terlalu banyak banjir masalah yang terjadi, dan kekuatan manusia terbatas. Mari ingatkan sesama bahwa bagaimanapun masih ada uhan, ada pencipta, dan Tuhan berbicara melalui FirmanNya.

Tawarkan untuk mendoakan orang-orang di sekitar kita, yakinkan bahwa badai pasti berlalu.

1 Ptr 3:8-9

Memperoleh berkat artinya mewarisi berkat. Caranya dengan memberkati.

Saat kita berhasil menciptakan badai kasih di lingkungan kita, maka tiba-tiba Tuhan berkata bahwa kita memenuhi panggilan kita untuk menjadi ahli waris berkat yang luar biasa.

link mp3 “Badai Kasih bag 1” khotbah (pilih salah satu):

http://www.mediafire.com/?rswx69qco99r7t4
http://www.4shared.com/mp3/EdKSrg2t/20110201_Badai_Kasih_1_-_Petru.html

link mp3 “Badai Kasih bag 2” khotbah (pilih salah satu):

http://www.sendspace.com/file/qq4p36

http://www.mediafire.com/?neadgaz6w8a7k86

http://www.4shared.com/mp3/yjRHe0IW/20110202_Badai_Kasih_2_-_Petru.html