Minggu 6 Mei 2012

Breakthrough Economic

Sesi 3: Bagaimana Allah Menetapkan Nilai Bagi Segala Sesuatu

(How God Establish the Value of Anything)

Jon Avanzini

.

Pengantar oleh pdt. Petrus Agung

Kisah tentang Winston Churchill. Winston ditolong 2 kali oleh orang yang sama.

Pertolongan pertama saat Winston masih kecil dan hampir tenggelam di kolam. Ayah Winston menabur kebaikan kecil dengan mengijinkan tukang kebunnya mengajak anaknya saat dia bekerja, dan menuai keselamatan bagi anaknya dari tenggelam.

Tidak berhenti di sini, ayah Winston membiayai pendidikan dari anak tukang kebun hingga menjadi dokter. Taburan kedua ini menghasilkan tuaian selamatnya nyawa Winston saat dia dewasa dan sakit parah, dan ini juga berarti keselamatan bagi dunia dari kekejaman Hitler.

http://renunganhidup.com/kisah-alexander-penisillin-fleming/

http://moralkompas.blogspot.com/2012/02/churchill-fleming-dan-penisilin.html

Pak Agung perkenalkan rancangan RS di lokasi tanah yang baru saja diperoleh Gereja.

Nubuat ps Jon Avanzini tentang rumah sakit: Ada saat-saat yang luar biasa dalam sejarah, dan itu tidak terjadi dengan sendirinya oleh alam, tapi oleh manusia. RS selesai dalam satu tahun !

.

Bagaimana Allah Menetapkan Nilai Bagi Segala Sesuatu

(How God Establish the Value of Anything)

Ilustrasi: Kita ingin menjual sebuah sapi kepada Tuhan. Tapi Tuhan punaya semua ternak di seluruh gunung, sehingga Allah bukan pembeli yang berminat. Dan di tengah presentasi penjualan, tiba-tiba kita sadar bahwa sapi yang akan kita jual ke Tuhan pun ternyata milik Tuhan !

Segala sesuatu yang kita miliki hanya kita miliki sementara, yaitu selama kita hidup; tapi Tuhan memiliki segala sesuatu secara kekal !

Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

(Mzm 24: 1)

Allah memiliki segala sesuatu ! Maka bagaimana Allah menetapkan nilai (value) dari segala sesuatu?

Bagi dunia kita uang memiliki nilai, tapi bagi Allah itu tidak ada nilainya !

Yes 55: 8-9 – Cara Tuhan berfikir tidak seperti kita berfikir, dan sama sekali berbeda !

.

Allah bergantung pada setiap pribadi/ individu

untuk menetapkan suatu nilai atas segala sesuatu yang mereka miliki

God depend on each individual to establish the value of everything they possesed

Artinya: kita yang menetapkan nilai ! Allah tidak bisa menetapkan value karena Dia memiliki segala sesuatu ! Allah ijinkan kita untuk memberikan penilaian itu.

Saat kita memberi persembahan – itulah kita ! Jika asal saja, maka bagi Allah nilainya juga asal saja ! Tetapi saat kita memberikan sesuatu kepada Tuhan yang kita anggap sangat berharga bagi kita, maka itupun menjadi sangat berharga bagi Tuhan !

Mrk 12: 41-44 – Persembahan seorang janda

Yesus bukan lihat berapa banyak (how much) yang orang-orang berikan di persembahan, tapi bagaimana (how) memberi persembahan. Tuhan tidak mencoba menentukan nilai persembahan itu bagi Dia, tapi Dia sedang menetapkan seberapa besarnya nilai persembahan itu bagi kita. Dan jika persembahan itu penting bagi kita, maka menjadi penting bagi Tuhan !

Di masa itu prajurit romawi dibayar 16 keping uang perak per hari, janda dalam kisah di atas berikan 2 keping uang – artinya 25% dari upah prajurit. Dikatakan orang-orang kaya menaruh (cast) uangnya, tapi janda itu melemparkan (threw) uangnya. Alkitab berkata bahwa itu adalah seluruh nafkahnya, artinya uang itu semuanya bagi janda itu, segala sesuatu yang dibutuhkannya untuk hidup ! Janda itu mungkin beberapa kali ingin berikan, tapi batal karena itu sangat berharga baginya. Tapi dalam hatinya dia sadar harus berikan, karena dia harus mengalami perubahan dalam hidupnya. Maka janda itu lemparkan persembahannya.

Sering kita harus “lemparkan” persembahan kita, artinya memberikan dengan cepat sebelum iblis membujuk kita untuk tidak memberikan persembahan.

Tuhan Yesus beri kuncinya: orang-orang lain memberi dari kelebihan, tapi janda ini memberikan seluruh hidupnya! Keputusan untuk nilai dari sebuah persembahan bukan ditentukan oleh Tuhan Yesus, tapi oleh janda itu !

Manusia melihat nominal, tapi Tuhan lebih tertarik pada seberapa sisa yang ada pada kita setelah kita berikan, seberapa itu bernilai bagi kita.

Saat kita ingin gerakkan Tangan Allah dengan persembahan kita, maka pastikan itu sesuatu yang berharga dan sangat istimewa bagi kita, sehingga itu menjadi berharga dan istimewa bagi Allah !

Setiap kali yang berharga (precious) bergerak, maka tangan Allah bergerak !

.

1 Raj 17: 8-16 – Janda Sarfat

Saat itu 2 tahun kekeringan. Saat nabi datang di kota itu dia minta hal yang paling berharga di kota itu: air. Dan si janda berikan itu secara gratis pada Nabi. Tapi Allah tidak menggerakkan tanganNya, karena bagi Allah semua air yang ada di dunia adalah miliknya !

Tapi Nabi melihat bahwa janda ini memiliki seorang anak yang sekarat karena kelaparan, dan melihat bahwa si janda sedang membuat makan terakhir bagi si anak. Makanan terakhir sebelum mati sangat selalu berharga. Nabi harus membuat janda memberikan sesuatu yang berharga, sehingga tangan Tuhan bergerak dan memberi kelegaan bagi janda itu dan anaknya. Saat wanita serahkan roti ke nabi maka tangan Allah bergerak !

Saat yang berharga (precious) bergerak, maka tangan Allah bergerak !

.

Kej 37 – Yusuf dijual ke Mesir sebagai budak oleh saudara-saudaranya. Tapi Allah tinggikan dia sehingga jadi orang ke-2 di Mesir. Kemudian terjadi kelaparan di tanah perjanjian, dan Yakub suruh anak-anaknya beli jagung ke Mesir dengan membawa karung (sack)

Kej 42: 25 – Yakub berikan makanan dalam karung (sack), tapi kemudian Yusuf meminta Benyamin, padahal Benyamin adalah yang paling berharga bagi keluarga Yakub.

Akhirnya saudara-saudara Yusuf membawa Benyamin, dan saat Yusuf melihat Benyamin – yang paling berharga diserahkan, maka Yusuf memerintahkan pada Kej 45: 19-20, saudara-saudara Yusuf tidak lagi pergi membawa karung (sack), tapi pergi membawa kereta (wagon).

Hidup limpah itu nyaman ! Tapi tidak akan terjadi selama kita tidak berikan yang paling berharga kepada Allah !

.

Abraham punya banyak ternak untuk dikorbankan, tapi setelah 99 tahun barulah dia punya seorang Ishak. Maka tidak ada hal yang berharga bagi Abraham selain anaknya. Ketika Abraham harus berikan Ishak untuk dikorbankan, Abraham tidak menolak dan letakkan Ishak di mezbah !

Surat Yakobus (Yak 2:21) katakan bahwa saat itulah Abraham disebut “orang benar”.

.

Allah Yehova pada suatu saat adalah pembunuh !

Yos 6 – Allah suruh Yosua untuk bunuh semua mahluk di Yerikho: pria, wanita, anak-anak, bahkan ternak !

Saat Israel membuat “anak lembu emas”, Tuhan membelah bumi, dan 30 ribu binasa !

Daud mensensus orang Israel, dan 21 ribu orang mati karena sampar !

Suatu hari DIA berikan yang paling berharga bagi kita: putraNya sendiri Yesus.

Maka sejak hari itu bahkan Allah tidak menjamah sehelai rambutpun dari kepala manusia. Allah jatuh cinta pada manusia ! Allah mengubah orang yang berdosa menjadi anakNya yang kudus !

Sesuatu terjadi: Allah memberikan yang berharga ! Saat Dia berikan yang berharga, tanganNya tidak lagi turun dengan tinju, tapi tanganNya justru turun dangan anugrah dan cinta !

Saat yang berharga (precious) bergerak, maka tangan Allah bergerak !

.

Hana selama bertahun-tahun merindukan anak. Satu hari Hana berdoa di depan mezbah dan memohon Tuhan untuk beri anak kepadanya, dan berjanji serahkan anak sulungnya kepada Tuhan ! Tidak ada yang lebih berharga bagi seorang wanita selain anak sulungnya!

Saat yang berharga bergerak maka tangan Tuhan bergerak, tangan Tuhan menjamah kandungan Hana dan lahirlah Samuel dan 6 anak yang lain !

Saat yang berharga (precious) bergerak, maka tangan Allah bergerak !

.

Dalam bahtera Nuh binatang yang halal dan bisa dimakan masing-masing ada 7 pasang. Saat banjir surut dan Nuh membuat mezbah, maka yang dikurbankan sepasang dari setiap binatang yang halal, yaitu induknya, bukan anaknya. Ketika yang persembahan itu sampai kepada Allah, maka Tuhan berjanji tidak akan membinasakan bumi dengan air lagi, menaruh pelangi di langit, menarik kutuk dari bumi sehingga bumi kembali subur dan memberikan banyak hasil.

Saat Nuh menggerakkan yang berharga (precious), maka bukan hanya menjamah hidupnya, tapi sampai hari ini kita bisa memanen tanaman dan memakan binatang-binatang ternak.

.

1 Raj 3: 4-5 – Yang diminta Tuhan adalah satu anak domba untuk satu keluarga, tapi Salomo persembahkan 1000. Biasanya Tuhan datang dan perintahkan kita untuk melakukan sesuatu, tapi dalam kisah ini Tuhan yang tanya pada Salomo: apa yang Aku harus lakukan bagimu ?

1 Raj 8: 63 – Salomo tidak menjadi miskin karena persembahan yang begitu banyak ! Bahkan memberikan persembahan pendamaian 22000 ekor lembu sapi dan 120000 ekor kambing domba !

1 Raj 10: 23 – Salomo jadi raja terkaya di dunia ! Tidak bangkrut walau sudah berikan begitu banyak !

.

Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.

Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih,

pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya. (Mzm 126: 5-6)

Inilah jaminan Tuhan yang menyertai saat kita beri yang paling berharga !

Ada air mata saat janda melemparkan 2 peser uangnya, maupun saat Hana menyerahkan Samuel.

Kita bisa alami pertambahan dengan memberi: 30x ganda, 60x ganda, 100x ganda !

Tapi kepada yang berharga, maka jaminan ini PASTI menyertai, dan panen kita terjamin !

.

Masyarakat membutuhkan pertolongan rumah sakit, tapi tidak mendapatkannya. Ini seharusnya tugas pemerintah. Tapi apapun yang pemerintah tidak bisa melakukannya, maka gereja Tuhan akan melakukannya ! Gereja-gereja tradisional penuh dengan janji, tapi dunia butuh tindakan ! Kita harus jadi gereja yang bergerak bersama Roh Kudus seperti yang Tuhan kehendaki

.

Breakthrough offering – kebaktian khusus bersama ps Jon Avanzini
CIMB Niaga a/n Gereja JKI Injil Kerajaan
(rupiah) 016 01 44 207 128
(dollar) 096 02 00 033 004
(euro) 906 16 00 005 005

atau BCA a/n Petrus Agung Purnomo
009 414 05 83

pesan: Jangan lewatkan Kairos Tuhan
info lebih lanjut hubungi rhema FM 024 3511746

.

link MP3 khotbah sesi 3 (full service) :

http://www.fileden.com/files/2012/5/6/3300980/20120506%20Sesi%203%20-%20Jon%20Avanzini.mp3

http://www.4shared.com/mp3/X5C3raCV/20120506_Sesi_3_-_Jon_Avanzini.html

http://www.sendspace.com/file/qnhy6f

http://www.mediafire.com/?ti8dl6nupr4pjm2

.

link MP3 khotbah sesi 3 (firman) :

http://www.fileden.com/files/2012/5/6/3300980/Sesi%203%20-%20Jon%20Avanzini.mp3

http://www.4shared.com/mp3/iFKHcRMB/Sesi_3_-_Jon_Avanzini.html

http://www.sendspace.com/file/reule5

http://www.mediafire.com/?6zyb35lj403odoq

.

“BAGI YANG MERASA DIBERKATI DENGAN PELAYANAN KAMI DI MINYAKCADANGAN DAN MEMILIKI CUKUP DANA, HARAP BELI DVD/ VCD/ CD/ MP3 ASLINYA DI RHEMABBOKSTORE atau MEDIA INJIL KERAJAAN !”

MARI BERGERAK DARI KONSUMEN – MENJADI PRODUSEN, DARI DIBERKATI – MENJADI SALURAN BERKAT !!!