Senin 7 Mei 2012

Breakthrough Economic

Sesi 5: Allah yang Cepat

Jon Avanzini – Dewasa Muda – Gereja Permata

.

 .

Ruangan Gereja Permata adalah tempat awal dari banyak hal yang besar: Rhema FM, gedung Holy Stadium, pemimpin-pemimpin gereja yang sat itu masih berusia muda. Bisnis Tuhan itu luar biasa, karena pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar selalu datang. Kekristenan adalah satu-satunya organisasi yang memiliki potensi dan kekuatan untuk semakin lama semakin besar. Cara Yesus beroperasi: pekerjaan yang sudah dikerjakan adalah besar, tapi di depan ada pekerjaan yang lebih besar lagi ! Nikmati masa muda, tapi nantikan masa mendatang, karena di dalam Tuhan yang ada adalah bertambah baik dan semakin baik !

 .

Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia (Ams 23: 7a)

 .

Sebagaimana kita berfikir, jadi seperti itulah kita. Kita akan menjadi seperti yang kita pikirkan, dan segala sesuatu akan terjadi seperti yang kita pikirkan ! Maka yang harus kita waspadai adalah tradisi ! Karena tradisi sering membuat kita sulit melihat yang sebenarnya Allah tunjukkan kepada kita.

 .

Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku; pada hari aku berseru,

segeralah menjawab aku! (Mzm 102: 2b)

 .

Sepertinya doa yang nekat: menyuruh Tuhan untuk menjawab kita dengan segera, tapi inilah yang ditulis Alkitab ! Tradisi mengajarkan bahwa Tuhan kadang butuh waktu yang lama, tapi yang tertulis di Alkitab berbeda ! Hampir setiap mujizat terjadi seketika, paling lama 2 atau 3 hari.

Sebagaimana kita berfikir, jadi seperti itulah kita ! Jika kita berfikir Tuhan perlu waktu yang lama, maka akan terjadi: butuh waktu yang lama. Hati-hati dengan cara kita berfikir !

 .

Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan,

dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar (Yes 59: 1)

 .

Tangan Tuhan tidak pendek sehingga tidak bisa sentuh masalah kita, dan walau Allah sangat tua, tapi pendengarannya masih sangat baik ! Jadi saat kita menghadapi masalah kita bisa bicarakan itu pada Tuhan ! Tapi bicarakan tentang sekarang, karena usia kita semakin tua. Tuhan selalu siap melakukan segala sesuatu dengan cepat, tetapi saat kita berfikir Dia lambat, maka akan menjadi lambat.

 .

Kej 21: 14-19 – Kisah Hagar dan Ismael di gurun Bersyeba. Jika Allah bergerak lambat, maka Hagar dan Ismael akan mati, tapi Allah bergerak dengan cepat ! Begitu si anak menangis, Allah bergerak.

 .

Luk 17: 11-19 – Kisah 10 orang kusta yang disembuhkan Tuhan.

Saat orang-orang datang ke gereja untuk menerima kesembuhan Ilahi, seringkali manifestasi kesembuhannya tidak seketika. 10 orang kusta tidak disembuhkan seketika, tapi mereka sembuh dalam perjalanan menghadap kepada imam.

 .

Kadang dalam KKR kesembuhan saat kesembuhan tidak terjadi seketika, seringkali orang-orang langsung menilai bahwa itu gagal, mungkin harus datang lagi lain kali. Tapi saat kita terhubung dengan Tuhan, dan tahu sesuatu terjadi dalam hidup kita: jangan menyerah ! Karena Tuhan melakukan dengan cepat saat iman kita teguh. 10 orang kusta itu sudah berjalan meninggalkan Tuhan seberapa jauh, mereka menjaga iman mereka, dan pada hari itu juga mereka sembuh. Allah bekerja cepat, tapi tidak selalu instan. Maka saat Dia tidak bekerja secara instan – kita tidak perlu kecewa ! Iman harus tetap ada hingga kesembuhan tiba. Saat kita berpegang teguh pada iman itu, maka kesembuhan akan datang dengan cepat.

 .

Kesembuhan adalah sebuah proses. Mujizat kesembuhan bisa terjadi instan, bisa tidak seketika, tapi harus ada iman ! Karena tanpa iman semua hilang. Pegang teguh iman kita, dan fahami bahwa saat kita meminta kesembuhan artinya kita meminta proses dimulai. Tidak diperlukan waktu yang lama, tapi seringkali juga tidak sekejap. Saat KKR kesembuhan, didoakan dan belum sembuh, harus tetap PERCAYA, karena selama kita pelihara iman proses kesembuhan akan berhenti. Saat hamba Tuhan ucapkan kesembuhan, maka kuasa bergerak menuju si sakit, tapi kuasa itu tidak ikut saat si keluar dari pintu, iman si sakit yang harus menangkap kuasa itu dan menjaganya daalm diri kita !

 .

Mrk 5: 25 – Kisah wanita yang sakit pendarahan selama 12 tahun. Dalam kisah ini Yesus tidak mengucapkan kesembuhan pada wanita tersebut, tapi wanita itulah yang mengatakan kepada dirinya sendiri: “aku sembuh”! Artinya kesembuhan dimulai dari dalam diri wanita itu.

Kadang kita harus ucapkan apa yang kita inginkan, tidak perlu tunggu-tunggu apa yang Tuhan katakan, tapi ucapkan hal-hal yang yang kita inginkan !

 .

Kita tidak bisa bergerak ke dalam hal yang terbaik dari Allah selama kita berfikir ke arah yang buruk. Jika kita percaya pada perkataan bahwa latar belakang yang buruk, maka tidak akan ada sesuatu yang baik terjadi dalam hidup kita ! Di dalam Kristus kita adalah ciptaan baru, dan kita menjadi anggota keluarga yang terbaik karena Allah adalah Bapa kita !

 .

Ay 29 – Wanita ini seketika sembuh! Seketika, bukan seminggu atau sebulan. Biasakan diri kita dengan cara kerja Allah yang cepat ! Jangan dengarkan apa yang orang katakan, tapi dengarkan apa yang Firman Tuhan katakan ! Ketika 10 orang kusta berbalik untuk berjalan, tiba-tiba mereka sembuh. Saat wanita ini menyatakan “aku akan sembuh”, kurang dari semenit kemudian dia sudah sembuh! Tetapi wanita ini sendiri yang mengatakannya.

 .

Alkitab berkata bahwa kesembuhan adalah makanan anak-anak, itu milik kita !

Oleh bilur-bilurNya kita SUDAH sembuh !

Maka tidak hanya terjadi saat hamba Tuhan menumpangkan tangan, tapi kita bisa ucapkan itu bagi diri kita sendiri ! Saat kita merasa kurang sehat, segera tumpang tangan pada diri kita sendiri dan jadi sembuh – karena kita punya hak untuk itu. Wanita yang pendarahan 12 tahun ini melakukan hal itu, dan seketika kesembuhan terjadi !

 .

Allah kita adalah Allah yang cepat !

Tapi jika kita berfikir bahwa Dia lambat, maka Dia akan menjadi Allah yang lambat !

 .

Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya;

ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya. (Yes 65: 24)

 .

Sebelum kita meminta kepada Tuhan kita berfikir lebih dulu, artinya pemikiran kita mendahului perkataan kita. Karena Tuhan bisa membaca pikiran kita, maka Tuhan bisa hasilkan mujizat SEKETIKA begitu doa dan permohonan diucapkan ! Kita tidak memiliki Allah yang lambat !

Selama kita berfikir kapan terjadinya suatu hal yang kita ingini, maka itu tidak akan pernah terjadi !

Mulailah berkata bahwa itu akan terjadi dengan cepat !

 .

Jangan berkata saya akan menjadi pemimpin, tapi mulailah menjadi pemimpin sekarang !

Jangan berkata saya akan menjadi penginjil, tapi mulailah menjadi penginjil sekarang ! Bawa berapapun orang kepada Tuhan, jangan tunggu sekian tahun lagi !

Jika kita tahu akan jadi apa kita kelak – mulailah SEKARANG !

 .

Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah

keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir

yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.

TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja (Kel 14: 13-14)

 .

Ay 14 – Ayat yang populer diajarkan di seluruh dunia

Ay 15 – Faktanya bukan Allah yang berperang (fight), tapi Dia menjadikan kita petarung (fighter) !

Saat kita mulai bergerak maka Tuhan akan mengambil alih !

 .

Banyak orang yang hanya menunggu Tuhan. Tapi seharusnya: mulailah lakukan sesuatu ! Seperti mobil tanpa power steering yang berhenti. Saat berhenti sangat berat untuk menggerakkan setir. Namun segera setelah mobil mulai berjalan menjadi mudah untuk memutar setir.

 .

Jika kita ingin Tuhan melakukan sesuatu bagi kita, kita harus mulai bergerak, sehingga Tuhan bisa “mengemudikan”. Jika kita duduk dan menunggu, maka tidak ada apapun yang terjadi ! Saat Israel mulai bergerak, maka Tuhan membelah laut.

 .

Musuh yang kita miliki hanya sementara !

Ay 26, 30 – Saat musuh coba menghentikan kita, maka kita harus mulai bergerak ke arah yang Tuhan suruh, dan saat kita mulai bergerak – Tuhan membuka laut. Saat musuh kita kelihatan begitu besar, kita akan melihat mereka tergeletak mati di tepi laut !

 .

Musuh kita tidak pernah berhenti datang. Tapi kita harus tetap maju. Secara periodik kita akan melihat semua musuh tergeletak mati, dan setiap laut akan terbuka. Dan tahun-tahun mendatang kita akan memiliki kesaksian-kesaksian bagaimana kita menaklukkan musuh ! Kita tidak pernah jadi penakluk selama tidak ada yang ditaklukkan ! Dan saat kita berdiri dan diam, maka lawan akan menguasai kita.

 .

Daud vs Goliat. Arti seruan Daud sebenarnya: “Siapakah orang Filistin yang tidak punya perjanjian/ covenant ?” Tidak bersunat = tidak punya perjanjian. Goliat bertanding sendirian, Daud “ sepertinya sendirian – padahal ber-4: ditambah Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus ! Sedangkan si Filistin benar-benar sendirian !

 .

Kita tidak akan pernah sendiri lagi karena Allah Bapa,

Allah Putra dan Allah Roh Kudus menyertai kita !

 .

Kita umat yang punya perjanjian, musuh kita tidak punya perjanjian !

 .

Mrk 11: 12 – Pohon ara yang dikutuk Tuhan

Ay 20 – Dalam satu hari pohon ara yang tidak berbuah menjadi kering !

Maknanya: Singkirkan orang-orang yang tidak berbuah keluar dari hidup kita ! Jangan terlibat dengan mereka, jangan buang waktu bergaul dengan mereka. Karena siapa yang menjadi kumpulan kita, bisa menjadi jembatan atau beban ! Jangan simpan hubungan yang tidak berbuah ! (Don’t keep the unfruitfull relationship !)

 .

Mat 17: 24-27 – Yesus tidak bilang bahwa ikan pertama yang datang akan memuntahkan koin. Tapi Petrus harus membuka mulut ikan dan menarik keluar koin itu. Inilah pelayanan ps Jon Avanzini: mengajar jemaat membuka mulut, dan ps Jon mengambil koin-nya. Setelah hal itu terjadi beberapa saat, maka kita akan berusaha membuka mulut kita sendiri dan dengan senang hati memberikan koin itu, karena kita dapati banyak koin di dalam kantong kita.

Pelayanan JKI Injil Kerajaan bukan untuk ambil uang dari jemaat, tapi mengajar dan melatih bagaimana Tuhan ingin memberi uang kepada jemaat !

 .

 .

Breakthrough offering – kebaktian khusus bersama ps Jon Avanzini
CIMB Niaga a/n Gereja JKI Injil Kerajaan
(rupiah) 016 01 44 207 128
(dollar) 096 02 00 033 004
(euro) 906 16 00 005 005

swift code BNIAIDJA

atau BCA a/n Petrus Agung Purnomo
009 414 05 83

.

pesan: Jangan lewatkan Kairos Tuhan
info lebih lanjut hubungi rhema FM 024 3511746

 .

 .

link MP3 khotbah sesi 5 (full service) :

http://www.4shared.com/mp3/4X0JbiDR/20120507_Sesi_5_-_Jon_Avanzini.html

http://www.sendspace.com/file/1tavug

http://www.mediafire.com/?fxhyym9ruytb15c

 .

link MP3 khotbah sesi 5 (firman) :

http://www.fileden.com/files/2012/5/6/3300980/Sesi%205%20-%20Jon%20Avanzini.mp3

http://www.4shared.com/mp3/sPIVCKpY/Sesi_5_-_Jon_Avanzini.html

http://www.sendspace.com/file/oukdip

http://www.mediafire.com/?b9fpv9wpf6te5k6

 .

 .

“BAGI YANG MERASA DIBERKATI DENGAN PELAYANAN KAMI DI MINYAKCADANGAN DAN MEMILIKI CUKUP DANA, HARAP BELI DVD/ VCD/ CD/ MP3 ASLINYA DI RHEMABBOKSTORE atau MEDIA INJIL KERAJAAN !”

.

MARI BERGERAK DARI KONSUMEN – MENJADI PRODUSEN, DARI DIBERKATI – MENJADI SALURAN BERKAT !!!