Minggu 17 Juni 2012
Makanan Limpah di Kemah Musuh
Petrus Agung
 .
Pendahuluan
P Agung mimpi sedang jalan di sebuah lorong yang ujungnya ada ruang meeting untuk membicarakan berbagai kegiatan seperti pembangunan rumah sakit, pembangunan kampus, dan proyek besar lain. Di sepanjang lorong itu banyak anak tidur sembarangan/ berserakan. P Agung berusaha melalui dengan berhati-hati supaya tidak menginjak anak-anak itu.
 .
Saat terbangun Tuhan menjelaskan bahwa di depan banyak hal besar yang Tuhan sediakan, dan semua itu akan membawa anugrah, kelimpahan, dan dampak yang besar untuk masa depan. Tapi jalan ke sana adalah harus mengurusi anak-anak itu.
 .
Pelayanan Rumah Shalom JKI Injil Kerajaan diadakan di satu rumah untuk anak-anak yatim piatu. Dengan singkat pelayanan ini berkembang cepat sehingga saat ini rumah itu sudah terlalu kecil, karena menampung 20 anak dan 5 bayi.
 .
Solusinya: untuk jangka pendek dicarikan rumah kontrakan, untuk jangka panjangnya akan dibangun panti asuhan. Tanggal 23 Juni 2012 09:00 WIB akan dilakukan pemancangan pertama panti asuhan, rencananya akan dibangun tahap 1: 2 lantai dengan kapasitas minimal 120 anak.
 .
Firman
2 Raj 7: 1-10 – Kisah 4 orang kusta di luar Samaria yang terkepung.
 .
Di pasal 8 ada kisah Gehazi menghadap raja dan menceritakan tentang nabi Elisa menolong perempuan Sunem. Tapi di pasal 5 dikisahkan Gehazi terkena kusta karena mengambil harta Naaman tanpa meminta ijin Elisa. Pada jaman itu orang kusta dianggap kena kutuk, maka mereka tidak boleh bergaul dengan orang yang sehat, harus tinggal terpisah dan diisolasi di suatu tempat, jika mereka bertemu dengan orang-orang sehat mereka harus berteriak: “najis, najis”. Maka kesimpulannya di pasal 8 Gehazi sudah disembuhkan. Rabi Yahudi secara tradisi berkata bahwa 4 orang kusta di pasal 7 di atas adalah Gehazi dan anak-anaknya. Indikasinya ketamakan terhadap harta masih ada: kustanya belum sembuh tapi sudah mengangkut dan menyimpan barang-barang jarahan.
 .
Pasal 7 di atas bukan hanya mengajari kita lepas dari kusta, tapi juga mengajari kita tentang iman!
Empat orang kusta ini memilki 3 pilihan:
 .
Pilihan 1: Duduk diam menunggu mati
Hari ini banyak orang Kristen mengambil pilihan ini. Istilahnya “nrimo”, artinya menyerah, pasif, tidak lagi mengejar apa yang Tuhan inginkan, karena kondisi yang tidak memungkinkan, akhirnya berhenti.
 .
Iman yang Tuhan berikan dalam hidup kita bukan iman yang pasif, tetapi iman yang dinamis, aktif, bergerak ! Iman yang bisa memindahkan gunung dan memerintahkan apapun !
.
Contoh: Sepeda atau motor. Jika berdiri dan diam, maka akan roboh karena ban-nya hanya 2. Tapi jika kita mengayuh sepeda atau menyalakan mesin motor, kemudian mulai jalan, maka yang semula harusnya roboh sekarang bisa bergerak membawa kita ke tempat lain.
 .
Kita HARUS menyerah kepada kehendak Tuhan, tetapi BUKAN kepada keadaan !
 .
Jika keadaan kita tidak sesuai kehendak Tuhan, maka harus kita perangi keadaan itu sampai selaras dengan kehendak Tuhan. Kita harus terus bergerak aktif bersama Tuhan, karena jika tidak maka semuanya akan berhenti dan roboh.
 .
Motor atau sepeda yang tidak dikendarai akan menjadi beban yang luar biasa.
Iman yang tidak bergerak membuat manusia frustasi, akhirnya kecewa dan meninggalkan Tuhan.
 .
Pilihan 2: Kembali ke benteng
Tidak maju, tapi mundur sedikit. Padahal di dalam kota sedang menderita kelaparan: ada ibu yang tega merebus bayinya untuk dimakan, bahkan ada yang makan tai merpati.
 .
Ketika kita mundur ke belakang, kita tidak akan dapatkan apapun, bahkan ujungnya makan “tai merpati”.
Banyak orang Kristen yang karena tekanan dalam kehidupan atau kesulitan ekonomi, akhirnya panik, mundur, kemudian mencari kepada kuasa-kuasa yang lain, kembali kepada roh-roh dunia yang lemah, menyesatkan dan menghancurkan hidup kita.
 .
Pilihan 3: Maju ke tempat lawan
Pilihan ini adalah iman yang dinamis !
 .
Contoh iman yang negatif: Nabi mengucapkan nubuatan kepada raja, bukan berbicara kepada si ajudan. Tetapi ajudan ini ikut bicara dengan ketidak-percayaannya, akibatnya kena kutuk.
 .
Jika kita di awal sudah memiliki mental, sikap hati, dan cara berfikir negatif, maka sampai kapanpun akan sulit bagi kita untuk mencapai impian kita! Jika kita melihat kenyataan hari ini, dan banyak hal yang tidak menguntungkan, namun saat kita punya iman yang dinamis maka kita akan melihat dengan cara yang berbeda !
 .
Jadi sekarang, marilah kita pergi menghadap untuk memberitahukan hal itu ke istana raja (2Raj 7:9a)
 .
Pemimpin 4 orang kusta ini mengajak untuk lapor ke istana raja, padahal hal itu tidak mungkin karena mereka sakit kusta. Kenyataannya di ayat 10 mereka hanya sampai depan gerbang kota. Sikap dan niatan yang positif tetap ada nilainya. Ternyata di pasal 8 Gehazi sembuh dan benar-benar menghadap raja di istananya.
 .
Jika kita punya iman dan impian, tetap bermimpilah – keep on dreaming !
Percaya bahwa impian kita bersama dengan Tuhan hanya soal waktu untuk jadi kenyataan !
.
P Agung saat kecil “dikudang” (ucapan kerinduan dan keinginan orang tua untuk anaknya) oleh kakeknya: sekolah yang pintar supaya setelah dewasa jadi dokter dan bisa beli mobil. Ini adalah contoh berfikir positif ! Harapan itu sedikit meleset: bukan jadi dokter (dr), tapi p Agung gelarnya drs, kemudian mendapat gelar kehormatan DR, dan saat ini sedang membangun rumah sakit.
 .
Mungkin impian kita meleset, tapi di dalam Tuhan melesetnya ke arah positif! Katakan hal-hal yang positif kepada anak kita ! Perkatakan perkataan iman kepada diri kita sendiri !
.
Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil,
semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar,
semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. (Fil 4: 8)
 .
Mari kita berfikir selalu positif ! Bukan berarti kita menyingkirkan fakta bahwa kekurangan masih ada dan banyak hal yang harus dibereskan. Hal-hal yang kurang tetap harus diberesi, tetapi attitude kita bukan attitude orang yang kalah atau negatif !
 .
Iman yang Tuhan beri adalah iman yang aktif dan progresif !
 .
Contoh-contoh iman yang progresif:
  • Orang sakit di Kaparnaum, teman-temannya berusaha membawanya ke Yesus, tapi rumah penuh sesak. Iman yang negatif adalah menyerah, pulang dan datang lagi di hari lain. Tapi iman yang positif tetap mencari cara dan akhirnya membongkar atap, kemudian menurunkan si sakit di depan Yesus. Yesus bukan hanya melihat iman dari si sakit, tapi iman mereka.
 .
Jika ada teman/ saudara kita yang “sakit”,
mari gotong beramai-ramai dengan iman yang positif dan progresif !
Karena Tuhan akan lihat iman kita, dan membuat perbedaan.
 .
  • Bartimeus di gerbang Yerikho. Ia pernah mendengar tentang Yesus. Saat Yesus lewat ia berteriak-teriak! Ketika dilarang malah berteriak semakin keras. Ketika Yesus akhirnya memanggilnya, hal yang pertama dilakukannya adalah melepas jubah yang menyatakan bahwa dia buta dan diperkenankan mengemis. Dia tahu bahwa nasib dan destinynya berubah! Dia lepas jubahnya dan jalan ke Yesus, dan Tuhan bertanya: “Apa yang engkau mau supaya aku perbuat bagimu ?” Dan Bartimeus mendapat kesembuhannya! Iman yang progresif akan membuat Tuhan tanya: “Apa yang kau mau supaya aku perbuat bagimu?”
 .
  • Wanita yang pendarahan 12 tahun. Orang yang pendarahan terus-menerus harusnya lemah. Tapi wanita ini paksakan badannya untuk mencari Tuhan dan menjamah jubahNya. Iman progresifnya berkata: “Kalau aku jamah jubahNya aku akan sembuh!”, dan iman seperti ini membuat dia disembuhkan.
 .
  • 10 orang kusta berteriak: “Yesus, komandan! Kasihanilah kami !” Maka Yesus memberi komando: “Pergi dan perlihatkan dirimu kepada imam !” Mereka langsung pergi dalam keadaan masih sakit, tapi iman yang progresif ini membuat mereka sembuh di tengah perjalanan.
 .
Jika kita tetap pegang iman yang Tuhan taruh di hidup kita,
maka tidak lama kita akan sampai pada impian kita jadi kenyataan !
Pegang dan bertahan sampai semua impian kita jadi dan jebol/ breakthrough !
.
Makanan limpah di kemah musuh
Saat di sekitar kita sudah tidak ada apa-apa, ada makanan limpah di kemah musuh.
 .
Contoh-contoh makanan limpah di kemah musuh:
  • Saat terjadi kelaparan di Kanaan, Abraham pergi ke Mesir dan bertambah kaya. Dia bukan datang untuk mengemis tapi datang untuk kendalikan segala sesuatu.
  • Saat Kanaan kelaparan Ishak pergi ke tanah Gerar (daerah Filistin). Ishak menabur, dan tahun itu juga dia menuai 100x ganda dan jadi makin kaya.
  • Saat Kanaan kelaparan, Yakub dan anak-anaknya pindah ke Mesir dan jadi satu bangsa!
  • Ketika bayi-bayi Ibrani dibunuh, orang tua Musa menghanyutkan bayi Musa ke sungai Nil, yang memungutnya putri Firaun, jadi anak putri Firaun, menjadi pangeran yang hebat di antara orang Mesir.
  • Elia dikejar-kejar Izebel dan sempat bersembunyi di tepi sungai Kerit. Akhirnya saat sungai itu kering, Tuhan memelihara Elia di Sarfat melalui seorang janda. Sarfat adalah desa kelahiran Izebel.
  • Saat bayi-bayi di Betlehem akan dibunuh Herodes, Roh Tuhan menuntun Yusuf dan Maria untuk membawa Yesus ke Mesir.
 .
Renungkan dan bayangkan apa yang menjadi hambatan terbesar dalam hidup kita ?
Dagang sepi karena produk China – cari keuntungan dari negri dan produk China !

.

Aplikasi bagi kita masing-masing: berdoa dan tanya Tuhan, karena keadaan setiap orang berbeda-beda !
 .
Keberanian untuk melangkah
Untuk mendapatkan makanan di kemah musuh diperlukan keberanian untuk melangkah !
Di saat senja ketika 4 orang kusta yang kelaparan ini datang ke kemah musuh. Di waktu yang sama tentara Aram mendengar hal berbeda: derap pasukan yang bergemuruh, seruan dan teriakan musuh. Padahal 4 orang kusta yang kelaparan sedang berjalan gontai dan sama sekali tidak gagah berani. Tuhan mengubah langkahnya menjadi sebuah kegerakan yang luar biasa !
 .
Ketika kita menjarah di kemah musuh itu bukan karena kekuatan kita, tapi semua terbuka karena kita mulai melangkah. Masalahnya kita sering terlalu takut ! 4 orang kusta ini bahkan tidak menghadapi satu musuhpun.
 .
Kita HARUS belajar melangkah ! Satu-dua langkah pertama membuat malaikat tentara surga bergerak melangkah bersama kita. Dan tiba-tiba ada kegentaran Tuhan yang luar biasa, dan membawa perubahan yang ajaib dalam kehidupan.
 .
Destiny kita sedang diubah Tuhan jika kita terima dan sepakat dengan apa yang Tuhan katakan !
Ada makanan limpah di kemah musuh !
 .
Tuhan kita adalah Tuhan yang progresif dan dinamis, dan Tuhan itu enterpreneur sejati !
Di kitab Kejadian Tuhan beri buah yang ada bijinya menjadi makanan manusia. Artinya setiap buah yang Tuhan beri kepada kita minimal Tuhan minta kembali 1 pohon!
 .
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,
supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yoh 15:16)
.
Tuhan beri kita 1 buah, dan minta kita kembalikan 1 pohon! Inilah potensi yang Tuhan berikan di dalam hidup kita.
 .
Setiap buah yang kita makan dari Tuhan,
harus menghasilkan satu pohon untuk kemuliaan namaNya !
 .
Doa :
Dalam nama Yesus, mulai pagi ini aku punya iman yang positif, yang bergerak maju, yang progresif,
yang percaya apapun yang Tuhan mau, apapun yang Tuhan janjikan pasti terjadi dalam hidupku!
Aku percaya setiap buah yang aku makan minimal akan menghasilkan satu pohon:
pohon bisnis, pohon pekerjaan, pohon pelayanan, pohon kepangkatan, pohon kemurahan,
pohon keajaiban, pohon mujizat, pohon berkat dalam hidupku, pohon perkenan Tuhan,
dan pohon kehidupan Tuhan. Aku terima, aku percaya, JADI dalam nama Yesus !
.
link MP3 (pagi) :
http://www.sendspace.com/file/htvgsx
http://www.mediafire.com/?ovj3ugme2eg5njo
http://www.fileden.com/files/2012/3/9/3276146/Makanan%20Limpah%20di%20Kemah%20Musuh%20%28pagi%29%20-%20Petrus%20Agung.mp3
 .
link MP3 (sore) :
http://www.sendspace.com/file/8rzp0h
http://www.mediafire.com/?541u34405i44y3c
http://www.fileden.com/files/2012/3/9/3276146/Makanan%20Limpah%20di%20Kemah%20Musuh%20%28sore%29%20-%20Petrus%20Agung.mp3
 .
 .
“BAGI YANG MERASA DIBERKATI DENGAN PELAYANAN KAMI DI MINYAKCADANGAN DAN MEMILIKI CUKUP DANA, HARAP BELI DVD/ VCD/ CD/ MP3 ASLINYA DI: RHEMA BOOKSTORE, MEDIA INJIL KERAJAAN, ATAU EL-BLOSSOM CAFE & RESTO !”
http://www.mediainjilkerajaan.com/
https://www.facebook.com/mediainjilkerajaan
http://elblossom.blogspot.com/2012_05_01_archive.html
 .
MARI BERGERAK DARI KONSUMEN – MENJADI PRODUSEN, DARI DIBERKATI – MENJADI SALURAN BERKAT !!!
 .
korespondensi di antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB)