Minggu, 19 Agustus 2012
Cakrawala

Petrus Agung

 .

Kej 1: 1-8, 14

.
Ay 1 – Pada mulanya Allah (In the beginning God) – semua harus dimulai dari dan oleh Dia. itulah kehidupan kita seharusnya. Tuhan yang berinisiatif, Tuhan yang dipermulaikan. Semua yang berasal dari Allah mengalahkan dunia

.
Ay 2 – Melayang-layang = hovering (NKJV); רחף = râchaph (H7363) = to brood

Melayang-layang seperti induk ayam mengerami telurnya. Artinya ada kehidupan di dalamnya. Ada suhu tertentu yang mengakibatkan kehuidupan di dalam nya muncul. Ini cara Tuhan menunjukkan bagaimana membuat sesuatu yang kelihatannya mati jadi hidup: harus di-”erami” oleh Roh Tuhan.

Hidup kita sama.

  1. Kita harus yakin Tuhan yang memulai

  2. Kita tinggal dalam hadirat Tuhan, maka RK “mengerami” semua impian kita hingga jadi kenyataan.

 .

Ay 3 – Dalam kehidupan kita kuasa Roh Tuhan dan FirmanNya adalah suatu kesatuan untuk membuat segalanya jadi.

.
Ay 6 – Cakrawala memisahkan air di atas (langit/heaven) dengan air di bawah

Tadinya bumi kosong dan semuanya air. Cakrawala memisahkan air di atas dengan air yang di bawah. Menurut ilmu kedokteran 70% tubuh kita adalah air. Maka kita juga air, dan bisa memilih mau menjadi air yang di atas atau air yang di bawah.

 .

Ay 14 – Air yang di atas diberi perhiasan oleh Tuhan: benda penerang yang menguasai siang dan malam. Jika kita mau jadi air yang di atas, maka Tuhan akan hiasi kita secara ajaib.

.
Cakrawala dari kata to pound the earth as a sign of passion.

  • Memukuli (to pound) =crush or beat with repeated blows – seperti tukang logam membuat piring dari gumpalan logam, dipukuli hingga melebar. Jika kita bersentuhan dengan cakrawala Tuhan maka kita akan melebar: kapasitas, anugrah, berkat, kemampuan jadi berkat.

  • Sebagai tanda kegairahan (as a sign of passion). Kita jadi air di atas atau di bawah tergantung dari passion kita kepada Tuhan.

.
Dua jenis orang ikut Tuhan:

  1. Orang-orang Kristen biasa, mereka ini ikut semua kegiatan rohani karena kewajiban dan kebutuhan: butuh diberkati, pertolongan Tuhan, disembuhkan, butuh diselamatkan.

  2. Orang-orang yang ikut Tuhan dengan gelora/passion, mereka mengerjakan apapun karena cintanya ke Tuhan.

 .

Yang membuat Tuhan bisa menikmati kehadiran kita: karena kasihNya, dan juga karena gairah/ passion kita, ada respon terhadap Tuhan. Jemaat Efesus ditegur karena meninggalkan kasihnya yang mula-mula (Why 2: 4-5). Saat orang mengalami jatuh cinta/ first love maka baru ada gairah/ passion dan segenap hati, dan hal inilah yang membuat kita dibedakan.

 .

Orang yang menjadi “air yang di atas” akan diberi terang Tuhan

untuk mengendalikan siang maupun malam, tidak pernah ada kegelapan dalam hidup kita,

di season apapun otoritas dan terang Tuhan ada pada kita !

.

Cara menjaga supaya passion kita tidak meredup: mengerjakan apa yang Tuhan perintahkan dengan setia, dan tidak pernah pasif.

 .

Yos 14: 6-15 Kaleb mendapat Hebron.

 .

I was forty years old when Moses the servant of the LORD sent me from Kadesh Barnea to spy out the land, and I brought back word to him as it was in my heart (Yos 14: 7, NKJV)

 .

Sejujur-jujurnya dalam terjemahan lain disebut “apa yang ada di dalam hatiku”. Ini merupakan cara pandang Kaleb.

.
Dalam perikop di atas ada 3x istilah disebut tentang Kaleb: “sepenuh hati”, oleh Tuhan, Musa, dan penulis kitab. Artinya Tuhan berkata hal ini penting dan merupakan prioritas. “Sepenuh hati” hanya bisa dilakukan jika ada passion. Kaleb jadi “air yang di atas” dan mendapat Hebron karena passion: melayani Tuhan segenap hati, menanti janji Tuhan segenap hati, mengerjakan apapun segenap hati. Semua yang dilakukan dengan gairah/ passion hasilnya akan berbeda.

.
Hebron artinya persahabatan dengan Tuhan (friendship with God), ini hanya bisa terjadi jika kita punya passion yang kuat kepadaNya.

 .

Contoh passion:

Blake Mycoskie – penggagas pabrik sepatu TOMS (tomorrow shoes) – bercerita tentang passionnya: memberi sepasang sepatu secara gratis kepada anak-anak yang membutuhkan untuk setiap pasang sepatu yang terjual. Yang ditangkap orang lain dari orang ini: passion-nya.

.
Semua yang tidak segenap hati- saat ditumpahkan keluar: tidak ada passionnya. Apapun yang tanpa passion tidak ada gunanya di dunia ini. Apapun yang kita kerjakan dengan full passion akan bawa kita naik ke atas. Saat kita sampaikan sesuatu dengan passion, maka orang lain akan mengikuti.

.
Contoh: teman p Agung yang menjelaskan tentang kobe beef, membuat ps Tommy Barnet ingin coba.

.
1 Sam 14: 6-7 – Yonatan dan pembawa senjatanya membuat kemenangan besar.

Ay 7 – I am with you heart and soul – artinya bujang ini ikut Yonatan hati dan jiwanya, passion-nya keluar. Ide Yonatan gila, tapi karena yonatan dan bujangnya punya passion yang sama- timbul kegentaran bagi lawan.

.
Doa, baca Firman, lakukan semua dengan gairah/ passion.

I see the limits to everything human, but the horizons can’t contain your commands!

(Mzm 119: 96, Msg)

 .

Cakrawala tidak bisa menampung perkataan dan perintahNya, artinya Tuhan memberi kita sesuatu yang di atas batas cakrawala: “air yang di atas”, yang melebihi batasan manusia. Air yang di bawah hanya bisa memahami hal-hal yang duniawi – yang dalam batas kemampuan dan kesanggupan manusia. Tapi air yang di atas membawa kita beyond human – lebih dari manusia biasa, karena ada Roh Tuhan yang tinggal di hidup kita.

.
http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan ini, link MP3 rekaman hanya akan diberikan di grup mailing-list pada link di atas. Mohon maaf untuk ketidak-nyamanannya.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger)

pin BB: 29C12B56

 .

Kisah Blake Mycoskie (founder TOMS)

http://laist.com/2009/04/15/what_happens_when_you_travel.php

http://www.startsomethingthatmatters.com/