Minggu, 2 September 2012
Ayin Gimel – Unta-untamu Sudah Datang

Petrus Agung

.
Tahun Ayin Gimmel merepresentasi 3 macam nama dan 3 macam generasi.

3 macam generasi:

  1. Generasi Yoel, yaitu generasi yang sebelumnya belum pernah ada, dan sesudahnya tidak ada lagi, generasi terakhir yang berbeda dan menghasilkan perubahan

  2. Generasi Mikhael – Di akhir jaman, Mikhael diperintahkan Tuhan mendampingi umatNya sehingga terluput dari masa kesusahan besar. Orang yang cinta Tuhan akan dapat proteksi yang ajaib dari Tuhan Yesus.

  3. Jaman Yosua – tanah Kanaan direbut, diduduki dan dikuasai, kita mendapatkan apa yang Tuhan janjikan dalam hidup kita.

.
Mat 19: 16-26 – Orang muda yang kaya

1. Gimmel diterjemahkan juga sebagai onta

Di atas huruf gimmel ada bentuk seperti mahkota – tahun ayin gimel adalah tahun dimana ada kemuliaan Tuhan yang Dia turunkan di tengah-tengah kita, dan kemuliaan itu jadi bagian kita. Dalam Talmud Yahudi digambarkan sebagai: orang kaya yang mengejar dan berlari untuk menolong orang miskin. Jika digabungkan maka di tahun ayin gimmel kemuliaan itu diberikan kepada mereka yang hatinya begitu mengasihi sesamanya yang menderita, kemudian lari, kejar dan tolong mereka.

.
Orang muda disuruh Tuhan Yesus melakukan gimmel – jual hartamu – bukan supaya dia miskin, tapi karena ikatannya terhadap harta terlalu kuat, sehingga tidak mau berbagi dengan orang lain.

 .

Bagi yang diberkati Tuhan: jangan biarkan hidup kita terikat oleh harta dan kekayaan,

sampai kita tidak mau berbagi dengan yang lain.

.
Inilah salah satu gelombang yang datang: tolong, dukung, jangkau, sentuh kaum miskin dengan kebaikan dan kasih Tuhan.

.
Kisah Blake Mycoskie dan sepatu TOMS (tomorrow shoes). Setiap pasang sepatu yang dia jual, Blake beri sepasang sepatu gratis untuk anak-anak yang tidak mampu, dengan kualitas sama dengan yang dijual. Di Argentina Blake melihat kebutuhan anak-anak di sana yang tidak punya sepatu. Awalnya ide Blake meminta sumbangan ke teman-temannya, tapi dari perenungannya dia sadar bahwa sumbangan terbatas. Lalu muncul ide untuk buat pabrik sepatu, dan keuntungannya untuk memberi sepatu kepada anak-anak yang tidak mampu.

Di amerika Blake menceritakan kerinduan hatinya kepada teman-tamannya, lalu mulai disebarkan online. Media meliput, dunia tergerak dan Blake serta sepatu Toms jadi terkenal dan bisnisnya melejit. Blake sekarang sukses karena misinya beda. Bukan karena ingin dapat uang banyak, tapi dari melihat kebutuhan dan keinginan memberi sepatu kepada anak-anak miskin.

Beda Blake dengan kebanyakan orang lain: kita ingin kaya dan penghasilan, maka kita kerja, lalu sebagian penghasilan kita sisihkan untuk orang-orang miskin. Saat ini ada gelombang baru yang datang: kita tolong orang miskin, maka kita kerjakan sesuatu, dan itu menghasilkan berkat Tuhan yang dahsyat.

Usulan p Ottu: student company, sebuah unit bisnis yang dikelola anak-anak sekolah, mereka sekolah sambil kerja, keuntungan untuk bea-siswa mereka. Ini mirip Starbucks di Seattle – awalnya juga sama: beri harga lebih mahal, tapi keuntungan untuk bea siswa karyawan-karyawan yang kuliah. Ini juga mengubah mental dari meminta jadi mental penakluk.

.
Ayin gimel diharapkan membawa perubahan paradigma kehidupan: mengapa kita kerja, mengapa kita berbuat sesuatu, mengapa kita bisnis, mengetahui tujuan hidup kita.

.
Kej 24: 1-27 – Abraham cari menantu

Ishak adalah simbol Yesus, maka siapapun yang diperistri adalah simbol gerejanya. Eliezer artinya penolong, simbol dari Roh Kudus.

  1. Calon istri Ishak harus punya darah Abraham.

  2. Di pihak lain Ishak tidak boleh dibawa balik ke tempat asalnya

Maka Eliezer berdoa meminta tanda khusus yang menentukan apakah seseorang bisa jadi istri Ishak atau tidak, yaitu memberi minum 10 ontanya. Artinya calon istri Ishak harus punya kemurahan hati untuk menolong.

Ayin gimmel: mata Tuhan tertuju kepada setiap orang

yang berlari untuk menolong orang miskin dalam sebuah kemurahan hati.

 .

Apakah onta-onta kita sudah datang? Jika sudah, beri minum! Onta = gimmel, orang kaya yang bersegera menolong orang miskin. Tolong bukan hanya dengan harta, tapi juga dengan: Injil. Memberi minum 10 onta tidak ada artinya dibanding 10 onta penuh perhiasan yang akhirnya diperoleh Ribka, bahkan mewarisi kekayaan Abraham.

 .

Lihat setiap “onta” yang datang, beri mereka minum !

.
Jangan pernah letih melakukan sesuatu yang Roh Kudus dorong dalam hati kita, karena itu akan membawa perubahan yang luar biasa dalam kehidupan kita.

.
Seberapa kita dianggap qualified untuk mendapat jatah yang Tuhan berikan, tergantung seberapa kita meresponi saat “onta-onta” kita sedang datang. Nanti tiba-tiba apa yang ada di punggung “unta-unta” itu diserahkan kepada kita. Inilah cara Tuhan, yang Tuhan mau berikan bagi kehidupan kita.

.
Film pendek (16 menit) berjudul “Validation” di youtube, isinya sangat inspiratif, contoh bahwa kita bisa memberkati orang lain dengan berbagai hal.

Seorang pemberi validasi kartu parkir, sambil memberi pelayanan, dia memberi perkataan positif kepada orang-orang yang datang, sehingga orang-orang jadi senyum dan bersemangat.

Apakah jika kita bertemu sesorang: membuat orang tersenyum atau malah stress ? Apakah kita bisa membuat orang lain tersenyum ?

.
2. Imamat yang rajani

Yes 60: 1-7

Ay 6 – Unta-unta kita sedang datang membawa emas dan kemenyan. Emas menggambarkan kings / raja-raja, pemerintahan, otoritas dan kekayaan yang luar biasa; kemenyan melambangkan priests/ imam-imam. Tahun ayin gimel harus merupakan gabungan raja dan imam menyatu dalam kehidupan kita. Kita disebut royal priesthold / imamat yang rajani. Kekuatan dan ketrampilan secara rohani dan jasmani digabung menjadi satu.

 .

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani (1 Ptr 2: 9a)

.
Tokoh Alkitab yang seperti ini:

  • Yusuf terima 2 cincin dari Firaun (raja), dan jadi menantu seorang imam.

  • Musa adalah jendral Mesir, ada panggilan raja, dan menikah dengan anak imam Median. Sehingga Musa bisa berurusan dengan rakyat, tapi juga faham bagaimana melunakkan hati Tuhan dan berbicara kepada Allah.

 .

Untuk dapat destiny kita sebagai Yusuf akhir jaman, harus memiliki gabungan imam dan raja: menguasai semua hal yang berkaitan dengan alam jasmani; dan juga tahu bagaimana menyukakan, menyembah Tuhan, dan hidup sebagai imam-imamNya di hadapan Tuhan. Gabungan 2 hal inilah simbol ayin gimel.

 .

Kita semua akan bisa melakukan hal ini jika bersama Kristus :

.
I can do all things through Christ which strengtheneth me. (Fil 4: 13, KJV)

.
Perjamuan kudus

Polisi mengatur lalu lintas, bahkan saat memberi aba-aba yang berlawanan dengan traffic light karena peraturannya menyebutkan bahwa dia punya otoritas. Di tempat lain seorang sipil mengatur lalu-lintas di jembatan yang sedang diperbaiki, dan semua orang juga menurut. Dua orang diatas dituruti : yang satu karena otoritas, yang lain karena pengakuan. Seorang sipil bisa berkuasa mengatur karena semua pengendara mengakui bahwa dia yang mengatur.

 .

Dengan Tuhan Yesus 2 hal diatas berlaku: Dia berkuasa karena Dia Raja di atas segala raja, tapi dengan makan perjamuan kudus ada agreement/ persetujuan dengan Tuhan.

Hari ini kita sepakat dengan Tuhan untuk masuki tahun ayin gimel sebagai generasi Yoel yang unik – tidak jadi seperti siapapun, sebagai generasi Mikhael yang diluputkan dari masa kesusahan besar, sebagai generasi Yosua yang masuk Kanaan tanpa berputar-putar.

.
http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56