Synergi to Fulfill 06

Kuala Lumpur, 22 Agustus sore 2

.

Bu Iin Cipto

Banyak yang berfikir “from glory to glory” adalah pengulangan yang jadi rutinitas. Padahal akan terjadi berbagai perubahan drastis, sehingga banyak yang belum siap.

 .

Bangsa Israel di Mesir. Semula teratur dan monoton: kerja di ladang, makan diberi karena budak. Tiba-tiba masa berubah, harus jalan di gurun, makan manna, belajar taat, bergerak mengikuti awan.

Inilah kegerakan Bahtera selama 7 tahun: bergerak mengikuti awan, mendapat manna berupa keajaiban-keajaiban yang sangat banyak. Tuhan perintahkan kita untuk menghitung semua berkat selama 7 tahun, karena jika tidak menghitung, maka tidak bisa mengucap syukur. Sayangnya banyak anak Tuhan yang lebih suka mengomel daripada mengucap syukur. 7 tahun yang lalu apa yang kita miliki, sekarang apa saja yang sudah kita miliki. Tuhan sudah tambahkan banyak hal pada kita: jiwa-jiwa dan juga berkat materi.

 .

Tapi masa turunnya manna akan segera berhenti, yaitu saat orang Israel masuk kanaan. Gaya hidup berubah: Israel harus menebang hutan. Bagi kita artinya membangun pabrik-pabrik, ladang-ladang dll. Awalnya Israel malas, tapi hari ini Israel jadi penguasa dunia: 70% penerima nobel dan 70% CEO dunia adalah keturunan Israel, 10 besar orang terkaya dunia juga keturunan Israel. Masa seperti inilah yang sedang datang di Indonesia.

 .

Di masa turunnya manna tidak usah banyak berfikir: lihat awan, ambil manna, semua tersedia.

Di masa masuk Kanaan: mulai berfikir bagaimana bercocok-tanam, mengolah tanah, dll.

Tuhan tidak berhenti memberkati! Dia beri hikmat, kepandaian, ide-ide, kemampuan kerja, dll. Tapi masanya berganti. Apakah kita siap saat masa itu datang?

 .

Level berkat “from glory to glory”:

  1. Abraham sangat kaya: ternaknya, emas dan perak sangat banyak.

  2. Ishak kaya dan semakin kaya.

  3. Yakub: satu negri tidak cukup menampung kekayaan Yakub. Artinya akan ada satu titik di mana seluruh Indonesia dimiliki Bahtera.

  4. Yusuf: seluruh dunia datang dan berdagang dengan Yusuf, seluruh dunia mencari makan dari Yusuf.

  5. Daud: negara-negara gemetar kepada Daud. Negara-negara teman dan lawan memberi hadiah kepada Daud sesuai keinginan hati Daud.

  6. Salomo: perak tidak berharga di masa Salomo. Penelitian iptek menyimpulkan bahwa Salomo bisa ubah batu jadi emas. Tapi sampai hari ini masih ada missing-link sehingga metodenya masih jadi rahasia. Tuhan beri Salomo hikmat dan kepandaian sehingga tidak ada yang menjadi rahasia bagi Salomo.

 .

Itulah level-level yang Tuhan sediakan buat kita, karena kita anakNYA! Jatah kita raja-raja yang menduduki dunia. Tuhan mau beri seluruh dunia kepada anak-anakNya, karena Tuhan mau tegakkan kerajaanNya di seluruh dunia! Tapi banyak anak-anakNya yang tidak tertarik untuk mewarisi yang Tuhan sediakan. Ini membuat Tuhan sedih.

 .

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan- Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini. (Ul 8:18)

 .

Masalah bagi Tuhan: Tuhan terlanjur sumpah, sehingga Dia pasti genapi karena Dia setia, walau kita tidak setia. Oleh karena itu Tuhan paksa kita ke next-level karena janji Tuhan harus jadi: masa raja-raja, Indonesia jadi lumbung pangan dunia, lawatan atas Indonesia.

 .

Tuhan memberkati bukan karena kita baik, bukan juga supaya kita foya-foya, tapi Tuhan memberkati untuk meneguhkan perjanjianNya. Tuhan tidak beri kekayaan, tapi kekuatan mendapat kekayaan. Masalahnya kita maunya terima langsung, padahal harus berlatih supaya kuat dan pintar sehingga bisa memperoleh jalan untuk mendapat berkat. Tuhan beri kita hikmat, kepandaian, talenta, kesempatan, untuk mendapat kekayaan supaya semua janjiNya genap!

 .

Siapkan diri kita, karena tanpa kerja sungguh-sungguh kita tidak dapat apa-apa, karena manna sudah tidak turun lagi !

 .

Kej 31: 38-41 Tuntutan standart supaya jadi seperti Yakub

Kerja Yakub: 7 tahun untuk Lea, 7 tahun untuk Rahel, 6 tahun untuk ternak. Yang diperoleh Yakub selama 6 tahun terakhir sekitar 100M.

 .

Standart kerja anak-anak Tuhan (seperti Yakub) :

 .

1. Bekerja dengan excellent (ay 38)

Jumlah kambing-domba Laban sangat banyak (jutaan), tapi tidak ada satupun yang keguguran. Artinya kerjanya detil, tanggung jawab besar, ketelitian tinggi, passion tinggi. Sama seperti kita punya 10 pekerjaan/ pelayanan dan tidak satupun gagal atau rugi.

Artinya dalam menggembalakan Yakub meneliti satu-persatu domba, sehingga tahu mana yang hamil, dipisahkan dan diberi makanan berbeda, saat waktunya lahir ditunggu sehingga tidak ada yang keguguran. Di level ini kita berkata: tidak pernah buat asal-asalan, selalu beri yang terbaik.

 .

2. Siap bertanggung jawab di hadapan Tuhan dan manusia, dan tidak cari-cari alasan (ay 39)

Contoh ketekunan:

  • Aqua tunggu 10 tahun sampai air putih dalam kemasan jadi populer.

  • KFC tunggu 5 tahun sampai digemari.

 .

Apakah kita siap bertanggung jawab atas semua yang Tuhan percayakan kepada kita? Tuhan ingin mempercayakan banyak hal, tapi bisakah kita dipercaya?

Jika diberi 100 jt, apakah setiap sen bisa kita pertanggung-jawabkan? Setiap sen penggunaan tanya Tuhan? Jika diberi 5 pelayanan, semua bisa dipertanggung-jawabkan ?

 .

Kita harus tahu arti “bisa dipercaya”, arti “tanggung jawab”. Level ini akan membuat kita punya tuntutan yang berbeda: pemimpin yang bertanggung-jawab, tidak pasif atau melemparkannya.

 .

3. Bekerja lebih keras (ay 40)

Kita berharap “from glory to glory tidur” artinya tidur lebih banyak, berkat lebih banyak, masuk surga lebih cepat. Tapi “from glory to glory” artinya perang, kerja, didikan, tanggung jawab lebih berat dan banyak, semuanya untuk kemuliaan Tuhan !

 .

Masuk Bahtera tidak enak-enakan, karena seperti masuk kapal perang: tidak ada yang menganggur, disiplin tinggi, semua punya tanggung-jawab dan tidak bisa lalai sedikitpun.

 .

Di masa padang gurun walau tidak kerja tetap bisa makan.

Di masa tanah perjanjian: kekurangan tanah – buka hutan, ada musuh – perang.

 .

4. Flexible (ay 41)

Dunia jahat, tapi kita harus lebih cerdik. 10x upah Yakub diubah, tidak membuat Yakub jadi miskin!

Di pekerjaan maupun pelayanan, walau dipindah-pindah posisi, diminta apapun dalam kerjaan, tetap mampu dan tidak beralasan.

 .

Hal-hal yang dulu orang bilang tidak bisa dilakukan, sekarang bisa dilakukan:

Sekolah 50% gratis, pelayanan pemulung dan anak jalanan, mendatangkan lawatan dalam 10 menit khotbah.

 .

Kesimpulan:

Miliki hati yang bersyukur dan penuh pertobatan.

 .

Waktu Yesus diutus Bapa turun, Dia tahu masa yang baru datang, yaitu masa untuk menggenapkan kehendak BapaNya. Dia lakukan segenap hati karena cinta kepada Bapa dan kepada kita.

.
http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56