Minggu, 7 Oktober 2012
Pahad Yitzak

Petrus Agung

.

Pembukaan

Jika di dalam iman kita ada pengertian maka akan luar biasa. Tangkapan rohani kita sering tidak 3 dimensi, tapi 2 dimensi, sehingga sering rancu. Contoh saat Ishak memberi hak kesulungan, dia merasa hampir mati. Tapi ternyata Ishak masih hidup bertahun-tahun kemudian. Kemampuan Ishak melihat yang 2 dimensi – Tuhan rubah dan rekayasa jadi hal positif. Kembangkan cara “melihat” kita, sehingga bisa ukur jarak antara yang Tuhan tunjukkan dengan realitanya.

.

Firman

Ada 7 orang di Alkitab yang alami transfer of wealth/ pemindahan kekayaan dari bangsa-bangsa: Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Israel, Salomo, dan yang ke-7 adalah kita. Minggu ini kita belajar tentang Ishak. Kej 26: 1-14 – Dalam kisah ini terjadi pemindahan kekayaan dari dunia kepada Ishak.

.
1. Mengapa diberi nama Ishak ?

1.1. Setiap janji Tuhan, walau awalnya ditertawakan, akan tetap terjadi.

Saat Abraham dan Sara diberitahu Tuhan bahwa tahun depan akan punya anak, Abraham dan Sara tertawa. Jadi awalnya adalah tertawa tidak percaya. Abraham disebut bapak segala orang beriman, padahal dalam Alkitab banyak hal menunjukkan Abraham kurang beriman.

.

Tapi Tuhan memang pilih orang-orang yang tidak qualified,

dan DIA mampukan dan ubah orang itu dengan luar biasa !

.
Setelah punya anak, Abraham dan Sara sengaja beri nama Ishak, karena mereka ingat bahwa mereka pernah mentertawakan janji Tuhan dalam hidup mereka, ternyata setahun kemudian jadi kenyataan.

.

Semua janji yang pernah Tuhan katakan, walau kita ditertawakan, tetap akan jadi kenyataan !

.
Saat ada janji dan visi dari Tuhan, seringkali banyak hambatannya. Akibatnya banyak yang menyerah di tengah jalan. Kita harus melatih jiwa dan mental kita supaya tidak gampang hancur.

.
Thomas A. Edison mencoba 2000x sebelum berhasil temukan bola lampu. Saat dia bertemu orang yang sinis, Edison jawab: aku tidak pernah gagal, aku menemukan 2000 cara yang jelek/ tidak benar untuk membuat bola lampu.

.

Dari sejak jaman Nuh semua orang tertawakan perkataan Tuhan. Tapi yang tertawa terakhir selalu Tuhan. Jika kita tetap tertawa, maka kita akan tertawa bersama Tuhan.

.
1.2. Belajar mentertawakan diri sendiri

.
Orang yang sudah bisa mentertawakan diri sendiri akan terhindar dari dosa kebenaran diri sendiri,

Karena orang yang bisa mentertawakan diri sendiri adalah orang yang tahu diri

.
Orang yang suka membanggakan diri, melindungi diri, menjaga harga diri, mengagungkan diri sendiri, itu jauh dari tahu diri. Saat kita diberkati Tuhan, dan kita bisa mentertawakan dari kita sendiri karena tahu bahwa kita sebenarnya tidak mampu dan sadar bahwa semua karena Tuhan.

.
Orang yang tidak tahu diri dan merasa dirinya benar, adalah orang yang menimbulkan masalah.

.
Seberapa besar Tuhan berkati kita – tergantung sikap hati kita

.
2. Di balik tindakan Ishak menabur benih

Sebelum kisah Ishak menabur dan kemudian menuai 100x lipat di tahun yang sama, ada kisah Ishak mengungsi ke Gerar, dan Ishak mengatakan kepada orang lain bahwa Ribka adalah adiknya.
Kejadian Ishak mirip yang dialami Abraham. Abraham ke mesir, Ishak ke Gerar. Negeri Gerar waktu itu adalah negeri yang menjunjung tinggi moralitas. Sedangkan Mesir moralnya parah. Maka Tuhan suruh Ishak ke Gerar yang lebih aman. Akhirnya Abimelek umumkan bahwa Ishak-Ribka adalah suami-istri, dan kondisi jadi tenang. Setelah itu baru Ishak menabur.

.
2.1. Perubahan dari mental pengungsi menjadi mental penghuni

Selama kita punya mental seorang pengungsi, kita tidak akan pernah lakukan apapun yang ajaib

.

Menanam artinya kita terikat dengan tanah garapan. Menggembalakan artinya nomaden, pindah kemanapun bisa. Selama Ishak merasa bahwa dia pengungsi, dia tidak akan menabur. Abraham baru settle setelah Sara mati, lalu membeli tanah kubur bagi istrinya.

.
Kita harus percaya di mana kita ditempatkan Tuhan,

maka ini bukan tempat pengungsian kita, tapi ini rumah kita.

.

Saat dia dijamin Abimelek, Ishak merasa aman dan mentalnya jadi “mental penghuni”.

.
2. Ishak bisa menangkap perkataan Tuhan

.
Cara Tuhan berbicara: satu kata Dia ucapkan, aspeknya banyak dan menyebar.

.

Seberapa banyak kita bisa tangkap sebaran perkataan Tuhan

maka sejauh itu Tuhan akan berkati hidup kita.

.
Janji Tuhan kepada Abraham: “Aku akan membuat benihmu berlipat kali ganda seperti bintang di langit”. Setiap kali Tuhan berkata tentang keturunan, Allah gunakan istilah benih/ seed. Saat Ishak dengar janji Tuhan tersebut, Ishak mendapat pewahyuan untuk bercocok-tanam. Disebut pewahyuan karena Ishak tidak pernah hidup di lingkungan orang yang bercocok tanam sehingga tidak tahu pertanian. Abraham nomaden dan tidak pernah dikisahkan bertanam.

.
Saat mendengar firman yang sama terjadi: seberapa kita bisa menangkap ide dan inspirasi dari perkataan Tuhan, dan dilakukan, maka hasilnya berbeda.

.
Pencapaian tanam 100x lipat hampir tidak pernah ada. Tapi yang langka itu Tuhan berikan pada anakNya.

Kita harus menghargai setiap perkataan Firman Tuhan dalam kehidupan kita

.
Sekian abad yang lalu, sangat sulit mendengar Firman Tuhan karena Alkitab hanya ada dalam bahasa Latin. Sekarang sangat mudah untuk mendapat Firman Tuhan, kita harus syukuri dan hargai hal itu.

.
Jika kita cinta FirmanNya, bisa menangkap perkataan Tuhan, Tuhan akan beri kita banyak hal, bukan hanya urusan rohani, tapi juga hal-hal jasmani sehari-hari Tuhan urusi !

.
3. Pahad-Yitzak – Kej 31: 42, 53

Disegani oleh Ishak = Pahad-Yitzhak. Artinya:

  1. Pribadi yang disegani Ishak
  2. Karena Tuhan yang disegani oleh Ishak berada di sisi Ishak, maka orang lain gentar kepada Ishak.

.
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! (Yak 4: 7)

.

Penundukan kita kepada Tuhan, membuat Tuhan tundukkan musuh kita.

Pengagungan kita terhadap Tuhan, membuat Tuhan memberikan kemuliaan kepada kita di hadapan lawan-lawan kita.

.
Kej 31: 29 – Pengakuan Laban : Pahad-Yitzak meng-intervensi.

Karena intervensi Pahad-Yitzak, membuat Laban segan dan tidak tuntut apapun kepada Yakub.

.
Apapun yang kita beri kepada Tuhan – akan Dia beri juga kepada kita.
Saat kita tinggikan Tuhan, di depan manusia Tuhan akan tinggikan kita.

Saat kita gentar kepada Tuhan, di depan manusia Tuhan akan buat orang-orang gentar kepada kita.

.
Penutup

Kekayaan hanya akibat. Maka kita belajar bagaimana bisa menciptakan akibat seperti itu.

.
Janji Tuhan: dari Juni-Desember ada terobosan-terobosan yang ajaib. Sekalipun orang tertawakan, tetap percaya bahwa Tuhan bisa berikan.

.
Tidak pernah Tuhan mempersulit memberkati anak-anakNya.

.

Tuhan tunggu kita bisa berkata bahwa harta adalah kotoran, dan cinta kepada Tuhan adalah segala-galanya, barulah Tuhan bisa percayakan hal yang besar kepada kita.

.

Pengertian “Gerbang Sampah” dari 12 gerbang adalah kekayaan. Dunia bukan tempat kita. Kita di sini karena sebuah misi Tuhan yang harus kita tuntaskan sampai garis akhir. Kekayaan adalah bekal hidup kita untuk menuntaskan apa yang Tuhan perintahkan, tapi bukan tujuan akhir hidup kita.

.
Memperoleh hak kerajaan dan hak kesulungan di Indonesia

Hal paling ajaib adalah mendengar Firman dan melakukannya. Cara memperoleh hak kerajaan dan hak kesulungan di Indonesia, adalah menggunakan cara Abraham yaitu menjalani negeri, dan cara Ishak yaitu menaburi negeri.

Ada tim-tim kecil berangkat ke 33 propinsi, cari tempat yang paling miskin dan lakukan sesuatu di tempat itu – untuk kepentingan rakyat: air bersih, dll.

.
http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56

Advertisements