Melayani

Hengky Kusworo

Sabtu, 6 Oktober 2012

Jurnal by: Ricky Hineni

.

Matius 10:40-41, Lukas 10:30-37

.

Sekecil apapun kau lakukan terhadap saudaramu, engkau tak pernah kehilangan upahnya.

.

“Seorang pemimpin yang besar adalah menggunakan setiap langkah hidupnya untuk melayani bukan dilayani” (Winston – Perdana Menteri Inggris).

.

Samaria adalah salah satu suku di Israel, orang Yahudi tidak suka lewat Samaria karena Samaria bangsa yang najis, kawin dengan bangsa selain Yahudi.

.

2009 ko Hengky pergi ke Israel bersama sekitar 800 orang. Saat pergi ke Laut Mati, di bis ada seorang ibu punya diabetes dengan kadar gula 800, padahal normalnya 200. Besoknya ada acara Yom Kippur, di sana ada banyak dokter, tapi tidak ada satu pun yang melayaninya dengan alasan menyiapkan Yom Kippur. Akhirnya istri ko hengky yang mengantarkan ke rumah sakit di Yerusalem. Akhirnya, ia ditangani. Setelah dipulangkan ke Indonesia ia sembuh

.

Kau lakukan kepada orang terhina sekalipun, kau tidak akan kehilangan upahnya. Belas kasihan kita menggerakan Tuhan, bukan keagamawian kita. Jangan jemu dalam berbuat baik,

.

Keagamawian imam, lewi tidak membuat hati Tuhan tergerak tetapi ada orang Samaria yang dianggap najis yang mau menolong yang membuat hati Tuhan tergerak. Seringkali kita lebih mementingkan keagamawian kita daripada belaskasihan kita. Orang Samaria lakukan bagiannya, dia keluarkan belas kasihannya.

.

Ada seorang profesor, akan diajak membuat seminar di hadapan anggota militer. Ralph seorang anggota militer bertugas menjemputnya. Ketika ia berjalan si profesor slalu kehilangan Ralph karena Ralph slalu menolong yang ada di sekitarnya. Di dalam mobil, profesor bertanya kepada Ralph “Mengapa kau punya sikap hati yang tanggap, melayani ?” Ralph menjawab “Profesor, aku belajar pada saat aku di kirim di Vietnam. Saya belajar di antara semua teman saya, saya yang membersihkan ladang ranjau, saya membawa setiap mayat teman saya. Saya berpikir ini langkah terakhir saya. Setiap langkah saya dan jika tidak meledak saya bersyukur karena hidup ini mahal dan luar biasa. Karena itu, setiap kali saya melangkah, saya lihat kesempatan yang baru untuk saya menolong yang lain.

.

Joice Meyer

“Semakin kau melupakan dirimu, dan kau mulai melangkah keluar untuk menjangkau yang lain, paling bahagia hidupmu akan menjadi”

.

Engkau punya masalah yang besar, keluar dan jangkau yang lain. Semakin engkau mau keluar dan mau tolong engkau akan bahagia

.

Seorang anak punya adik rohani. Adik rohaninya ini menganggapnya sebagai kakak rohani. Setiap hari, adik rohani ini selalu sms yang dianggap “tidak bermutu” oleh kakaknya. Suatu hari, kakak rohani ini marah dan memutuskan agar ia tidak menjadi adik rohaninya lagi. Adik rohaninya ini mempunyai penyakit leukimia dan merasa sendiri. Setelah itu, ia kembali ke kota asalnya. 2 minggu setelah itu, ia meninggal. Bukan karena penyakit leukimianya tapi karena bunuh diri. Kakak rohaninya benar-benar menyesar dan merasa bersalah.

Karena hal yang kecil timbul masalah yang besar

.

Jangan pernah kehilangan hati melayani dalam diri anda!

Hiduplah untuk melayani !

.

sumber:

https://www.facebook.com/notes/ricky-hineni/melayani/361467617273363