Minggu, 14 Oktober 2012

The Perfection of Devine Order

Petrus Agung

.

Pendahuluan

Ada orang-orang yang alami transfers of wealth: Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Israel, Salomo, kita.

.

Ada pendoa yang share mimpinya kepada p Agung. Di mimpi itu dia ngobrol dengan p Agung, lalu p Agung berkata bahwa dari semua yang terima transfers of wealth , semua terjadi karena peran satu wanita:

  • Abraham mendapat kekayaan dari Firaun yang ingin mengambil Sara sebagai istrinya.
  • Ishak. Saat mengungsi ke Gerar dan raja Gerar tahu bahwa Ishak dan Ribka adalah suami-istri, maka raja perintahkan supaya mereka tidak diganggu. Setelah itu Ishak mulai menabur dan menuai 100 x ganda.
  • Yakub kerja 14 tahun karena 2 wanita. Yakub jadi kaya raya karena faktor Rahel.
  • Yusuf dipenjara karena istri Potifar. Lalu di penjara bertemu juru minuman raja.
  • Salomo. Wanita yang berpengaruh paling kuat pada Salomo adalah Ratu Syeba yang membawa persembahan sangat banyak.
  • Israel – Kel 35: 21-22. Saat orang Israel membawa persembahan untuk membangun kemah Suci di padang gurun pada jaman Musa. Secara terjemahan hurufiah ayat 22 berbunyi “the man came on the woman”- pria datang digendong oleh wanita. Soal memberi ternyata wanita lebih antusias dan harus menggendong suaminya.
  • Israel – Kel 3: 21-22. Yang meminta dari tetangga-tetangga Mesir adalah wanita-wanita. Yang merampasi bukan yang laki-laki, tapi para wanita.
  • Maka yang membawa onta-onta kita adalah wanita!

.

Belajar tentang Yakub

Kej 31: 1-18, 36-42 – selain faktor wanita, ada beberapa faktor yang lain yang membuat Yakub terima transfer of wealth.

.

1. Yakub membangun kekayaan dari harta Laban

Pengakuan dari anak-anak laki-laki Laban (Kej 31: 1) : Yakub ambil harta ayah mereka untuk dijadikan hartanya sendiri. Saat kita minta berkat, Tuhan akan bertanya: “untuk apakah harta yang kita minta ?” Ternyata dari harta Laban yang Tuhan berikan pada Yakub itulah Yakub membangun kekayaannya.

.

Arti kata “membangun” :

a. Rajin bekerja. Kata yang sama digunakan pada 1 Raj 11: 28.

.

Membangun membutuhkan sebuah kerajinan dan ketekunan, tidak bisa dengan kemalasan.

.

Banyak orang menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak produktif. Semua yang Tuhan beri kepada kita, tujuannya supaya itu berkembang luar biasa. Pada peristiwa talenta 5-2-1, Tuhan mengharapkan pelipatgandaan dari kita. Yang tidak menghasilkan pelipat-gandaan disebut sebagai hamba yang jahat dan malas.

.

b. Industrious (terjemahan bahasa Inggris) artinya sesuatu yang bersifat industri.

Industri adalah sesuatu yang menghasilkan produk massal/ sangat banyak.

.

Ketika Tuhan berikan apapun kepada Yakub, Yakub membangun sesuatu dengan rajin, dan akhirnya menghasilkan sesuatu yang industrious.

.

Alkitab berkata bahwa kita di dalam Yesus adalah keturunan Abraham, dan berhak menerima janji Tuhan. Maka kita juga berhak terima yang Yakub terima. Semua yang kita sentuh akan jadi besar dan berkembang.

.
Banyak orang yang saat susah tidak menunjukkan kerajinan saat bekerja. Paulus berkata: semakin besar kasih-karunia yang dia terima, semakin keras dia bekerja! Tuhan tidak akan berkati dan percayai kita lebih banyak hal jika reaksi kita jahat dan malas.

.

Kej 31: 6

Bekerja sekuat-kuatku artinya bekerja dalam kapasitas penuh. Yakub adalah orang yang bisa diberi kepercayaan oleh Tuhan, rajin, bekerja keras. Kita harus lakukan bagian kita sampai kita capai destiny kita.

.

Dari Hasil Tes potensi didapati sebagian besar punya banyak potensi, tapi hanya kerjakan 1-2 hal.

.

Kej 31: 38-42 – Cara kerja keras Yakub

Kambing dan domba yang dijaga Yakub tidak pernah keguguran selama 20th. Tidak pernah makan ternak yang digembalakan, artinya tidak dikorupsi. Yang mati dan hilang diganti sendiri oleh Yakub. Yakub tidak kerja asal-asalan, dia lakukan bagiannya dengan luar biasa. Maka Tuhan meng-intervensi dengan menegur Laban karena Tuhan melihat kesengsaraan dan jerih payah Yakub. Calling besar bagi kita adalah untuk kerja dengan kapasitas maksimal, dan menciptakan sesuatu yang industrious sehingga apapun yang kita sentuh jadi besar.

.

2. Yakub bisa jabarkan visi dari Tuhan hingga rincian/ step-by step-nya (Kej 31: 6-7)

Cara Yakub mendapatkan ternaknya adalah diberitahu Tuhan dalam mimpinya. Yakub mengerat tranting-ranting kayu. Keratan ranting Yakub ada getahnya, dan itu masuk dan bercampur dengan minuman di palungan domba.

Kemungkinan ada 3 hal mengapa hasil anak-anak domba bisa sesuai desain Yakub:

  1. Getah pohon itu mengandung zat-zat yang bisa meningkatkan libido
  2. Getah pohon itu mengandung zat-zat yang bisa merubah gen
  3. Domba melihat ranting yang telah dikerat.

.

Pemahaman Yakub muncul ketika upahnya diubah 10 kali. Walau upahnya diubah 10 kali, Yakub tidak mengeluh, membenci dan marah, walau Yakub jengkel dan tahu bahwa dia ditipu. Pengalaman 10 kali perubahan itu justru membawa keajaiban dalam hidup Yakub: Tuhan tidak biarkan kita dirugikan, kita akan tuai saat sikap hati kita benar.

.

Orang yang cerdas rohaninya tidak akan mengeluh, marah, berontak,

tapi akan belajar karena tidak ada yang terjadi tanpa seijin Tuhan.

.

Saat kita menghadapi tekanan, mari memiliki sikap hati yang benar di hadapan Tuhan

.

The Perfecton of Devine Order

Angka 10 bagi orang Yahudi artinya “the perfecton of devine order”, kesempurnaan dari tatanan Tuhan. Tuhan sediakan yang sempurna bagi hidup Yakub, maka Yakub harus lewati 10 kali diubah upahnya, dengan sikap yang benar.

Contoh the perfecton of devine order :

  1. 10 perintah Allah.
  2. Adam-Nuh 10 generasi, lalu selesai dengan air bah.
  3. 10 tulah Mesir.
  4. Jemaat Israel yang menggerutu dan memberontak 10 kali tidak bisa masuk tanah Kanaan.
  5. 10 kali makan Paskah disebut Alkitab dari jaman Musa hingga Yesus.
  6. 10 poin di doa Bapa Kami.

.

Apapun yang kita lewati: jalani dengan syukur, belajar. Tidak dengan berontak, marah atau kepahitan, karena dalam hidup kita ada tatanan Ilahi yang sempurna.

.

Ijinkan Tuhan atur hidup kita sesuai tatanan IlahiNya yang sempurna. Jangan batasi Dia dengan segala kelemahan dan ketidakberdayaan kita. Yakub di masanya bisa membuat berternak domba jadi suatu industri, dia bisa atur seperti apa domba yang lahir. Tuhan juga ingin kita mendapat hal besar seperti Yakub.

.

Semua karena grace dan favor Tuhan

Kej 30: 27-30 – Tuhan memberkati Laban sejak Yakub datang.

Tuhan memilih dan memberkati kita. Tuhan tidak pernah pilih organisasi atau barang, tapi memilih orang. Andalkan favor dan berkat Tuhan.

.
Kej 31: 9 – Semua ide domba yang binti-bintik dan belang-belang asalnya dari Tuhan

Kej 31: 24, 29 – Ancaman Tuhan secara langsung kepada Laban supaya tidak mengganggu Yakub. Tuhan lakukan intervensi demi kepentingan umat yang dicintaiNya.

Kej 31: 42 – Pengakuan Yakub bahwa semua karena penyertaan Tuhan.

.

Penutup

Di dalam hidup kita ada rencana/ blue-print Tuhan yang sangat jelas. Saat kita ikuti, kita akan mencapai destiny kita. Keseluruhan blue-print itu adalah kesempurnaan tatanan Ilahi/ the perfection of devine order . Manusia melihat semua yang Yakub alami sebagai penderitaan, tapi Tuhan melihat itu sebagai kesempurnaan dari tatanan Ilahi. Jangan mengeluh, apapun yang kelihatannya masih belum berbuah, harus kita pelajari, lakukan sesuai dengan anugrah yang Dia berikan, maka suatu hari akan menjadi sesuatu yang industrious.

.

Yakub modalnya hanya 1 : Tuhan menyertai dia. Bagi kita : ada Yesus yang akan menuntaskan bagi dan bersama kita.

.

http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56

Advertisements