Minggu, 16 Desember 2012

Dynamic Hands

Petrus Agung

.

Huruf ke-12 dari alfabet Ibrani adalah lameth, dikatakan sebagai huruf yang paling agung, majestik, tinggi dan luar biasa, dan merupakan simbol bulan puncak dari segalanya. Tetap percaya dan harapkan anugrah Tuhan setiap hari dalam hidup kita, terutama di 2 minggu terakhir tahun 2012 ini.

.
Di rumah Tuhan tangan kita harus diurapi, dikuduskan dan dikonsekrasikan bagi Tuhan.

 .

Mzm 18: 19-37

The Lord rewarded me according to my righteousness (my conscious integrity and sincerity with Him); according to the cleanness of my hands has He recompensed me (Mzm 18: 20, AMP)

 .

Ay 20 – “Tangan” dari kata yod. Terjemahan amplified berkata “Tuhan membalas sesuai kemurnian/ integritas tanganku”. Integritas artinya luar dan dalam sama. Miliki tangan yang bekerja dengan penuh integritas.

.

GOD made my life complete when I placed all the pieces before him. When I got my act together, he gave me a fresh start. (Mzm 18: 21, MSG)

.
Tuhan membuat kepingan hidup kita lengkap, sempurna dan utuh, saat kita letakkan semua kepingan dan serpihan hidup kita yang hancur itu di hadapan Tuhan.

.
GOD rewrote the text of my life when I opened the book of my heart to his eyes. (Mzm 18: 24, MSG)

.
Setiap kali kita hadapkan buku kehidupan dan hati kita kepada Tuhan dalam integritas dan kemurnian, maka Tuhan tulis ulang hidup dan destiny kita.

.

yang mengajar tanganku berperang, sehingga lenganku dapat melenturkan busur tembaga. (Mzm 18: 35)

.
Yod/ tangan kita harus dilatih untuk berperang, hingga lengan kita bisa melenturkan busur tembaga. Latihan yang Tuhan berikan buat kita menghasilkan kekuatan yang dahsyat.

.
Your gentleness and condescension have made me great. (Mzm 18: 35B, AMP)

.
Ay 35b – terjemahan hurufiahnya adalah kerendahan hati Tuhan yang membuat kita jadi besar.

.
Ilustrasi: warung biasa dan tidak terkenal, tiba-tiba presiden datang dan makan di situ. Ini adalah kerendahan hati presiden yang luar biasa. Begitu hal itu terjadi, warung jadi terkenal.

.
Sama halnya dengan kita: kita hanya warung sederhana dan tidak ada kehebatan dibanding orang lain. Tiba-tiba Tuhan datang dan pungut kita, kita jadi radikal, lalu tiba-tiba orang bilang kita WOW! Saat Roh Kudus menghampiri orang yang kena kudis, yaitu kita. Itulah kerendahan hati Tuhan.

.

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu (Yoh 15: 16a)

.
Apapun yang Tuhan lakukan bagi kita, itu anugrah yang luar biasa. Maka kita harus selalu tahu diri! Jika hari ini kita ditinggikan Tuhan, itu semua karena Tuhan rendah hati dan mau pakai kita.

.
Yod adalah tangan yang aktif dan mau dididik. Lamet berasal dari kata yang artinya diajari. Minta Tuhan ajari dan latih tangan kita untuk berperang, bertindak, dan melakukan sesuatu.

.
And Jehu filled his hand with a bow and struck Jehoram between his arms. And the arrow went out from his heart. And he sank down in his chariot. (2Raj 9: 24, LITV)

 .

Saat tangan kita terlatih, yang muncul adalah power/ kekuatan. Terjemahan hurufiah “Yehu mencengkeramkan tangannya pada busur”. Tangan dari kata yod (H3027). Tangan yang bisa mengalirkan power/ kekuatan adalah tangan yang mau dididik dan dilatih.

.

Pelajaran dari Mazmur 18:

  • Tangan kita harus memiliki integritas sehingga bisa dididik oleh Tuhan. Tangan yang menipu dan mengambil milik orang lain tidak bisa dididik oleh Tuhan.
  • Tangan yang terlatih dan terdidik akan mampu menyalurkan power yang luar biasa.

.

Tangan kita adalah tangan yang punya integritas, mau dididik, mau kerja.

Tangan kita bukan tangan yang menipu, memeras, mengambil hak orang lain, mencuri, meminta-minta, atau mengharapkan belas-kasih orang lain.

.
2Raj 6: 1-7 – Kapak timbul mengapung. Bahasa asli “timbul” = berenang

Ay 1 – Sesak artinya trouble/ masalah, pressure/ tekanan

Ay 7 – Tangan/ Yod orang ini adalah tangan dari orang yang punya integritas dan terlatih bekerja, sehingga ia memperoleh kembali apa yang hilang dari hidupnya. Teriakan “itu barang pinjaman” menunjukkan bahwa orang ini punya integritas, setia terhadap harta orang lain.

.

Raja hendak cari suksesor, lalu pilih 3 anaknya, masing-masing diberi harta dan wilayah. Ke-3 anak diberi tugas untuk menanam sesuatu yang nantinya bisa dimakan dan dinikmati rakyat. Masalahnya saat itu musimnya tidak jelas dan banyak gagal panen.

Saat pulang, 3 pangeran berwajah kacau-balau karena ketiganya gagal:

  • Pangeran ke-1 menyalahkan cuaca.
  • Pangeran ke-2 menyalahkan orang-orang pekerjanya
  • Pangeran ke-3 mengakui bahwa dia bodoh, tidak belajar lebih dulu, tidak minta nasehat orang lain.lalu minta ampun. Dengan sisa uangnya dia mau mencoba lagi.

Yang dipilih raja sebagai pewaris adalah pangeran yang ke-3. Karena punya integritas, tidak menyalahkan orang lain, melihat kekurangannya sendiri dan mengakuinya.

.
Tangan yang tidak punya integritas dan tanggung jawab, akan jadi masalah karena tidak bisa dididik.

.
Banyak yang saat gagal, responnya menyalahkan orang lain, seakan orang lain yang membuat hidup kita jadi seperti ini. Selama kita seperti itu, tidak akan pernah mencapai hal yang besar dari Tuhan.

.
Tuhan bukan mencari orang yang berhasil, tapi orang yang punya integritas, karena bisa dididik.

.
“Barang pinjaman” terjemahan hurufiahnya adalah barang yang kita minta sambil mengemis-emis. Semua yang kita miliki saat ini adalah pinjaman, karena semua milik Tuhan dan tidak pernah jadi milik kita. Masalahnya apakah kita punya integritas: apapun yang Tuhan percayakan dalam hidup kita, kita lakukan segenap hati !

.
Trip ke UK. Sekian banyak ditolak visanya. Biaya hotel dan pesawat sudah dibayar agen lebih dulu. Situasi ini sulit, siapa yang harus menanggung biaya dari mereka yang visa-nya ditolak. Biaya itu perorang 50% ditanggung p Agung. Hal ini dilakukan sebagai tanggung-jawab seorang pemimpin. Integritas seperti itulah yang Tuhan suka.

.
Penutup:
Apapun yang Tuhan berikan di tangan kita, di dalamnya ada potensi-potensi yang ajaib. Maka kita harus melangkah, lalu lihat hasilnya. Sebutir padi disemai, bertunas lalu dipindah ke sawah, sekian bulan kemudian hasilnya 56 malay dan sekitar 6000 bulir yang baru! Yang bisa buat semua itu hanya Tuhan. Hidup kita Tuhan takdirkan jadi luar biasa dan besar!

.

http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Mulai bulan agustus 2012, link MP3 rekaman hanya diberikan di grup mailing-list pada link di atas.

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56