Minggu, 03 Februari 2013

Kingdom Explosion

Petrus Agung

 .

Pendahuluan

Perjamuan di Kana. Jawaban Tuhan Yesus, sepertinya saat itu belum waktunya. Padahal pertolongan yang dibutuhkan adalah pertolongan sekarang/ saat ini. Banyak orang Kristen yang alami hal yang sama: membutuhkan pertolongan sekarang. Maka kita bisa frustasi dengan hal ini. Kuncinya: Yesus ada di situ. Saat Yesus jadi pusat kehidupan kita, itulah saat Yesus bertindak.

.
Dari benih anggur ditanam hingga jadi minuman anggur biasa butuh minimal 5-6 tahun. Tetapi anggur yang baik butuh 20-30 tahun proses.

Pesan Tuhan: apa yang selama ini kita anggap sebagai kelambanan Tuhan, sebenarnya Tuhan tidak pernah terlambat! Begitu Tuhan bertindak, apa yang seharusnya butuh proses 30 tahun, Dia berikan dalam sekejap! Di Perjanjian Lama apa yang harusnya perlu waktu 3 tahun, dipercepat jadi 1 hari

 .

Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; (Mzm 84: 11a)

 .

Di Perjanjian Baru apa yang seharusnya kita baru dapat dalam 30 tahun, Tuhan berikan dalam sekejap. Kuncinya: Yesus harus jadi pusat dalam kehidupan kita !

 .

Perkembangan Indonesia

Dalam 7 tahun terakhir kita diajak dan diajari Tuhan peperangan rohani, menjarah, mengucapkan perkataan berkat, mendengar Tuhan berkata bahwa bangsa ini dipilih Tuhan dan dari Indonesia kita akan menggelar karpet merah menyambut Yesus datang kedua kali. Banyak yang merasa tidak ada perubahan apapun. Yang terpenting bukan apa yang kita rasakan, tapi kenyataan yang terjadi.

Contoh: saat take off pesawat, kecepatan 800km/ jam, tapi bagi orang yang di dalam seakan-akan tidak bergerak. Saat bersimpangan dengan pesawat lain, semua berlalu dengan sangat cepat.

 .

Saat kita di dalam sebuah movement, kadang-kadang kita tidak merasa ada gerakan. Pernyataan salah seorang menteri:

  1. Dalam goncangan ekonomi terakhir hanya 3 negara yang tidak kena dampaknya: China, India, Indonesia. Negara lain yang bukan pemain utama ikut goncang.

  2. Secara pertumbuhan ekonomi, Indonesia tertinggi di dunia ke-2 setelah China. Bahkan Perdana Menteri Inggris berkata bahwa saingan mereka di ekonomi beberapa tahun ke depan adalah china dan Indonesia.

  3. Indonesia negara ke-3 paling aman dan paling menjanjikan untuk investasi. Banyak pendatang China masuk ke Indonesia karena mereka simpulkan bahwa kondisi Indonesia saat ini seperti 15 tahun sebelum China maju dan melesat seperti sekarang. Mereka investasi di Indonesia saat ini, sehingga saat Indonesia naik mereka ikut naik. Sedangkan negara China trend-nya turun, karena bukan negara demokrasi, sehingga masih mungkin terjadi chaos.

.
Tahun depan pemilu, kita harus kawal dengan doa sehingga semua lancar. Sehingga tidak ada kekacauan di dunia nyata. Itu adalah awal melejitnya Indonesia. Jika ini terjadi, Tuhan beri hak pertama bagi anak-anak Tuhan untuk mendapatkannya. Di Bandung Tuhan berkata siap memberi urapan hak kesulungan untuk anak-anak Tuhan di Indonesia!

 .

Tangkap hati Tuhan, ikuti yang Roh Tuhan kerjakan dan perintahkan dalam hidup kita, maka hidup kita akan berubah secara radikal !

.
6 bulan lalu JKI mulai memancang Rumah Sakit, selama itu Tuhan diam. Dana hanya untuk memancangkan tiang pancang, belum ada dana untuk membangun. P Agung hadapkan ke Tuhan, dan Tuhan beri p Agung mimpi: ada lorong menuju ruang meeting tempat ambil banyak keputusan penting, tapi menuju ruang itu ada anak-anak terlantar yang tidur di sepanjamg lorong.

Pesan Tuhan: urusi anak-anak terlantar itu, maka urusan-urusan lain akan selesai dengan sendirinya.

.
Saat ini Rumah Shallom hampir selesai. Minggu lalu p Agung ke Jakarta dan sudah ada tanda awan setelapak tangan. Segala sesuatu yang sudah kita tabur dan tanam selama ini akan hasilkan kingdom explosion yang luar biasa. Rumah Shalom tinggal finishing, tapi jemaat masih bisa bantu untuk mempercepat penyelesaiannya.

15 Februari ada panen raya di Demak, ada pasar rakyat. Panen awal 1 Ha menghasilkan 12 ton beras, meningkat 4 ton dibanding menggunakan pupuk kimia.

.
Kingdom Explosion

1Sam 7: 1-16, MSG

.
Filistin artinya: pindah (migran), penyerang (invader ), bergelimangan di debu (root in dust).

.
Saat manusia jatuh dalam dosa, Tuhan hukum ular tua: berjalan dengan perut, sejak itu ular tidak punya kaki. Dikatakan debu dan tanah akan jadi makananmu. Maka bisa diartikan bahwa Filistin yang artinya suka bergelimangan di debu, adalah si ular atau iblis.

.
And they did. The men of Kiriath Jearim came and got the Chest of GOD and delivered it to the house of Abinadab on the hill. They ordained his son, Eleazar, to take responsibility for the Chest of GOD (1Sam 7: 1, Msg)

 .

Abinadab = אבינדב (H41) =ăbı̂ynâdâb = Tuhan yang penuh kemurahan (father of generousity)

Eleazar =אלעזר (H499) = ‘el‛âzâr= Tuhan itu penolong (God is helper), dan ini gambaran Roh Kudus.

.
Yang tinggal dalam kita setiap saat adalah Roh Kudus. Tapi untuk keputusan apapun atas nasib hidup kita, Yesus ajarkan kepada kita untuk meminta kepada Bapa atau Yesus dalam nama Yesus, dan tidak pernah dikatakan minta kepada Roh Kudus.

.
Eleazar ditugasi bertanggung jawab atas Tabut. Tabut adalah representasi Bapa di Surga. Yang bisa dan mampu mengurus Tabut hanya Roh Kudus.

Rasul Paulus menjelaskan bahwa hanya Roh Kudus yang tahu apa yang ada di hati dan pikiran Bapa kita, maka kita harus minta diajari Roh Kudus cara berdoa.

.
Doa kita bisa akurat hanya jika dipimpin Roh Kudus.

.
Jika kita minta ke manusia, tapi waktu/ timing, cara bicara dan bergurau kita keliru, malah jadi masalah. Tuhan itu pribadi, punya selera, kehendak dan keinginan, bisa marah, bahkan murka.

 .

Setiap kali berdoa untuk pergumulan kita, hadapkan ke Roh Kudus, tanya: boleh atau tidak, jika boleh, tanyakan bagaimana caranya. Kadang caranya sederhana dan mudah: sembah Tuhan.

.
Saat membangun Holy Stadium, kas gereja diberikan untuk pembangunan sekolah Mahanaim. P Agung sempat mengira akan membangun Rumah Sakit dengan cara menabur yang sama. Ternyata tidak. Kali ini Jki diminta untuk urusi anak-anak rumah shallom.

.
Hanya Eleazar, Tuhan yang penolong, yang bisa mengerti hati dan pikiran Bapa, lalu dia yang akan ajari kita caranya.

.
Langkah yang Roh Kudus tunjukkan seringkali kecil dan seolah tidak berarti, tapi itulah yang akan menghasilkan sesuatu yang ajaib.

.
Ay 2 – Eleazar berhasil bertanggung-jawab terhadap Tabut Allah selama 20 tahun.

.
Lawan kita adalah daging kita sendiri.

Contoh: Saat kita tidak punya apa-apa doanya: hidupku milikMU. Saat kaya doanya ganti: hatiku milikMU. Artinya hanya hatinya yang milik Tuhan.

.
Apapun yang Roh Kudus minta kita lakukan, kerjakan dan jangan geser dari yang Tuhan katakan.

.
Eleazar melakukan apa yang Bapa inginkan secara konsisten selama 20 tahun.

.
Untuk mengalahkan ular:

1. Minta tuntunan Roh Kudus. Apapun di hati kita: naikkan ke Roh Kudus, saat Roh Kudus setuju, itu akan jadi rhema, rhema jadi iman, iman itu yang akan meledak jadi luar biasa.

.
Ada jemaat SHRK yang saat ini kaya, dulunya datang hanya untuk kebaktian di gereja Permata dari Jakarta – setiap minggu selama 3 tahun. Hutang-hutang mereka selesai dalam 6 bulan, tapi 2,5 tahun tetap datang dengan konsisten.

.
2. Eleazar konsisten merawat Tabut Tuhan selama 20 tahun.

 .

Penutup

Ada yang tanya: apakah Tuhan bisa membuat perbedaan antara kita dan dunia? Alkitab berkata bisa! Saat penyaliban Tuhan Yesus, orang Yahudi ucapkan kutukan untuk dirinya sendiri:

 .

Dan seluruh rakyat itu menjawab: “Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami!” (Mat 27: 25)

 .

Tahun 70 jendral Titus kepung Yerusalem dan akhirnya tembok Yerusalem roboh. Roma berusaha masuk menyerang dengan tangga besar yang beroda, dan berisi tentara. Saat tangga-tangga Romawi mendekati tembok, orang Israel menggali tanah di bawah tembok Yerusalem lalu membakar tangga-tangga itu, dan serangan Romawi hari itu gagal. Tapi karena orang Israel menggali di bawah tembok, fondasi tembok keropos dan tembok itu roboh.

.
Saat masuk Yerusalem, Titus melarang pasukannya menyentuh Bait Allah, tapi malah Bait Allah dibakar pasukan Romawi. Saat ini terjadi, sejarahwan Josephus melihat bahwa Titus berlutut dan berseru kepada Tuhan bahwa itu terjadi bukan karena perintahnya. Besoknya alat-alat Bait Allah yang dari emas meleleh dan masuk ke celah-celah batu-batu tembok kota Yerusalem. Hari berikutnya prajurit Roma mencungkil batu-batu tembok itu seperti yang Yesus pernah nubuatkan.

 .

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan. (Mat 24: 2B)

Saat Yerusalem dihancurkan, diperkirakan 1,1 juta orang Yahudi mati, 90-100 ribu orang disalib. Tapi tidak ada 1 orangpun orang Kristen yang kena, semua lolos: tidak ada yang kelaparan, tertangkap, luka atau mati. Tuhan mengenal domba-dombaNya satu-persatu !
.

Maillist:

http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56