KKR “From Glory to Glory”

KKR1 – 27 Desember 2012
Sesi 4 : Yehuda – Petrus Agung

.

Kej 49: 8-12 – berkat Yakub untuk Yehuda

.
You, Judah, your brothers will praise you: Your fingers on your enemies’ throat, while your brothers honor you. (Kej 49: 8 Msg)

.
Pohon anggur adalah simbol kemakmuran Israel, tapi sangat tidak kuat dan mudah dicabut.

.
Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. (Kej 49: 11)

 .

Saat keledai ditambatkan ke pohon anggur, pasti segera akan merusak dan mencabut pohon anggur. Tapi karena sudah terlalu kaya, maka kita tetap tenang dan membiarkan saja hal itu, karena kebun anggurnya terlalu banyak. Jika Tuhan mau memberkati seseorang, Tuhan bisa berkati seperti itu, karena itulah kekayaan Yehuda. Dan kita adalah keturunan singa dari Yehuda: Yesus.

.
Lihat, suatu bangsa, yang bangkit seperti singa betina, dan yang berdiri tegak seperti singa jantan, yang tidak membaringkan dirinya, sebelum ia memakan mangsanya dan meminum darah dari yang mati dibunuhnya. (Bil 23: 24)

.
Singa itu tidak akan berhenti dan tidur sebelum memakan jarahannya. Tuhan janjikan sesuatu yang ajaib, tapi janji itu berlaku untuk keturunan singa Yehuda.

.
Ciri keturunan singa Yehuda:

1. Singa Yehuda bukan mahluk yang pemalas

 .

Menerima semua janji Tuhan dan yang profetik adalah bagus, tapi apakah kita bekerja atau malas?

Kelemahan banyak orang Kristen: percaya hal-hal yang profetis, tapi di dunia nyata malas luar biasa. Ini bukan singa.

.
Singa perlu mengaum untuk mengusir musuh, tapi tidak bisa membawa binatang datang ke mulutnya. Tapi untuk dapatkan mangsa, harus berburu, mengejar, dan menangkap, dan tidak malas sebelum mendapat buruannya.

 .

Singa bukan pemalas, punya karakter pemburu yang luar biasa, suka menuntaskan.

.
And Naomi had a kinsman of her husband’s, a mighty man of wealth, of the family of Elimelech; and his name was Boaz.(Rut 2: 1, KJV)

 .

Boas orang Betlehem dari suku Yehuda, orang yang perkasa dalam kekayaannya (terjemahan KJV).

 .

Lalu kata mertuanya itu: “Duduk sajalah menanti, anakku, sampai engkau mengetahui, bagaimana kesudahan perkara itu; sebab orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini juga.” (Rut 3: 18)

 .

Komentar Rut tentang Boas yang adalah singa Yehuda: Boas tidak akan berhenti sebelum semua perkara diselesaikan hari itu juga. Inilah ciri singa Yehuda.

 .

Orang yang suka menunda, malas dan tidak suka bergerak dengan cepat, maka dia bukan singa Yehuda.

 .

Jika kita mengingini apa yang Tuhan janjikan, mari keluar, berburu, karena Tuhan sudah sediakan padang untuk berburu. Banyak orang tidak mendapatkan apa-apa karena tidak pernah berburu. Ikuti pimpinan Roh, bergerak dalam ketepatan.

.
Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga (Ams 12: 27)

.
Rajin dalam bahasa aslinya juga berarti emas. Maka masa keemasan artinya masa bagi orang rajin. Masa keemasan tidak pernah datang kepada orang yang malas.

 .

Jika tidak pernah menginjil maka jangan harapkan jiwa-jiwa ditambahkan, jika tidak pernah kerja jangan harapkan sesuatu terjadi.

.
2. Berkat Tuhan membawa kita naik

.

Judah, a lion’s cub! With the prey, my son, you have gone high up [the mountain]. He stooped down, he crouched like a lion, and like a lioness–who dares provoke and rouse him? (Kej 49: 9, Amp)

.
Setiap jarahan dan berkat yang Tuhan berikan harusnya membawa kita naik, bukan turun. Bagi yang ikut Bahtera selama 7 tahun, bandingkan kondisi dulu dan sekarang, apakah naik atau turun. Hitung seberapa banyak kita sudah nikmati berkat-berkat Tuhan.

.
Jika saat kita diberkati hidup kita malah turun dan error, maka Tuhan akan hentikan berkat itu daripada kita terhilang.

.
3. Hak kerajaan bagi singa Yehuda

.
He couched, he lay down as a lion; and as a lioness, who shall rouse him? Blessed [ of God ] is he who blesses you [ who prays for and contributes to your welfare ] and cursed [ of God ] is he who curses you [ who in word, thought, or deed would bring harm upon you ] (Bil 24: 9, Amp)

.
Salah satu hak kerajaan bagi singa Yehuda adalah:

  • Tuhan memberkati orang yang mendoakan dan berpartisipasi pada kesejahteraan/ kemakmuran Singa Yehuda.

  • Orang yang mengutuk kita: orang yang dalam perkataan, pikiran dan perbuatan mengingini/ merencanakan celaka bagi singa Yehuda.

 .

Jika kita hidup sesuai panggilan Tuhan, hal ini akan berlaku bagi kita.

.
(Persembahan)

 .

Maillist:

http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

 .

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

antoniusfw1@gmail.com (Google +, Google Talk);

antonius_fw@hotmail.com (MSN Massenger);

pin BB: 29C12B56

Advertisements