12 Maret 2013, Mahanaim, Bekasi

KKR Bahtera: DASAR YANG BARU & PILAR YG KOKOH

Sesi 2 Firman dan Impartasi 6 Roh Tuhan

.

Iin Cipto: Selama lebih dari 50 tahun pelayanan p Yusak adalah “mencium kaki Tuhan” – penyembahan dalam kehambaan. Ini membuat Tuhan meneguhkan perjanjianNya dengan p Yusak dan seluruh suku Bahtera: kasih karunia Tuhan tidak akan pernah berakhir.

.

1. Roh Pengertian – Yusak Cipto

Tuhan pilih p Yusak karena Tuhan yang mau, karena banyak kelemahan dalam diri p Yusak.

.

Jangan memandang manusia lain, semua karena kasih karunia. Semua memiliki kelemahan dan tidak ada yang sempurna.

.

Kita harus minta roh pengertian, supaya kita bisa mengerti keberadaan Tuhan dan keberadaan kita, sehingga kita bisa menanggapi berbagai hal dengan benar tanpa gerutuan. Sikap hati dan cara kita menanggapi di awal itulah yang dilihat Tuhan. Tuhan sukanya bertindak dan memutuskan secara mendadak. Tidak ada manusia yang selalu ber-respon benar.

.

Kita harus hidup secara hineni: menerima semua yang terjadi pada kita, jangan mengeluh, jangan protes, tapi mengucap syukur. Kita belum tahu mengapa satu hal terjadi, tapi percaya bahwa ujungnya kasih Tuhan luar biasa. Jangan berpikir bahwa ketika kita sudah melayani Tuhan, mendapat anugrah Tuhan, lalu kita mendapat fasilitas yang istimewa dan selalu dijagai sehingga tidak ada yang buruk yang akan menyentuh kita. Kita hanya seorang hamba yang melakukan apa yang Tuhan suka, yang terjadi selanjutnya terserah Tuhan. Roh pengertian bisa membuat kita meningkat atau malah jatuh.

.

Ucapkan syukur dalam segala perkara, dalam berkat dan penderitaan, percaya bahwa Tuhan baik

.

Saat kita mulai berfikir, menganalisa, dan mencari solusi dengan kekuatan sendiri, maka kita akan gagal. Solusi terbaik adalah mengucap syukur dan mengerti bahwa Tuhan luar biasa. Tuhan sudah tahu semua yang akan terjadi dan akan kita alami. Kita harus alami banyak hal supaya mengalami jalan-jalanNya dan tidak sombong.

.

Saat kita memiliki roh pengertian maka ada damai sejahtera, saling mengerti dan bisa membahagiakan orang lain.

.

2. Roh Nasehat – Nany Susanty

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yes 9:5)

.

Orang yang tidak ingin nasihat atau dinasihati adalah orang sombong, dan Tuhan tidak suka kesombongan. Kita harus punya sikap hati yang menyadari bahwa semua yang ada dalam diri kita, pikiran kita, prinsip-prinsip kita, semua belum tentu benar. Karenanya kita perlu roh nasehat.

.

Tidak ada penasehat yang lebih luar biasa dari Yesus Kristus Tuhan

.

Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, perbuatan-perbuatan-kepada orang Israel. (Mzm 103:7)

.

Tuhan memperkenalkan jalanNya artinya Tuhan memberita nasehat kepada Musa. Tapi bagi orang Israel Tuhan hanya tunjukkan perbuatan-perbuatanNya. Jika kita tidak minta nasehat pada Tuhan, seringkali sekitar kita memberikan nasehat yang keliru. Tuhan Roh Kudus adalah penasehat yang ajaib, maka kita harus minta nasehat padaNya.

.

Kita perlu roh nasehat, sehingga kita juga bisa jadi solusi buat anak-anak, keluarga, dan orang-orang sekitar kita.

.

3. Roh Keperkasaan – Petrus Hadi

Kejujuran tentang kondisi kita dinilai Tuhan sebagai keperkasaan. Kejujuran itu membuat p Hadi bisa menang atas masa lalunya.

.

Keperkasaan Tuhan akan muncul saat kita setia dalam hal-hal kecil.

.

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. (Mzm 119: 105)

.

Keperkasaan bertambah saat kesetiaan yang dari Tuhan kita ijinkan bertambah dalam hidup kita.

.

4. Roh Hikmat – Petrus Agung

Tanggal 12 Maret 2013 ada beberapa kejadian yang secara kebetulan terjadi bersamaan:

Ultah p Yusak

Tahun baru rohani Yahudi. Israel merayakan 2 tahun baru:

Tahun baru, dasarnya penciptaan/ kejadian. Contohnya perayaan ayin gimel tahun lalu.

Tahun baru yang Tuhan perintahkan di Alkitab (Kel 12: 2), yaitu saat bangsa Israel keluar dari Mesir (1 Nisan, Nissan = mujizat)

Tahun baru saka

Vatikan mulai memilih Paus yang baru.

Artinya apa yang Tuhan berikan hari ini sangat penting.

.

Amsal 8 :1-36 – Roh Hikmat

Ay 6 – Saat Roh hikmat menguasai kita, Ia akan memperkenalkan perkara-perkara yang dalam.

Ay 10 – Sifat dari hikmat adalah mendidik, sehingga jika kita tidak mau dididik, kita tidak akan bisa terima Roh Hikmat.

Ay 30 – Hikmat bukanlah seperti anak kesayangan yang manja dan bermain-main di depan raja. Dalam terjemahan Inggris maknanya lebih jelas:

.

I was the architect at His side. I was His constant delight, rejoicing always in His presence. (Ams 8:30, NLT)

.

Bentuk Roh Hikmat adalah sang arsitek yang berada disamping Tuhan.

.

P Agung bertanya kepada bu Iin yang merupakan sarjana arsitek: apa dasar dan yang dipikirkan pertama kali oleh seorang arsitek untuk membangun sebuah bangunan. Dijawab bahwa si pemilik bangunan harus lebih dulu bercerita kepada si arsitek: apa yang mau dibangun, bagaimana yang diinginkan, baru kemudian si arsitek kemudian membuat sketsanya, menghitung biaya, menyusun tahapan-tahapannya, lalu memimpin sampai semua jadi.

.

Hikmat adalah arsitek. Jika Roh Hikmat turun dalam hidup kita, Tuhan akan berada di samping kita dan menceritakan hatiNya, lalu kita bisa menangkap apa yang Tuhan mau, dan kita tiba-tiba bisa gambarkan dan wujudkan apa yang Tuhan mau, hingga semuanya jadi.

.

Tanpa Roh hikmat kita tidak bisa tangkap utuh yang dari Tuhan. Akibatnya saat Tuhan berikan tanggung-jawab, kita tidak menghasilkan apapun! Tuhan mau semua kita memiliki Roh Hikmat !

.

Begitu Roh Hikmat menguasai kita, kita akan menunggu sesuatu petunjuk yang dari Tuhan. Ini membutuhkan kesetiaan yang terus-menerus untuk tangkap yang Tuhan mau. Kemudian kita bisa jabarkan rancangannya, hitungannya, tahapan-tahapannya, dan gambaran hasil jadinya.

.

Syarat untuk menerima Roh Hikmat adalah mau dididik

.

Jika kita jadi bagian dari proyek pembangunan kerajaan Tuhan di bumi, maka budget dari Tuhan tidak akan dibatasi. Apapun yang kita butuhkan untuk membangun itu akan Tuhan cukupi.

.

Blessed the man, blessed the woman, who listens to me, awake and ready for me each morning, alert and responsive as I start my day’s work. (Ams 8: 34)

.

Kita dalam keadaan terjaga dan siap setiap pagi, waspada dan sangat responsif pada setiap petunjuk dari Roh Hikmat saat kita memulai pekerjaan kita.

.

Ams 9: 1-6

Ay 1 – Hikmat mendirikan rumahnya karena dia arsitek.

Ay 2 – Hikmat mencampur seperti orang memasak, tidak asal disediakan tapi diolah.

Ay 4 – Jika kita bingung dengan kehidupan, Roh Hikmat akan berikan didikan Tuhan.

.

Jika kita memiliki Roh Hikmat, maka setiap kali kita rasakan hadirat Tuhan, kita akan bisa tangkap semua kerinduan hati Tuhan, dan Roh Hikmat akan membuat semuanya jadi dalam hidup kita.

.

5. Roh pengenalan akan Tuhan – Iin Cipto

Roh Pengenalan akan Tuhan diberikan dalam hidup kita saat kita bertobat, kemudian kita harus terus berjalan dengan passion dari awal sampai mati. Banyak orang tidak pernah berjalan dengan Tuhan dengan passion, hari demi hari, tapi hanya sekali-sekali. Ini membuat Roh Pengenalan akan Tuhan tidak bisa bertumbuh dan ujungnya kita tidak pernah mengenal Tuhan.

.

Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu (Hosea 4:6)

.

Pengenalan akan Tuhan tidak bertumbuh dengan otomatis.

Contoh tindakan menolak Roh Pengenalan akan Tuhan:

Tuhan ajak bangun pagi, tapi tidak mau karena mengantuk.

Tuhan ajak kita mengalami mujizat dengan cara masuk ke dalam sebuah masalah yang tidak mungkin kita atasi, lalu kita berkata tidak mau, tidak mungkin, tidak bisa.

Tuhan bawa kita ke jalan penghambaan, berhadapan dengan orang-orang yang menyebalkan, menghina, dan menekan; kemudian kita menolaknya.

.

Jika kita menolak ajakan Tuhan, sebenarnya kita mulai menentukan jalan kita sendiri dan tidak pernah berjalan bersama Tuhan.

.

Roh Pengenalan adalah kerinduan kita untuk berjalan bersama Tuhan, ada di mana DIA berada

.

Pengenalan itu sangat dalam, luas, dan detil. Suami-istri, orang tua-anak, harusnya juga bisa saling kenal. Untuk itu butuh waktu dan harus bertumbuh. Kita bisa belajar “pengenalan” dengan mengenali pasangan kita, anak kita, atau orang tua kita.

.

Jika kita merasa kenal Tuhan, seringkali kita akan terhenti di titik itu

Jika kita setiap hari mengingini kenal Tuhan lebih lagi, maka pengenalan kita akan semakin dalam

.

Saat memulai Mahanaim Tuhan tawarkan favor kepada bu Iin: sebelum minta sudah Tuhan sediakan, sebelum butuh sudah Tuhan bukakan jalan. Tapi bu Iin bertanya dimana Tuhan berada, dan dijawab bahwa Tuhan tidak di situ. Tuhan ada di kondisi kekurangan, tapi buat mujizat sehingga cukup. Tuhan ada di tengah badai dan serangan, dan Tuhan berdiri di situ dan meredakan semuanya. Artinya Tuhan akan ajak bu Iin melewati padang gurun, tapi Tuhan sediakan mujizat; Tuhan bawa bu Iin melewati banyak peperangan, tapi Tuhan juga ajari cara menggunakan persenjataan dan meraih kemenangan. Bu Iin pilih untuk berada di mana Tuhan ada walau jalan yang dilalui berat, memilih Tuhan dan pengenalan akanNya lebih dari segalanya.

.

Kita harus pilih antara jalan yang mudah, atau jalan yang membuat kita mengenal dia secara detail: senyumNya, keajaibanNya, seleraNya, senjataNya, targetNya, semuaNya.

.

Besarnya pengenalan Tuhan seperti lautan, jauh lebih luas dari yang kita bayangkan.

.

7. Roh takut akan Tuhan – Daniel Cipto

Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu. (1Sam 12 :24)

.

Kita bisa ukur kadar takut akan Tuhan kita dari banyak hal:

Mudah atau susah melakukan dosa

Mana yang lebih kita pilih: menyenangkan Tuhan atau menyenangkan daging kita.

Mana yang lebih kita pilih: masuk proses atau menyerah.

.

Takut akan Tuhan sepertinya mudah, tapi sebenarnya hanya karena anugerah. Manusia terpeleset bukan karena batu besar, tapi karena kerikil kecil. Kita sering meremehkan masalah kecil, tidak taat peraturan, merasa bahwa nanti bisa bertobat, minta ampun, beres-beres, tanpa memikirkan hatiNya Tuhan. Ini artinya tidak ada takut akan Tuhan dalam hidupnya.

.

Orang yang terlibat pelayanan belum tentu memiliki takut akan Tuhan

.

Di depan kita masing-masing ada timbangan yang tidak bisa berbohong, seberapa berat kita didapati dihadapanNya. Karena itu selalu intropeksi diri. Saat kita takut akan Tuhan, Tuhan akan percayakan sesuatu yang besar kepada kita. Seberapa kita takut akan Tuhan, sebesar itulah Tuhan akan berjalan bersama kita.

.

Iin Cipto – Pengarahan

Di dalam dunia orang Israel disebut anak sulung, tapi sulung secara rohani yang sebenarnya adalah Yesus Kristus. Sebagai bangsa yang sulung adalah Israel, mereka kuasai 70% perputaran uang di dunia, kepandaian, dll. Karena penetapan Tuhan, Indonesia ada di “gerbang timur” dan “gerbang keintiman”, maka Indonesia akan menguasai hak kesulungan yang 30%, sehingga akan terus naik dan menguasai dunia 30%. Hak kesulungan di Indonesia diterima oleh Bahtera.

Tujuan kesulungan: bukan untuk jadi kaya, tapi untuk keselamatan di Indonesia.

.

Daniel Cipto – Nubuatan

Ada orang-orang yang jika melekat pada Tuhan akan terluput, diminta tidak bersaksi, tapi karena mengalami penyelamatan yang nyata.

Gunung-gunung mulai bergelora, gempa besar, badai. Tapi bagi orang-orang yang berkenan kepada Tuhan dan berpegang pada pilar (Firman Tuhan) akan terluput.

Nany Susanti – Nubuatan

Rhema: tenang dan percaya, karena semua bencana harus terjadi untuk menggenapi Firman Tuhan.

Ada bencana alam: tsunami, banjir-banjir besar; Setiap kali pendoa-pendoa digerakkan Tuhan untuk pergi ke sungai-sungai dan tepi laut, maka lakukan dengan setia, maka malapetaka itu tidak akan terjadi di kota kita. Lakukan dengan ketepatan: sungai dan laut yang mana, deklarasikan perlindungan dari Tuhan.

Daniel Cipto: semua yang dilihat oleh p Daniel dan bu Nany masih bisa dibatalkan jika kita berdoa dan memohon belas-kasihan Tuhan, terutama untuk jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan Yesus.

Peperangan rohani.

Tindakan profetis:

Makan roti pilar perjanjian/ pelangi 7 Roh Allah.

Semua hak kesulungan global yang tertulis dalam Alkitab di taruh di kepala.

Hak kesulungan khusus yang belum bisa diberikan pada semua orang, hanya yang Tuhan pandang layak pada waktu yang Dia tentukan sendiri.

.

Maillist:

http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

.

Korespondensi:

antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);

@Antonius_FW (tweeter);

pin BB: 29C12B56

WhatsApp 0858-7511-8451

LINE: antonfw (085-727-868-064)

WeChat: AntoniusFW (0858-7511-8451)