Minggu, 8 September 2013
Relentless – Sumber Kuasa dan Bagaimana Yesus Hidup
John Bevere
20130908Relentless1
Ef 3: 9-10 – Tugas Paulus adalah menyingkapkan apa yang Tuhan rencanakan. Artinya ada rencana Tuhan yang tersembunyi. Rencana Tuhan untuk hidup kita luar biasa. Lawan kata “luar biasa” adalah normal, biasa, wajar. Jadi lawan kata “hidup luar biasa” adalah “hidup biasa-biasa saja”.

Allah melahirkan kerinduan di dalam hati kita untuk hidup luar biasa.

Faktanya 80% dari 15 film yang dikenang sepanjang masa adalah film tentang sosok karakter yang luar biasa dan punya kemampuan luar biasa.Misalnya: Star Wars, Spiderman, Batman, Ironman, The Avenger, Xmen, Indiana Jones. Film-film yang populer sepanjang masa bukan film cinta atau perang.

Kita menyukai film-film itu karena Allah menempatkan kerinduan di dalam kita untuk jadi luar biasa.

Dulu citra/ gambaran ps Bevere tentang orang Kristen adalah orang yang hidup biasa, pasif, tidak mau maju, tidak mau berfikir out of the box, tidak mau jadi perintis. Ps Bevere berfikir bahwa jika jadi Kristen maka akan kehilangan individualisme, kreatifitas, dan gairah untuk meraih hidup yang hebat. Tapi ini bukan rancangan Allah.

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. (Kej 1: 27)

Rancangan awal Allah adalah menciptakan kita segambar dan secitra dengan Allah. Allah bukan pribadi yang biasa-biasa saja, tapi ekstraordinary.

Tuhan ciptakan kita untuk hidup secara luar biasa, dan juga memberdayakan kita untuk meraih hidup yang luar biasa itu.

Kita bisa meraih hidup yang luar biasa itu dengan anugerah (grace) Tuhan

Survey di Amerika kepada lebih dari 5000 orang Kristen dengan pertanyaan “Berikan 3 atau lebih definisi atau gambaran dari anugerah Tuhan (grace od God)”
Respon terbanyak: keselamatan, pemberian cuma-cuma, pengampunan dosa, kasih Allah. Hanya 2% yang menjawab bahwa kasih karunia adalah pemberdayaan dari Allah (Gods empowerment).

And He said unto me, My grace is sufficient for thee: for my strength is made perfect in weakness. Most gladly therefore will I rather glory in my infirmities, that the power of Christ may rest upon me. (2Kor 12: 9, KJV)

Tuhan mendefinisikan kasih karuniaNya sebagai empowerment/ pemberdayaan.

Kasih karunia Tuhanlah yang kita perlukan untuk memperoleh kuasa, karena kuasa Tuhan bergerak sempurna di dalam kelemahan kita.

Grace and peace be multiplied unto you through the knowledge of God, and of Jesus our Lord,
According as His divine power hath given unto us all things that pertain unto life and godliness, through the knowledge of him that hath called us to glory and virtue (2Ptr 1: 2-3, KJV)

Rasul Petrus juga mendefinisikan kasih karunia sebagai empowerment/ pemberdayaan.

Grace = χάρις = charis (G5485).
Definisi umum: penerimaan (acceptable), keuntungan (benefit), kemurahan (favour), hadiah (gift), keramahan (gracious), kemerdekaan (liberality), dst. Definisi ini seperti hasil survey di atas.
Pengertian khusus:
Pengaruh Ilahi di dalam hati dan itu memantul ke hidup kita (divine influence upon the heart, and its reflection in the life).
Pemberdayaan kasih karunia (empowerment grace): tindakan kita yang mencerminkan perubahan hati kita.
Kis 11: 23 – Barnabas melihat kasih karunia yang ada pada jemaat Anthiokia, melalui tindakan jemaat yang mencerminkan hatinya.
Hadirat Allah yang memampukan dalam kehidupan seseorang (Gods empowering present)

Definisi ps Bevere tentang kasih-karunia (grace):

Kasih-karunia adalah pemberdayaan Allah yang memberikan kita kemampuan untuk hidup melampaui kemampuan natural kita.

Kurangnya pengertian tentang makna kasih-karunia bisa digambarkan sebagai berikut:
Ada sebuah suku kecil di Afrika yang harus berjalan 2 km untuk mengambil air. Untuk makan, mereka harus berburu sejauh 9 km. Jika membutuhkan obat-obatan harus jalan 50 km.
Kemudian kita bermurah hati kepada mereka dengan membelikan mereka mobil range-rover dengan 4WD. Fasilitas mobil: power window, AC, DVD player, MP3 player, dll.
Tapi setelah beberapa bulan, ternyata mereka tetap dalam kebiasaan yang lama. Ini terjadi karena kita lupa memberitahu kepala suku bahwa fungsi utama mobil hadiah tersebut adalah transportasi.

Fungsi utama kasih karunia Allah adalah pemberdayaan/ empowerment

Tuhan memperkenalkan kasih karuniaNya di dalam perjanjian baru di Yoh 1: 16

For out of His fullness (abundance) we have all received [all had a share and we were all supplied with] one grace after another and spiritual blessing upon spiritual blessing and even favor upon favor and gift [heaped] upon gift. (Yoh 1: 16, AMP)

And of His fullness we have all received, and grace for grace (Yoh 1: 16, NKJV)

Frase “grace for grace” secara harafiah menggambarkan limpahan (overflow) dan kesempurnaan dari apa yang dilakukan kasih-karunia bagi kita, yaitu kelimpahan Yesus.

Ilustrasinya:
Ada anak yang duduk di bangku cadangan saat pertandingan basket. Kita tawarkan dia alat yang bisa membuat dia memiliki seluruh kemampuan Michael Jordan.
Kepada seorang pebisnis kita tawarkan alat yang bisa memberikan seluruh kemampuan Donald Trump.
Maka mereka semua akan menjadi orang yang berbeda, dan menghasilkan terobosan luar biasa.

Kasih-karunia tidak memberikan kepada kita seluruh kemampuan dari Donald Trump, Steve Job, Bill Gates, LeBron James, Albert Einstein.

Tapi kasih-karunia memberikan kita kepenuhan Yesus sendiri !

Allah tidak memperkenalkan kasih-karunia/ grace di perjanjian baru sebagai pengampunan dosa.
Pengampunan dosa, pemberian gratis, keselamatan, termasuk dalam kasih-karunia, tapi itu baru dijelaskan pada fasal-fasal berikutnya.

Tuhan memperkenalkan kasih karuniaNya sebagai pemberdayaan/ empowerment yang memberi kita kepenuhan Yesus

According as His divine power hath given unto us all things that pertain unto life and godliness, through the knowledge of him that hath called us to glory and virtue (2Ptr 1: 3, KJV)

Kasih-karunia (grace) itu membuat kita mengambil bagian dalam kodrat IlahiNya. Kodrat artinya kualitas atau karakter dasar seseorang. Maka kasih-karunia (grace) memberikan kita kepenuhan kodrat, kualitas-kualitas mendasar, dan karakter Yesus.

Herein, is our love made perfect, that we may have boldness in the day of judgment: because as He is, so are we in this world (1Yoh 4: 17)

Yohanes berkata bahwa kita sama seperti Yesus di dunia ini, bukan hanya kelak di Surga.

Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. (1Yoh 1:7)

Barangsiapa berkata bahwa dia di dalam Tuhan, maka dia harus hidup seperti Kristus hidup, yaitu dengan kasih-karunia.

Yesus hidup dalam kemurnian dan kekuduskan.

Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah. (2Kor 7: 1)

Kitalah yang harus menyucikan hidup kita, dan tidak tertulis bahwa Allah yang memurnikan. Kita bisa melakukan ini karena kasih-karunia (grace).

Ilustrasi dari kehidupan ps Bevere:
Ayah ps Bevere mengajak anaknya menonton “The Ten Commandment” supaya John Bevere muda bertobat. John Bevere muda bertobat, tapi itu hanya berlangsung seminggu, karena pertobatan itu tanpa kasih-karunia.
Saat sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dalam hidupnya, ps Bevere tetap hidup dalam dosa yang sama seperti saat belum diselamatkan. Ini terjadi karena tidak ada pengajaran yang mengajarinya apa yang kita miliki saat menerima Yesus sebagai Tuhan dan Raja kita.

Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan. (Ibr 12: 14)

Saat mendapatkan pasal ini, ps Bevere menjadi seorang legalist, yang menegur orang lain yang berdosa. Hal ini membuat orang-orang di sekitar ps Bevere tidak nyaman.

Kekudusan bukan pekerjaan daging, tapi produk kasih karunia Tuhan

Kasih karunia memampukan kita melakukan apa yang daging kita tidak bisa lakukan. Pengertian inilah yang menyucikan tubuh-jiwa-roh ps Bevere dari pencemaran jasmani dan rohani.

Therefore, since we are receiving a kingdom which cannot be shaken, let us have grace, by which we may serve God acceptably with reverence and godly fear (Ibr 12: 28, NKJV)

Kasih-karunia memberdayakan kita untuk bergerak melampaui kemampuan kita, sehingga pelayanan kita berkenan kepada Allah. Maka dari itu rasul Paulus mengingatkan supaya kita tidak menyia-nyiakan kasih-karunia Allah

Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima. (2Kor 6:1)

Saat kita mengerti bahwa kasih-karunia adalah pemberdayaan dari Allah, maka kita akan tahu bagaimana kita bisa menyia-nyiakan kasih-karunia Allah: tidak menggunakan kasih-karunia sesuai fungsi utamanya. Dalam ilustrasi sebelumnya, menyia-nyiakan kasih-karunia adalah suku Afrika yang tidak menggunakan range-rover untuk transportasi.

Yesus hidup dalam hikmat, pemahaman, pengertian/ wawasan, kepandaian, dan kreativitas yang luar biasa. Hikmat Yesus menakjubkan banyak orang, baik pengikut maupun lawanNya.

Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya. (Luk 2:40)

Yesus sendiri membutuhkan kasih-karunia. Maka artinya kasih-karunia bukan sekedar pengampunan dosa, keselamatan dan tiket untuk ke Surga. Karena Yesus tidak pernah berdosa dan tidak membutuhkan tiket untuk ke Surga.

Sekalipun Yesus anak Allah, Dia harus lepaskan semua atributNya dan hidup di dunia sebagai anak manusia, maka Yesus membutuhkan kasih-karunia untuk menjalani kehidupanNya di dunia

Contoh hikmat Yesus:
Yesus menyelamatkan wanita pezinah yang dibawa orang Farisi ke depanNya untuk dilempari batu, dengan memberikan jawaban yang luar biasa.
Suatu kali Yesus berjalan di pantai, ada nelayan yang gagal menangkap ikan satupun. Yesus yang merupakan anak tukang kayu memberi saran, sehingga kelompok nelayan itu memperoleh hasil tangkapan tersbesar selama karir mereka.
Yesus menemukan keledai tanpa harus mencarinya di internet.
Yesus membayar pajak tanpa memiliki akuntan.
Yesus tahu ada pencuri di antara murid-muridNya sekalipun pencurian itu belum dilakukan.
Yesus berhasil memenangkan Zakeus. Itu artinya lingkungan sekitarnya jadi aman, ekonomi kota meningkat karena Zakeus mengembalikan 4 kali lipat dari orang yang pernah dia peras.
Dekapolis diinjili oleh orang gila yang disembuhkan Yesus.
Orang-orang yang lumpuh, yang buta, yang bisu, disembuhkan Yesus.

Yesus mampu lakukan semua itu karena memiliki kasih-karunia. Esensi dari kasih-karunia yang Allah berikan kepada Yesus adalah untuk merubah masyarakat dimana Yesus ada.

Yohanes katakan bahwa yang dilakukan Yesus bagi masyarakat sekitarnya begitu banyak.

Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu. (Yoh 21: 25)

Kemudian Yesus mengutus kita:

Maka kata Yesus sekali lagi: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.” (Yoh 20: 21)

Yesus mengutus kita dengan diperlengkapi:

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; (Yoh 14: 21)

Kita tidak bisa lakukan pekerjaan seperti Yesus, apalagi yang lebih besar dari Yesus, karena kita tidak tahu apa yang kita miliki dari kasih-karunia Allah, dan kita mengecilkan arti kasih-karunia hanya sekedar pengampunan dosa dan keselamatan.

Esensi kasih-karunia Allah adalah memberikan kita kemampuan untuk memerintah dalam hidup

Arti memerintah dalam hidup:

For if by the one man’s offense death reigned through the one, much more those who receive abundance of grace and of the gift of righteousness will reign in life through the One, Jesus Christ. (Rom 5: 17, KJV)

“Memerintah dalam kehidupan oleh kasih-karunia” Allah artinya kita bangkit di atas normal dan menjadi orang yang memberi pengaruh.

Contoh memerintah dalam hidup:
Guru – menemukan cara inovatif untuk berkomunikasi dengan murid-murid, dan guru-guru yang lain heran.
Polisi – menyelesaikan kasus kriminal sebelum orang lain, bahkan tanpa bukti.
Kedokteran – menemukan cara pengobatan yang baru dan inovatif.
Dunia bisnis – tahu kapan menjual atau membeli, kapan masuk atau keluar pasar, sehingga kita menciptakan market share dan bukan sekedar mengikutinya.

Kasih-karunia memampukan kita untuk jadi berbeda (distinguish)

Then this Daniel distinguished himself above the governors and satraps, because an excellent spirit was in him; and the king gave thought to setting him over the whole realm (Dan 6: 3, NKJV)

Alkitab menulis Daniel membedakan dirinya sendiri, dan bukan Allah yang membuat Daniel berbeda. Daniel dan teman-temannya 10 kali lebih berhikmat daripada semua cendikiawan Babilon.
Yesus berkata bahwa Yohanes pembabtis lebih besar dari Daniel.
Yesus juga berkata bahwa orang terkecil dari kerajaan Allah lebih besar dari Yohanes pembabtis, artinya orang itu juga lebih besar dari Daniel!

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi (Mat 5: 14)

Yesus berkata bahwa kita adalah terang dunia. Yang dilakukan terang adalah bersinar, maka kegelapan akan hilang.

Arise, shine; for your light has come! And the glory of the LORD is risen upon you. (Yes 60: 1, NKJV)

Terang Tuhan itu bangkit (risen) dan bukannya turun (descendent). Maka kita memiliki harta karun dari Tuhan di dalam diri kita, bukan diturunkan dari atas.

Pengertian umum orang Kristen tentang “menjadi terang dunia”: kita hidup normal dengan baik dan ramah kepada semua orang. Tapi Yesus berkata:

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Mat 5: 16)

Menjadi terang yang bersinar artinya kita bekerja dengan baik, dan hasilnya dilihat oleh banyak orang, kemudian mereka yang melihat pekerjaan kita memuliakan Tuhan.

Kita tidak dapatkan pemberdayaan Tuhan karena kita tidak meminta.
Kita tidak meminta karena kita tidak percaya.
Kita tidak percaya karena tidak ada yang mengajarkan pada kita bahwa kasih-karunia adalah pemberdayaan Allah

Kasih-karunia yang dialami ps Bevere:
Ps Bevere sangat buruk dalam pelajaran bahasa Inggris. Maka saat Tuhan perintahkan untuk menulis buku, ps Bevere mengabaikannya. Tapi setelah dua hamba Tuhan mengatakan hal yang sama, perasaan takut akan Tuhan muncul, kemudian ps Bevere meminta anugerah Tuhan. Sekarang ini ps Bevere sudah menulis 15 buku, dalam 64 bahasa, dan terjual jutaan copy.

Kita ada sebagaimana kita ada karena kasih karunia Allah; bukan karena pendidikan, keturunan, negara, atau hal lain.

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, (1Kor 15: 10a)

Maillist:
http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/

Korespondensi:
antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 24D0C381
WhatsApp, Line, WeChat, Kakao, Viber – 085 727 868 064