Minggu, 15 Desember 2013
Kunci Daud
Petrus Agung

Akhir Jaman
Alkitab ajarkan pada kita untuk memperhatikan tanda-tanda di langit berkaitan dengan akhir jaman.

dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit(Luk 21:11b)

Pada tahun 2014 akan terjadi 2 kali gerhana bulan , sehingga warna bulan jadi merah seperti darah dan disebut blood moon. Kedua gerhana itu terjadi bertepatan dengan hari raya Yahudi: Paskah dan Pondok Daun. Pada tahun 2015 akan terjadi 2 kali gerhana matahari, salah satunya terjadi pada tahun baru Yahudi.
Di masa sebelumnya jika peristiwa ini terjadi (2 kali blood moon diikuti 2 kali gerhana matahari), maka selalu terjadi sesuatu yang berkaitan dengan orang Israel. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1948 dan 1967. Tahun 1948 negara Israel merdeka. Tahun 1967 Israel merebut kota Yerusalem dari tangan kerajaan Yordania.

Fenomena politik saat ini:
Di Amerika: melalui Obama care, muncul chip RFID yang sangat kecil, yang dipasangkan di tubuh manusia. Dengan chip itu seseorang bisa menikmati berbagai fasilitas pemerintah.
Di timur-tengah: Iran dan negara-negara barat mulai berdamai dan mendekat. Hal ini tidak disukai oleh Israel dan Arab Saudi, dan kedua negara ini mulai melakukan perundingan. Semua ini menggiring pada perjanjian damai di timur-tengah. Hal ini membuka kesempatan bagi Israel untuk membangun Bait Suci. Begitu Bait Suci dibangun, maka akan terjadi nubuatan Alkitab yang menyatakan pembinasa keji memasuki Bait Suci dan menajiskannya. Baru di saat itulah orang Yahudi sadar bahwa dialah mesias palsu, dan Yesuslah Mesias yang sebenarnya.

Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel–para pembaca hendaklah memperhatikannya (Mat 24: 15, Mrk 13: 14)

Ini artinya kita hidup pada masa di mana Yesus akan datang yang kedua di awan-awan dan menjemput gerejanya. Sebelum semua itu terjadi, dunia harus mengalami lawatan yang luar biasa. Karena sebelum bangsa Israel jasmani diselamatkan, jumlah bangsa-bangsa non Yahudi yang selamat harus genap. Saat lawatan terjadi, otoritas gereja akan sangat besar, sekaligus menikmati berkat yang luar biasa untuk mendanai kegerakan Tuhan.

Di masa hidupnya, ayah dari p Yusak Cipto sharing tentang akhir jaman dengan p Agung. Dia berkata bahwa yang sanggup bertahan menghadapi antikris hanyalah orang Yahudi asli. Sedangkan orang Kristen sebagai Israel rohani tidak akan tahan. Masalahnya tidak semua orang yang percaya Yesus akan mengalami pengangkatan.

Keledai
Minggu lalu datang pdt Avshin, orang Iran dan sekarang menetap di Kanada. Selama 20 tahun lebih pdt Avsin melayani saudara-saudara sepupu. Kemudian P Agung tunjukkan lawatan Tuhan yang sudah terjadi di Indonesia. P Agung bertanya apakah peran dan yang akan terjadi dengan mereka berkenaan dengan kedatangan Tuhan yang kedua.

Selama ini kita melihat tanda-tanda kedatangan Tuhan pada Israel. Tapi Ismael juga anak Abraham. Ps Avshin berkata bahwa di akhir jaman Ismael akan kembali ke rumah Bapa. Saat Tuhan masuk Yerusalem baru, tandanya adalah kegerakan besar di antara mereka.

Saat Yesus masuk Yerusalem, dia menunggang keledai muda yang sudah dijinakkan, tertambat, dan belum pernah ditunggangi orang lain. Saat itu orang-orang berteriak menyambut Yesus sebagai Mesias. Ps Avshin percaya bahwa kelak Yesus masuk Yerusalem baru dengan “menunggang keledai”. Saat lahir, Yesus diletakkan di palungan. Palungan adalah tempat makan keledai.

Lembu mengenal pemiliknya, tetapi Israel tidak; keledai mengenal palungan yang disediakan tuannya, tetapi umat-Ku tidak memahaminya. (Yes 1: 3)

Analogi sederhana:
Begitu Tuhan mememulai karya penyelamatan dengan lahir di dunia, Dia diletakkan di palungan. Di akhir pelayananNya, Yesus memasuki kota Yerusalem dengan menunggang keledai yang belum pernah ditunggangi orang lain. Artinya Yesus memulai dan mengakhiri pelayananNya di dunia dengan keledai. Maka sangat mungkin Yesus akan masuk Yerusalem baru juga dengan menunggang keledai. Keledai liar adalah Ismael.

Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. (Mat 5:5)

Istilah “lemah lembut” digunakan petani untuk menyebut keledai liar yang sudah dijinakkan. Maka “lemah lembut” berarti great power under control – kekuatan besar yang terkontrol.
Dari bangsa Indonesia akan menghasilkan banyak hal yang mempengaruhi seluruh dunia. Bahtera sudah pergi ke hampir seluruh dunia dengan membawa terang Injil. Saat terang Injil memberkati semua bangsa, itu akan mempersiapkan berkat secara jasmani bagi kita.

Kunci Daud
Saat berita second coming disampaikan, banyak yang ber-respon salah: menjual semua miliknya, lalu hanya berdoa dan menunggu Tuhan. Padahal Alkitab berkata:

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.
(Mat 24: 46, Luk 12: 37a, Luk 12: 43)

Saat ini bagian kita adalah melakukan tugas kita semaksimal mungkin. Sehingga kapanpun Tuhan datang, Dia akan mendapati kita sedang melaksanakan tugas kita. Jika kita hanya diam saja dan tidak lakukan tugas kita, maka kita pasti akan tertinggal karena tugas kita terbengkelai.

Untuk melakukan tugas kita hingga tuntas, Tuhan akan memberikan kunci Daud kepada kita.
“Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.(Why 3:7)

Nanti saat kunci Daud ini bekerja maksimal, maka akan muncul orang-orang dengan otoritas seperti 2 saksi di kitab wahyu: perkataannya mampu mengendalikan alam, dan otoritas rohaninya hebat.

Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya (Why 11: 6)

Jika ini terjadi, kita bisa perkatakan “terbuka” untuk semua hal yang selama ini tertutup bagi kita. Kita juga bisa katakan “tertutup” bagi hal-hal buruk yang selama ini terbuka di hidup kita.

Contoh dalam skala kecil: Arak-arakan di Philadelphia- Amerika Serikat, cuacanya buruk. Sebelum acara berlangsung, anak-anak Tuhan lakukan doa peperangan, dan hujan bisa batal.

Yes 22: 20-22
Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (Yesaya 22: 22)

Ayat 22 tidak akan terjadi sebelum ayat 21 digenapi:
Aku akan mengenakan jubahmu kepadanya dan ikat pinggangmu akan Kuikatkan kepadanya, dan kekuasaanmu akan Kuberikan ke tangannya; maka ia akan menjadi bapa bagi penduduk Yerusalem dan bagi kaum Yehuda. (Yes 22: 21)

Kunci Daud otoritasnya sangat besar. Sebelum mendapatkan kunci Daud, ada 4 perlengkapan dari Tuhan yang harus kita terima:

1. Jubah
Aku akan mengenakan jubahmu kepadanya (Yes 22: 21a)

Jubah adalah pakaian terluar, dan menggambarkan status seseorang. Contohnya TNI atau Polisi, status seseorang ditentukan baju dan tanda pangkatnya.

1Sam 18: 3-5
Begitu Daud menerima jubah Yonatan dan kelengkapannya, Daud selalu berhasil memenangkan pertempuran. Dalam terjemahan lain “selalu berhasil” dikatakan: behave wisely (berlaku bijak).

Seseorang dengan otoritas besar akan menimbulkan berbagai masalah jika perilakunya tidak bijak

Jubah mempengaruhi tindakan seseorang:
Jubah putra mahkota yang Daud kenakan membuatnya bertindak berbeda.
Setelah mengenakan jubahnya, Yusuf bertindak dewasa

Secara rohani, kita masing-masing punya jubah rohani. Kita harus minta jubah kedewasaan dari Tuhan, yang sesuai dengan otoritas besar yang akan Tuhan berikan kepada kita.

Pengaruh jubah di Alkitab:
Saat Saul merobek jubah Samuel, kerajaan dikoyakkan dari Saul.
Saat Saul mengejar Daud, Daud memotong punca jubah Saul. Maka Saul mengakui Daud lebih besar, dan kelak menggantikan Saul menjadi raja Israel.
Harun dan Miriam memberontak terhadap Musa. Yang terkena kusta hanya Miriam. Jubah jabatan imam besar Harun memproteksinya. Saat jubah imam dilepas, Harun langsung mati.
Saat Elisa menerima jubah Elia, artinya Elisa mendapat hak kesulungan. Alkitab mencatat Elia membuat 7 mujizat, sedangkan Elisa membuat 14 mujizat.

Kita harus mengingini jubah yang dari Tuhan, karena itu akan mengubah hidup kita
Jubah dari Tuhan membuat kita bertindak bijaksana dan tidak dikuasai hawa nafsu dan amarah

Orang dengan otoritas besar yang tidak berperilaku dengan bijak, akan jadi orang yang berbahaya. Jika perilaku kita tidak dewasa: kekanak-kanakan, mudah menyerah, mudah tersinggung, egois, maka Tuhan tidak akan berikan kunci Daud pada kita.

Tuhan sangat perduli pada proses. Bahkan saat menjalani penangkapan hingga mati di salib, Yesus tidak mau memotong atau memperingan proses. Jika Tuhan kuat melalui proses, maka kita juga akan dimampukan Tuhan untuk melalui semua proses kita.

Setiap orang seperti benih yang memiliki potensi kehidupan di dalamnya. Setiap benih memiliki kulit luar/ shell. Jika kita ijinkan Tuhan memecahkan kulit luar itu, barulah semua potensi di dalam kita keluar. Tapi jika kita tidak ijinkan, maka potensi kita tidak pernah akan keluar.

2. Ikat Pinggang
dan ikat pinggangmu akan Kuikatkan kepadanya (Yes 22: 21b)
And strengthen him with your belt (Yes 22: 21b, KJV)
Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan (Ef 6: 14a)
Fungsi ikat pinggang:
2. 1. Tempat meletakkan sarung pedang
Jika punya kunci Daud, kita tahu cara berperang!
Di Amerika sedang ada perang besar terhadap keKristenan, dan Amerika menuju negara ateis-sekuler. Mereka tidak belajar bahwa negara-negara Eropa pernah hancur satu demi satu saat mereka meninggalkan Tuhan.

Setelah bangkit dari antara orang mati dan sebelum Tuhan Yesus naik ke Surga, Dia berikan otoritas:
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, (Mrk 16: 17)

Ini adalah otoritas untuk melakukan peperangan rohani.

2.2.Tempat meletakkan kantong uang.
Kita harus tahu bagaimana menjarah dan mengelola keuangan dengan baik. Harta saja tanpa kemampuan berperang menyebabkan iblis bisa merampok kita dengan mudah.

2.3. Pelindung kemaluan
Keinginan daging kita harus dikendalikan: harta, tahta, dan nafsu seksual.

3. Tanggung jawab
I will commit your responsibility into his hand. (Yes 22: 21c, KJV)
Kuasa yang besar harus diimbangi dengan tanggung jawab. Jika tidak, semua akan hancur.

Gal 6: 4-6
Each of you must take responsibility for doing the creative best you can with your own life. (Gal 6:5, MSG)

Tanggung jawab bukan hanya untuk bertahan, tapi untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif di depan.
Kita harus kerjakan apapun yang Tuhan berikan kepada kita dengan tanggung-jawab penuh !

Saat kita kerjakan tugas kita dengan bertanggung-jawab, orang lain akan menilainya dan memberikan apresiasi, dan mengangkat kita. Dan itu harus dimulai dengan hal yang sederhana.

4. Hati Bapa
maka ia akan menjadi bapa bagi penduduk Yerusalem dan bagi kaum Yehuda. (Yes 22: 21d)

Jika punya hati Bapa, kita tidak akan melihat orang lain yang berkembang potensinya sebagai musuh

Jika kita hanya punya “hati kakak”, reaksi kita bisa seperti si sulung yang marah dan memusuhi saat si bungsu balik ke rumah.

Musa memiliki “hati Bapa”. Saat 70 orang tua-tua dikumpulkan, tapi 2 orang tidak bergabung. Tapi semua kepenuhan, termasuk 2 orang yang tidak hadir. Yosua melaporkan hal ini pada Musa dan meminta Musa mencegahnya, tetapi Musa justru bersyukur dan tidak mempermasalahkan.

Ketika kita punya posisi sebagai pemimpin, bos, jendral, kakak; tapi jika tanpa hati Bapa, maka akan menjadi masalah.

Tuhan hanya berikan kunci Daud pada orang yang memiliki hati Bapa, karena orang itu tidak akan bertindak semena-mena kepada yang lebih muda.

Pengumuman:
Sabtu sore 15:00 meeting leaders di Holy Stadium
Ibadah tutup tahun – 31 desember 2013. Setiap jemaat masing-masing bawa 2 jiwa baru.
Seminar dengan tema kedatangan Tuhan dan pengangkatan. 7 dan 8 Januari 2014.
14, 15, 16 Februari 2014 – ps Kong Hee, City Harvest, Singapore
Maret awal – ps Bill Wilson
Juli pertengahan – ps Benny Hinn

Maillist: http://groups.yahoo.com/group/MinyakCadangan/
Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antonius_fw@yahoo.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 24D0C381
WhatsApp – 085 727 868 064