Minggu, 02 Maret 2014
What do You See ?
Bill Wilson

Saat kecil, ibu dari ps Bill yang seorang pemabuk, dia meninggalkan ps Bill sendirian di pinggir jalan. Setelah 3 hari kelaparan, ada seseorang yang berhenti, memberi makanan dan minuman, lalu mengirim ps Bill ke kamp sekolah minggu. Di sana untuk pertama-kalinya ps Bill dengar tentang Tuhan Yesus. Orang itu mau berhenti walau anaknya sendiri menderita Leukimia di rumah sakit. Keberadaan ps Bill saat ini adalah bukti nyata bahwa 1 orang Kristen biasa bisa memilih untuk membuat perubahan. Program “Sponsportship” Metro dirancang untuk menyelamatkan sebanyak mungkin anak yang dibuang oleh orang tuanya. Sehingga suatu hari nanti anak itu bisa dipakai Tuhan secara luar biasa!

Kesaksian: Seorang wanita yang tinggal di tempat pembuangan sampah melihat seorang pria membuang anaknya yang buta, dan anak itu hampir terlindas truk sampah. Wanita itu lari dan menyelamatkan anak itu di saat terakhir, lalu memeliharanya seperti salah satu anaknya.

Ketika Kristus menyentuh kita, maka tidak perduli siapapun kita, dan apapun posisi kita, maka kasih Kristus itu akan mendorong kita melakukan sesuatu.

Yoh 20: 1-8 – Kisah ini bukan sekedar kisah kebangkitan Yesus. Ps Bill ingin mengajak jemaat melihat keluar melampaui dunia kita yang kecil. Saat kita bisa melihat sebuah kenyataan di depan mata kita, itu akan mengubah hidup kita.

Di setiap momen dalam hidup, kita harus memutuskan: apa yang kita lihat ?

Air mendidih di 100 derajat, tapi penguapan belum terjadi di suhu yang dibawahnya. Saat api menyentuh air, maka panasnya akan mengubah bentuk air menjadi bentuk lain dan tidak dikenali lagi. Saat api Roh Kudus menyentuh dan menyatu dengan kita, maka sesuatu akan terjadi, Dia mengubah hingga kita jadi begitu berbeda dari diri kita sebelumnya. Inilah yang ps Bill harapkan terjadi pada beberapa di antara yang hadir: berubah, bahkan ikut bergabung untuk menolong anak-anak terlantar secara langsung.

3 teman terdekat Yesus: Maria, Petrus dan Yohanes, datang ke kubur yang kosong, dan mereka melihat sesuatu. Mereka adalah teman dekat Yesus, kenal pribadi Yesus, menyaksikan mujizatNya, mendengar pengajaranNya. Mereka juga mendengar nubuatan Yesus tentang diriNya sendiri bahwa Yesus akan mati dan bangkit di hari ketiga. Maka saat melihat kubur yang kosong, seharusnya mereka langsung tahu bahwa Yesus menggenapi nubuatanNya. Tapi 2 dari 3 murid itu tidak mengerti apa yang mereka lihat.

Jemaat Jki setiap minggu mendengar dan menyaksikan semua pelayanan dan penjangkauan yang dilakukan gereja. Tapi tidak semua jemaat melihat hal itu secara benar.
Pagi ini ps Bill bangun jam 4, menyaksikan ada 400 bayi Chinese yang akan dijual. Apa yang kita “lihat” dari berita ini?

Foto: seorang wanita dengan perut besar tergeletak dan berdarah di pinggir jalan. Wanita itu “terlihat” sedang hamil. Tim Metro membawanya ke rumah sakit. Ternyata benjolan besar di perut itu adalah tumor besar, dan bukan bayi. Apa yang kita lihat dan duga di awal, ternyata bisa salah !

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. (Yoh 20: 1)
Kata “melihat” di ayat ini adalah blepō = βλέπω (G991) = melihat dengan mata jasmani.
Orang pertama yang datang ke kubur adalah Maria. Maria melihat ke kubur yang kosong, melihat batu sudah terguling, tapi tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Maria tidak sadar bahwa dia sedang menyaksikan mujizat yang memisahkan antara ke-Kristenan dengan agama lain.

Saat ke Afrika Selatan, selesai khotbah seseorang membawa anak yang punya tumor besar di wajahnya. Saat ps Bill menumpangkan tangan pada tumor anak itu untuk mendoakannya, beberapa orang lain yang hadir bergerak menjauh.

Kadang saat melihat sesuatu kebutuhan, ada beberapa orang yang bergerak ke arah kebutuhan itu, tapi ada juga yang justru bergerak menjauh.

Foto: saat ke Negeria, ps Bill dan rekannya dikejar menggunakan mobil. Salah satu temannya cacat permanen karena dilindas oleh mobil itu. Apa yang kita lihat?

15 tahun yang lalu ps Bill menumpangkan tangan ke tanah kosong yang saat ini adalah gedung Holy Stadium. Saat itu ps Bill melihat sesuatu yang lebih dari sekedar tanah kosong.

Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, (Yoh 20: 6)
Kata “melihat” di ayat ini adalah theōreō = θεωρέω (G2334) = melihat dengan pikirannya / berteori.
Petrus muncul, dan melihat sama seperti yang Maria lihat. Lalu dia menganalisa, mengembangkan teori di pikirannya. Petrus berusaha membuat dugaan dan perkiraan: apakah Yesus sudah bangkit atau tidak. Tapi Petrus tidak mengerti.

Foto: kue dari lumpur yang dikeringkan. Kue ini dibuat untuk anak-anak di Haiti yang sedang sekarat, sehingga mereka mati dengan tenang dan tidak menjerit-jerit. Apa yang kita lihat?

Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. (Yoh 20: 8)
Kata “melihat” di ayat ini adalah eidos = εἶδος (G1491) = melihat dengan hati dan percaya.
Yohanes datang dan melihat hal yang sama, dia melihat dan percaya. Yohanes melihat “hal yang sama” itu dengan hatinya, tidak dengan mata fisik atau pikirannya.

Foto: Seorang anak sekarat di dekat kantor pelayanan Metro di Haiti. Sebagian wajahnya tertutup tumor, dan anak itu tidak bisa makan apapun. Ps Bill berusaha dengan segala cara membawa anak itu untuk operasi di Amerika: membeli akte palsu, membeli paspor palsu, melanggar hukum. Banyak dokter tidak mau melakukan operasi karena menurut mereka anak itu pasti mati. Ps Bill tidak mau menyerah karena dulu pernah ada 1 orang yang tidak putus asa melihat kondisi ps Bill kecil. Setelah 7,5 jam di kamar operasi, kondisi anak ini memburuk. Ps Bill minta semua tim dokter untuk tidak menyerah. Akhirnya anak itu selamat.
Semua orang berkata bahwa anak itu tidak mungkin hidup, tapi ps Bill melihat sesuatu yang tidak dilihat orang lain. Saat ini anak itu masih kecil, tapi suatu saat dia akan tahu bahwa ada seseorang yang tidak menyerah saat kondisinya parah.

Kita harus bisa melihat dengan hati kita, sehingga kita bisa benar-benar mengerti apa yang kita lihat!

Program sponshorship ps Bill Wilson adalah memberikan donasi Rp 280.000,- / bulan kepada setiap anak, selama 2 tahun.

Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 24D0C381
WhatsApp , WeChat, Line, Viber – 085 727 868 064