Minggu, 02 November 2014
Creative Miracle
Petrus Agung

P Agung mendapat sebuah kalimat inspiratif (quote) dari pembatas buku yang diberikan sebuah hotel:

now I see the secret of making the best person: it is to grow in the open air, and to eat and to sleep with the earth
sekarang aku tahu rahasia untuk menciptakan orang terbaik: tumbuh di alam terbuka, dia makan dan tidur dengan bumi/ tanah

Orang yang hidup dengan alam terbuka adalah orang-orang yang keluar dari kemah masing-masing, berani melakukan perjalanan, dan untuk sementara tidak ada tempat tinggal yang nyaman, yang ada hanya pergulatan dan perjuangan yang seringkali tidak enak.

Orang yang berani keluar dari zona nyaman hidupnya, akan menjadi manusia yang lebih baik

Hampir semua tokoh Alkitab baru jadi besar saat mereka keluar dari zona nyaman.
Abraham meninggalkan Ur-Kasdim.
Ishak pindah dan menabur benih di tanah Filistin.
Yakub menyeberangi Yordan dan menghadapi Laban.
Yusuf semula dimanjakan ayahnya. Tapi setelah dia dijual jadi budak di Mesir, lalu dipenjara beberapa tahun.
Kisah-kisah Daniel, Sadrakh, Mesakh Abednego dikenal karena kisah mereka di Babel.
Kisah-kisah Ester dan Mordekhai terjadi di Media-Persia.
Kisah Yunus terjadi di Niniwe.
Daud lari belasan tahun dari Saul.
Rasul Paulus meninggalkan bangsanya dan menginjili bangsa-bangsa lain.
Yesus turun dari Surga dan menjadi manusia, mati dan bangkit bagi kita.

Semua jadi berhasil dan luar biasa saat seseorang keluar dari atap rumah mereka. Jika kita nyaman dengan hidup dan tidak mau keluar, maka itu membawa kerugian.

Yakub pernah menghasilkan mujizat penciptaan (creative miracle), dan diturunkan pada keturunan-keturunannya.

Kej 31: 7-13 – Laban mengubah-ubah upah Yakub, tapi Tuhan memberitahu cara mengatasinya.
Kej 30: 37-43 – Penjelasan teknis cara Yakub mengubah warna bulu anak domba yang lahir, sehingga beda dengan induknya. Ini adalah creative miracle (mujizat penciptaan). Kemungkinan yang berubah juga gen kambing.

Kita juga bisa menikmati kuasa penciptaan yang kreatif.

Keturunan Yakub adalah bangsa Yahudi, di seluruh dunia jumlahnya sekitar 17 juta (bandingkan penduduk Jawa Tengah yang jumlahnya sekitar 25 juta), mereka mempunyai kemampuan penciptaan yang luar biasa. Jika semua produk-produk yang ditemukan oleh bangsa Yahudi diboikot: pangan, obat-obatan elektronika, internet, dll; maka kita akan kembali ke jaman purba. Creatif miracle Yakub diturunkan pada keturunan-keturunannya hingga hari ini.

Rahasia keberhasilan Yakub.
1. Hak kesulungan
Yakub membeli hak kesulungan dengan sangat murah dari Esau. Orang yang punya hak kesulungan akan mendapat 2/3 dari kekayaan orang-tua, tapi biasanya juga punya kewajiban memelihara orang-tuanya seumur hidup.

Contoh orang yang punya hak kesulungan di masa kini:
Jika seseorang di dalam bisnisnya menghasilkan sesuatu yang maksimal dibanding yang lain.
Jika seseorang di dalam pelayanan kapasitasnya membesar dengan cepat dan jadi mayoritas.

Saat orang yang punya hak kesulungan masuk ke berbagai areal, mereka akan menguasai dengan cepat, menjadi mayoritas, walau mereka sering tidak menyadarinya.

Di dalam Yesus, kita semua punya hak kesulungan yang sama. Yang membedakan: yang satu punya kerinduan untuk mendapatkan hak tersebut, sementara yang lain tidak perduli.

Seseorang bisa menjadi anak sulung, anak kedua, atau anak bungsu, semua ditentukan Tuhan.

Hak kesulungan adalah sikap dalam hati yang berkata bahwa: Segala sesuatu dalam hidup ditentukan oleh Tuhan, jika terlepas dari Tuhan sedetik saja, kita akan habis.

Orang yang tidak bergantung kepada Tuhan tidak bisa menerima hak kesulungan.
Orang yang menerima hak kesulungan:
Tidak memiliki sifat memberontak terhadap Tuhan dan kehendakNya.
Tidak ada jiwa arogan yang keluar, yang merasa mampu tanpa Tuhan.
Mengutamakan Tuhan di atas semua yang lain: hoby, uang, kesenangan, dll.

Orang yang tahu dan mau punya hak kesulungan: akan selalu menempatkan pertimbangan dan perasaan Tuhan sebagai yang terutama.

Creative miracle menjamin dari yang tidak ada menjadi ada. Bahkan kita diberi hak untuk ikut menentukan. Maka jika tidak tergantung mutlak pada Tuhan, maka creative miracle ini akan jadi berbahaya.

Tuhan mau anak-anakNya duduk memerintah bersama Tuhan.

2. Tekanan hidup menghasilkan kreatifitas
Sebelum menemukan teknik untuk menghasilkan perubahan warna pada anak-anak kambing dan domba, Laban 10 kali merubah gaji Yakub.

Semua tekanan hidup memberi kita stage/ panggung untuk naik di atasnya.
Jalan buntu membuat kita bertemu Yesus, karena Yesus adalah jalan.

Sering orang Kristen tidak menyadari bahwa tekanan dan kesulitan yang kita alami adalah panggung yang disiapkan Tuhan bagi kita.

Semua tokoh Alkitab tidak muncul kecemerlangannya sebelum ada tekanan yang luar biasa. Abraham saat menunggu anak perjanjian, kemudian diminta menyerahkan Ishak

Ilustrasi:
Seekor burung dari wilayah tropis ingin tempat yang dingin, maka dia memisahkan diri dari rombongan dan terbang ke utara. Kemudian dia mulai merasakan dan menikmati salju. Saat salju jadi es, maka terbangnya makin berat, akhirnya jatuh ke tanah, lalu terbungkus salju. Burung ini berdoa minta tolong, dan berfikir bahwa penolong yang paling ideal adalah monyet, karena monyet memiliki tangan. Ternyata Tuhan mengirim kerbau untuk menolongnya. Burung berfikir: kerbau tidak punya tangan untuk menolong. Maka burung ini marah pada kerbau.
Ternyata bentuk pertolongan dari kerbau: burung dikencingi oleh kerbau. Kehangatan kencing kerbau melumerkan semua es pada sayap burung. Maka burung bisa terbang lagi (walau pesing).

Jika ada hal yang kelihatannya berat, katakan bahwa pertolongan Tuhan sedang datang.

3. Passion digabungkan imajinasi
Yakub mengambil 3 dahan: berangan, hawar, badam. Lalu dikerat hingga bintik-bintik dan belang-belang. Lalu diletakkan di depan domba saat mereka berkelamin, sehingga mereka melihat bintik-bintik dan belang-belang, lalu lahirlah anak yang bintik-bintik dan belang-belang.

Ini adalah gabungan antara yang terlihat dan terbayang di mata, dengan passion/ gairah.

Firman berkata: biarlah yang lemah berkata aku kuat, dan yang miskin berkata aku kaya. Artinya saat kita lemah, bisakah kita melihat bahwa diri kita kuat? Saat kita miskin, bisakah kita melihat diri kita kaya?

Contoh:
Aktor Jim Cerrey dulunya miskin. Dia menulis di tembok kamar bahwa penghasilannya 100 ribu dollar per-tahun. Setiap kali bangun tidur, dia melihat tulisan itu. Hari ini semua terjadi.

Tulis semua visi yang Tuhan berikan, sehingga orang bisa melihatnya sambil berlari.

Contoh aplikasi:
Saat butuh rumah, minta brosurnya, tempel di tembok. Doa ke Tuhan meminta berkat supaya bisa membeli rumah tersebut. Setiap kali lewat: tumpangi tangan, dan perkatakan semua jadi dalam nama Tuhan Yesus.

Semua orang yang disembuhkan Tuhan punya passion untuk sembuh:
Wanita yang 12 tahun pendarahan mendapat ide dari Roh Kudus, sehingga ia menarik kesimpulan, dan dilakukan: “asal kujamah jumbai jubahNya, maka aku akan sembuh”
Bartimeus yang buta berteriak: “Yesus anak Daud”, artinya dia percaya Yesus adalah Mesias. Saat dipanggil Yesus, dia lepas jubah mengemisnya, walau saat itu dia masih buta. Ini berarti Bartimeus yakin bahwa masanya untuk jadi orang buta dan pengemis sudah berakhir.

Setiap kali ada passion di hidup kita, maka akan Tuhan menghargainya

Tapi seringkali orang tidak punya passion dan impian.

Bagian dari creative miracle adalah sesuatu di luar imajinasi, tiba-tiba muncul, kemudian didorong oleh sebuah passion.

Saat gereja bermasalah dan terbelah pada tahun 1993, p Agung mulai punya imajinasi tentang Holy Stadium. Saat ini impian itu sudah jadi.

Aplikasi dalam kesembuhan Ilahi:
Semua gerakan tubuh diperintahkan dari otak. Alkitab berkata: “oleh bilur Yesus kita sudah sembuh” Maka perintahkan apapun di hidup kita: kesembuhan, lemak berlebihan, tinggi badan kurang, keuangan, dll.

> Klip kesembuhan (di Afrika)
> Perjamuan kudus
> Doa kesembuhan

Pengumuman: Sabtu Tgl 8 Nov 2014, 15:00 WIB, doa di GBK, Jakarta

Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp 085 727 868 064