Minggu, 21 Desember 2014
Holy Spirit is The Master Key
Petrus Agung

Roh Kudus adalah kunci utama untuk segala-galanya, juga untuk membuka gerbang apapun di hidup kita. Kita akan bisa memasuki gerbang lain dengan jauh lebih mudah (keajaiban, terobosan, hujan awal-hujan akhir, kabod, generasi Yoel) jika sudah dilengkapi dengan pengenalan akan Roh Kudus.

Luk 2: 25-32
Simeon sudah menunggu lama janji Tuhan dalam hidupnya, yaitu bertemu Mesias. Sebenarnya kemungkinan penggenapannya kecil, karena Simeon tidak tahu kapan terjadi, di mana lokasinya, seperti apa bentuk Mesias yang akan ditemui, bagaimana caranya, dll.
Hal yang sama saat kita memilih salah satu gerbang. Misal gerbang keajaiban. Maka yang jadi pertanyaan: kapan terjadinya, di mana terjadinya, seperti apa bentuknya, bagaimana kita bisa mengerti jalannya.

Dalam kisah di atas Simeon menerima 3 hal dari Roh Kudus, sehingga janji Tuhan tergenapi.

1. Roh Kudus ada di atas Simeon

Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya, (Luk 2: 25)

Ada 3 ungkapan tentang Roh Kudus : in us (di dalam kita), with us (bersama kita), upon us (di atas kita). 3 ungkapan ini menunjukkan perbedaan kerja Roh Kudus.

In us – Roh Kudus memeteraikan dan menguatkan kita. Begitu terima Tuhan Yesus, ada Roh Kudus di dalam kita, artinya me-meterai-kan kita sebagai anak-anak Tuhan.
With us – Roh Kudus sebagai pembimbing kita, mendampingi sebagai sahabat, menghibur, mengajar, menuntun jalan setiap hari kepada seluruh kebenaran.
Upon us – Roh Kudus mengurapi kita.

The Spirit of the LORD is upon Me, because He has anointed Me to preach the gospel to the poor; He has sent Me to heal the brokenhearted, To proclaim liberty to the captives and recovery of sight to the blind, to set at liberty those who are oppressed; (Luk 4: 18, NKJV)

Frase “Roh Tuhan ada padaku” dalam bahasa Inggris: “Roh Tuhan ada di atasku”. Begitu seseorang diurapi Roh Kudus, dia bergerak bukan sebagai manusia biasa, tapi sebagai orang yang dikuasai Roh Tuhan.

Contoh:
• 1Sam 10: 6 – perkataan Samuel pada raja Saul. Saul semula adalah seorang yang minder. Begitu roh Tuhan berkuasa atasnya, dia berubah menjadi manusia lain.
• Saat Roh Tuhan menguasai Simson, dia bunuh banyak lawan hanya dengan rahang keledai.
• Saat Roh Tuhan hinggap di atas Elisa, Elisa bernubuat pada 3 raja yang kehausan, maka menemukan mata air.

Saat orang biasa diurapi Roh Kudus, maka dia akan berubah jadi manusia lain

Kita harus merindukan pengurapan Roh Kudus setiap hari. Karena saat Roh Kudus mengurapi kita, apapun yang kita sentuh, yang semula tak bernilai dan tak berarti, akan jadi bernilai dan berarti. Karena Roh Tuhan adalah Roh kehidupan, apapun yang disentuhNya jadi hidup.

Kesaksian
Sering saat KKR kesembuhan, p Agung menghadapi masalah yang sulit. Misal: tim pujian sudah berlatih, maka tidak bisa lagunya digeser, jika digeser akan ada yang marah. Atau saat akan khotbah, ada masalah yang mengganggu. Tapi saat pengurapan Roh Kudus turun, maka p Agung bisa melayani tanpa terganggu oleh situasi yang ada.

Saat Roh Kudus turun atas kehidupan kita, kita boleh hadapi apapun, maka akan bisa mengatasi dengan cara yang berbeda dari respon biasanya.

Alkitab berkata “Jangan menjamah orang yang diurapi Tuhan”. Ini karena Roh Kudus sedang mengurapi orang itu menjadi seorang yang berbeda.

Kesaksian
Connie Broom (pendoa ps Morris) mengajar di Impact 2 tahun yang lalu. Suatu kali dia me-nubuat-kan bahwa counter kosmetik milik Kezia akan sukses, dan saat ini sudah terjadi. Jika Kezia saat itu meragukan nubuatan itu, maka yang ditolak bukan Connie, tapi orang yang sedang diurapi.

Saat seseorang bernubuat dan menyampaikan pesan Tuhan, Roh Tuhan ada di atasnya, kita bisa meresponi dengan meng-amin-kan, atau justru mentertawakannya. Tapi jika mentertawakan, maka kita akan berada dalam masalah. Yang membedakan respon adalah sikap hati masing-masing.

Kesaksian
Saat pembelian JKI permata, JKI berhutang pada bank. P Yusak menyampaikan pesan pada p Agung: “jangan bergantung pada manusia, karena akan susah membayarnya”. Di luar p Agung menjawab “amin”, tapi di dalam hati berkata “semua orang juga tahu bahwa tidak boleh mengandalkan manusia, masak begitu itu pesan Tuhan ?”. Ini sebuah kesombongan. Harusnya respon p Agung adalah berdoa meminta kepada Tuhan supaya hatinya dijagai sehingga tidak geser kepada manusia.
Saat itu total kebutuhan untuk pelunasan dan renovasi 700 juta. Dua minggu setelah pesan Tuhan itu, p Agung bertemu dan makan siang dengan seseorang yang merupakan tangan kanan dari seorang konglomerat. Orang ini bercerita bahwa dian dan 6 temannya baru saja membantu seorang hamba Tuhan Jakarta untuk membangun gereja sebanyak 7M. Lalu orang ini menawarkan bantuan untuk pembangunan gereja JKI, dan minta p Agung membuat proposalnya. Proposal sudah diterima yang bersangkutan, tapi sampai hari ini yang bersangkutan lupa, dan tidak pernah ada bantuan apapun. Sejak saat hati p Agung jadi bergeser dan berharap pada manusia. Akibatnya keuangan gereja merosot, bahkan gereja hampir di sita bank.

Jangan remehkan Firman Tuhan yang disampaikan siapapun, se-sederhana apapun itu. Sebab jika saat itu Roh Tuhan sedang turun atas hidup seseorang dan dia mulai memperkatakan kebenaran Firman Tuhan, lalu kita mencemooh, maka kita sedang menjamah orang yang diurapi Tuhan.

Bukan manusianya yang kita “dewa” kan, tapi saat Roh Kudus sedang turun seseorang maka dia menjadi manusia lain.

Kita tidak bisa beralasan bahwa kita tulus, karena ada saat-saat dimana ketulusan tidak terlalu berguna. Contohnya saat Uza ingin menyelamatkan Tabut yang tergelincir, Uza justru disambar Tuhan dan mati.

Jika seseorang tidak memiliki penguasaan diri dan mudah meledak marah, maka hidupnya dalam bahaya jika berdekatan dengan pengurapan Tuhan.

Apapun pekerjaan kita, setiap hari minta Roh Kudus mengurapi kita, sehingga kita berubah jadi manusia lain, sehingga kita akan bekerja dengan berbeda.

2. Roh Kudus memberikan pewahyuan kepada Simeon

dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.(Luk 2: 26)

1Kor 2: 10-12 – Tidak ada orang yang tahu apa yang sedang kita pikirkan. Yang tahu hanya kita dan Tuhan. Saat berdoa, kita ingin doa kita didengar Tuhan. Tapi ada banyak kedagingan di hidup kita yang tidak memungkinkan Tuhan untuk memberikan berbagai hal karena cintaNya kepada kita. Kita tidak bisa menghadap Bapa jika tidak di dalam nama Tuhan Yesus, artinya kita dibungkus oleh Yesus, sehingga Bapa melihat Yesus dan bukan melihat kita. Tetapi Roh Kudus-lah yang tahu apa yang harus kita minta, dan bagaimana cara memintanya kepada Bapa. Karena Roh Kudus mengerti pikiran dan hati Bapa, Roh itulah yang Tuhan berikan dan ada bersama kita.

Contoh aplikasi:
Jika ingin meminta sesuatu, lebih dulu konsultasikan pada Roh Kudus : “Roh Kudus, aku ingin sesuatu, menurutMu bagaimana ? Boleh atau tidak?”. Jika itu kita ikuti, maka akan berhasil.

Kesaksian
P Samuel Elkana meminta p Agung melayani ulang tahun pemilik Green Wood, padahal saat itu harusnya melayani doa di gereja. Awalnya p Agung menolak, tapi Roh Kudus minta p Agung untuk melayani. Pemilik perumahan mengajak p Agung melihat-lihat rumah contoh. Karena merasa tidak punya uang, saat ditanya mana yang berkesan, dipilih yang paling besar plus perabotan lengkap. Pemilik kemudian menghitung semua biayanya.
Saat fax rincian biaya datang, harganya luar biasa mahal. Saat p Agung akan merobek rincian itu, Roh Kudus berkata: “ini saatnya minta kepada Bapa di Surga”. Saat akan berdoa di kamar, Roh Kudus berkata “doa seperti raja Hizkia”. Maka rincian harga itu p Agung hadapkan ke Tuhan, lalu diletakkan di atas lemari. Beberapa hari kemudian, saat tidur, p Agung mendapat mimpi ada suara yang mengatakan bahwa p Agung akan mendapat rumah baru.
Saat pemilik perumahan menelepon, p Agung jujur berkata bahwa itu diluar kemampuannya. P Agung berat memberi target pembayaran per-bulan, karena itu berarti motivasi p Agung sebagai hamba Tuhan berubah dan geser pada uang. Akhirnya pemilik perumahan itu menyerahkan rumah itu pada p Agung dengan cara gratis: tanpa uang muka, angsuran terserah sampai kapan, jumlah angsuran bebas, tanpa bunga. Lebih ekstrim dari penawaran ini adalah gratis, tapi Roh Kudus melarang p Agung mendapat rumah secara gratis, tapi harus membayar.
6 bulan pertama p Agung hanya bisa angsur 3 juta per bulan. Seorang teman p Agung bergurau: p Agung menghambat Yesus datang untuk kedua-kalinya. Karena jika diangkat masih hutang, tapi Tuhan tidak enak hati jika tidak diangkat. Hal ini p Agung hadapkan ke Tuhan, dan Tuhan minta p Agung segera lunasi. Ternyata dalam 3 bulan berkat Tuhan begitu luar biasa, sehingga bisa melunasi rumah itu. Semula pemilik perumahan berfikir menolong seorang hamba Tuhan, ternyata si hamba Tuhan yang menolongnya saat butuh dana cair di krisis moneter 98.

konsultasikan semua hal pada Roh Kudus, Dia akan tunjukkan mana yang penting bagi kita.

3. Roh Kudus mengatur ritme hidup Simeon.

Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. (Luk 2: 27a)

Simeon digerakkan oleh Roh Kudus untuk datang ke bait Allah, karena itulah saat yang paling tepat.

Roh Kudus-lah yang memberikan tahapan-tahapan pada kita hingga mencapai keberhasilan

Saat 3 hal kita miliki: Roh Kudus di atas, memberikan pewahyuan, dan membimbing langkah-langkah kita, maka kita akan alami sesuatu yang luar biasa.

Kesaksian
Saat akan melayani di jerman, paspor hilang. Mood p Agung sudah hilang, tapi harus tetap melayani.
Saat tim ke Mamuju hilang, p Agung resah, tapi tetap bisa mengisi retret seolah-olah tidak terpengaruh. Ini karena p Agung melayani di bawah pengurapan Roh Kudus.

Roh Kudus ingin menggerakkan hidup kita. Roh Kudus tidak pernah merasuki kita, tapi ingin kita memberikan kesempatan padaNya untuk memimpin kita.

Tahun depan adalah tahun Yobel bagi Israel. Tapi juga Yobel bagi bangsa Indonesia. 30 sept 2015 adalah peringatan 50 tahun peristiwa G30SPKI. Saat itu ada banjir darah di Indonesia. Hutang darah atas bangsa Indonesia dihapus Tuhan, dan kutukannya selesai, sehingga Indonesia jadi bangsa yang luar biasa.

Setiap kali kita bisa kenali pekerjaan Roh Kudus, hidup kita akan alami mujizat yang ajaib, dan kita akan mendapat apa yag kita rindukan.

• Saat Yesus bertanya pada para muridnya: menurutmu siapa aku?”. Simon berkata “engkau adalah mesias”. Mesias = yang diurapi. Maka simon (buluh) berubah jadi Petrus (batu karang).
• Bartimeus mendengar rombongan Yesus lewat. Orang-orang berkata bahwa itu “Yesus dari Nazaret”. Tapi Bartimeus mengenali pekerjaan Roh Kudus, sehingga ia berteriak: “anak Daud”. Karena anak Daud adalah Mesias bagi orang Yahudi, yaitu “yang diurapi”. Maka dia berubah dari pengemis buta menjadi murid Tuhan yang tidak buta.
• Di loteng Yerusalem 120 murid menanti janji Tuhan. Roh Kudus mengurapi mereka. Saat Petrus mengenali pekerjaan Roh Kudus, 3000 orang diselamatkan dalam 1 hari.

Pengumuman
Natal JKI hari Rabu, 24 Desember 2014 jam 18:00. Di ibadah Natal jemaat akan masuk gerbang “pengenalan akan Roh Kudus “. Karena Roh Kudus adalah master key – kunci untuk segala-galanya.

Hamba Tuhan mimpi dibawa ke Surga, ada 5-6 ruangan. Hamba Tuhan ini melihat ada ruangan perjamuan yang dindingnya dari bahan kayu aras. Hamba Tuhan ini mendengar Tuhan berkata bahwa apapun yang p Agung inginkan di tahun depan akan Tuhan berikan. P Agung agak ngeri, karena janji ini sering jadi masalah buat daging kita.
Kayu aras kuat, usianya bisa ribuan tahun, ngengat dan rayap tidak mampu memakannya, jamur liar tidak bisa tumbuh.
Setiap janji Tuhan yang ajaib ada resiko karena daging kita tidak kuat. Tapi jika semua itu dibungkus kayu aras, maka gegat dan ngengat tidak bisa menghampirinya. Artinya ada jaminan dari Tuhan sehingga hati kita terpelihara jauh dari keduniawian walau Tuhan berkati kita secara ajaib.
Serbuk aras juga digunakan untuk pengkudusan bait Allah. Saat perayaan Natal, akan dibuat dupa khusus dari ekstrak kayu alas sebagai profetik bahwa hati kita dijagai Tuhan supaya tidak bergeser dari Tuhan Yesus.

25 Desember 2014 jam 10:00 : babtisan air di kapel baptis.
Mulai 28 Desember 2014 : acara bahtera, dimulai jam 8 pagi.
28 Desember 2014 jam 16:00 : jadwal tarian jki, akan ada mendoakan orang sakit.
31 Desember 2014 jam 22:00 : acara “fresh start” di depan patung rajawali.

Minggu lalu tim JKI ke Banjarnegara. Kondisinya parah, karena masih musim hujan. Support untuk banjarnegara sebaiknya berupa uang, nanti dibelikan bahan bangunan setelah bencana berlalu.

Dibutuhkan bantuan untuk memasukkan kertas ayat ke kotak “harta terpendam”

Persembahan/ perpuluhan di BCA 009 414 0583

Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064