Minggu, 16 Februari 2014
Minyak dan Anggur
Petrus Agung

Why 6: 1-6 – Kuda hitam dan penunggangnya.

Frase “Secupak gandum sedinar, ….” adalah peringatan akan kehancuran ekonomi. Kebutuhan makan seseorang umumnya secupak gandum untuk 1 hari, sementara upah harian sebesar 1 dinar. Artinya harga makanan meningkat 10 hingga 12 kali lipat, dan hasil kerja sehari hanya cukup untuk makan sehari, sedangkan yang lain: listrik, BBM, internet, pulsa, semua tidak terbayar.

Kesaksian
P Agung diundang menghadiri National prayer breakfast di Amerika. Dari kunjungan ke amerika selama 3 hari, p Agung menyimpulkan: ada kelompok yang ingin menguasai dunia secara keseluruhan, awalnya di bidang keuangan, ujungnya semua dibawa menyembah setan. Mereka ingin menggabungkan semua agama. Mereka menggiring opini bahwa agama menimbulkan konflik dan persoalan. Kemudian semua digabung, dan nilai yang diakui adalah yang universal, yang bisa diterima semua agama: hak asasi, saling menghormati dan menghargai, dll. Maka timbul kelompok iluminati, freemason, dll. Kelompok-kelompok ini menggunakan semua simbol agama, termasuk salib, bintang Daud, dll.
Maka yang harus kita amati bukan simbolnya, tapi spirit yang berkata bahwa semua sama dan bisa digabungkan. Kelompok ini menganggap perkataan Tuhan: “Akulah jalan, kebenaran dan hidup, …” tidak berlaku. Kelompok ini menguasai hampir seluruh keuangan dunia.

Why 13: 16-18 – Fase di mana kontrol terhadap ekonomi dunia terjadi. Tujuannya membawa semua manusia pada kebinasaan.

Cara mengatasi kuda hitam adalah dengan menyiapkan hidup kita untuk kedatangan Tuhan yang kedua. Setiap kali berdoa minta diangkat Tuhan saat Tuhan datang yang kedua kalinya.

Kesaksian
P Agung menghadiri tutup peti p Yuwono di usia 84 tahun. Beliau sudah menulis khotbah p Agung untuk dibagikan ulang selama lebih dari 20 tahun. Ada kutipan pernyataan di surat wasiatnya: ada kemungkinan selama ini Tuhan tidak terus terang kepada kita. Karena mungkin jika terus terang, tidak ada orang yang sanggup ikut Tuhan.

Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Mat 7: 23)

Kesaksian
Seorang anak Tuhan bekerja sebagai sekretasis dari salah seorang senator di Capitol Hill. P Agung bertanya apa yang dia perlukan untuk bisa bekerja dengan baik dan bertahan dalam kondisi yang kurang bersahabat bagi seseorang yang beragama, di jawab: kemampuan untuk peperangan rohani. Karena banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dengan logika manusia, dan yang dihadapi bukan kekuatan manusia biasa.

Kita harus berdoa menahan spirit antikris supaya tidak keluar sebelum waktunya.

Saat ini kuda hitam sudah mulai bekerja dalam skala kecil, dan banyak orang sudah kena imbasnya.

Cara mengatasi kuda hitam

Adapun makhluk yang pertama sama seperti singa, dan makhluk yang kedua sama seperti anak lembu, dan makhluk yang ketiga mempunyai muka seperti muka manusia, dan makhluk yang keempat sama seperti burung nasar yang sedang terbang (Why 4: 7)

Mahluk seperti singa memperingatkan tentang kuda putih (Why 6: 1-2)
Mahluk seperti lembu memperingatkan tentang kuda merah (Why 6: 3-4)
Mahluk seperti manusia memperingatkan tentang kuda hitam (Why 6: 5-6)
Mahluk seperti burung nasar memperingatkan tentang kuda hijau-kuning (Why 6: 7-8)

1. Hikmat – bijaksana – menghitung

Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam. (Why 13: 18)

Dalam ayat di atas ada 3 hal yang hanya dimiliki manusia: hikmat, bijaksana, menghitung. Inilah yang diperlukan untuk mengatasi kuda hitam.

Uang itu ada di mana-mana, hanya bergeser ke sana dan ke sini. Supaya uang itu bisa bergeser ke anak-anak Tuhan, maka harus bijaksana, berhikmat dan menghitung. Sayangnya banyak anak Tuhan yang kurang bijaksana, kurang berhikmat, dan salah menghitung, kalah cerdik dengan anak dunia.

Tuhan sangat ingin memberkati kita semua

Kesaksian:
Seseorang dibangunkan Tuhan 2:30 pagi, disuruh doa karena Tuhan akan memberkati dia pada pagi itu. Jam 10 pagi dia mendapatkan 100 juta.

Pengalaman di Osaka, Jepang:
P Agung membeli sebuah card-holder (tempat kartu nama). Walau barang yang dibeli harganya paling murah di toko itu, tapi pelayanan dan penghormatannya luar biasa. Belanjaan dibawakan, diantar ke pintu depan, saat meninggalkan toko dia menghormat dengan membungkuk hingga pelanggan hilang dari pandangan. Mental seperti ini jarang ada di Indonesia.
Orang-orang tua di negara maju tetap bekerja: jadi sopir taxi, pembersih toilet umum, dll. Hal ini juga langka di Indonesia.

Alkitab berkata bahwa fungsi Roh Kudus adalah mengingatkan kita akan semua firman Tuhan yang pernah kita dapat. Maka saat kita memasukkan banyak firman Tuhan ke otak kita, maka akan ada banyak hal yang Roh Kudus bisa ingatkan, dan kita jadi orang yang berbeda.

2. Mendengar suara kenabian
Angka 666 adalah profetis. Maka kita harus belajar mendengarkan suara Tuhan dan suara kenabian, karena hitungan dan perencanaan manusia, tanpa Roh Kudus, bisa meleset.

Jumat kita babtis 1309 jiwa. Sehari sebelumnya semua sudah dihitung secara matang. Tapi pelaksanaan tidak selancar yang direncanakan:
Drama ter-distorsi karena gangguan sinyal ke display LED.
Kesaksian Basa, kemudian altar call pertama 950 orang dibabtis.
Drama diulang dengan beberapa manuver, kemudian altar call untuk kedua kalinya
Artis tidak ada yang datang karena gunung Kelud meletus, dan semua bandara di Jawa tutup.

Dalam kehidupan kita harus menghitung dan bijaksana, tapi di sisi lain juga harus belajar mendengar suara kenabian.

Believe in the LORD your God, and you shall be established; believe His prophets, and you shall prosper.” (2Taw 20: 20b, NKJV)

Percayalah pada nabi-nabi Tuhan, maka engkau akan berkelimpahan.

Kesaksian
P Agung mimpi tentang kota yang hancur ekonomi dan fisiknya. Tuhan perintahkan untuk menaburkan garam seperti Elisa di mata air di Yerikho. Setelah ditaburi garam maka semua hidup kembali.

Maka di hari pertama seminar bulan maret jemaat diharap membawa apapun yang menjadi simbol pekerjaan, lalu ditaburi garam dalam nama Yesus. Jika dikerjakan dengan iman, hasilnya akan luar biasa.

3. Minyak dan Anggur

Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah- tengah keempat makhluk itu berkata: ” Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu. ” (Why 6: 6)

Intervensi Tuhan: minyak dan anggur terproteksi dan tidak boleh disentuh iblis

Berbagai pengertian minyak dan anggur:
Dua-duanya simbol Roh Kudus. Tapi dalam konteks ayat tersebut kurang pas, karena Roh Kudus tidak mungkin dirusakkan.
Minyak adalah simbol urapan, anggur simbol dari cinta atau passion
Gandum dan jelai adalah kebutuhan dasar manusia untuk makan. Tapi minyak dan anggur adalah kebutuhan yang mewah.

P Agung mencari bagian di Alkitab yang menyebutkan minyak dan anggur, tanpa dicampur hal lain, maka Tuhan bukakan di Luk 10: 30-37 (kisah seorang Samaria yang baik hati)

Ia pergi kepadanya lalu membalut luka- lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. (Luk 10: 34)

Minyak dan anggur digunakan oleh orang Samaria yang baik hati. Yang ditolong: orang yang tidak berdaya. Di jaman Yesus banyak imam yang tinggal di Yerikho. Saat bertugas mereka naik ke Yerusalem, setelah bertugas mereka kembali turun ke Yerikho. Jalan Yerusalem-Yerikho disebut jalan berdarah (the bloody way) karena banyak perampokan dan pembunuhan di jalan itu.
Imam dalam kisah sudah selesai bertugas. Ia pura-pura tidak tahu untuk menghindari masalah. Bagian kisah ini Yesus tujukan kepada para tokoh agama: jika seseorang telah selesai dengan semua liturgis atau ritual agamanya, tapi tidak menolong orang yang membutuhkan, maka dia melanggar perintah Tuhan yang berkata “kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”.

Jika kita dan gereja ingin terhindar dari dampak kuda hitam, maka kita harus mempunyai minyak dan anggur: hati dan tangan yang terulur bagi tergeletak dan hampir mati.

Tuhan ingin gereja menjadi minyak dan anggur, setiap kali ada orang yang menderita maka anak-anak Tuhan yang pertama kali mengulurkan tangan.

Pelayanan JKI untuk menyalurkan “minyak dan anggur”:
Banjir di Semarang, Kudus dan Pati
Letusan gunung di gunung Kelud dan Sinabung
Hamba-hamba Tuhan pedesaan
Longsor di Manado
dst.

Pelayanan “minyak dan anggur” artinya kita memberitakan kabar baik dengan tindakan dan kasih kita. Ini membuat kita termasuk golongan yang tidak bisa dirusak oleh kuda hitam. Ini seperti orang Israel di Gosyen yang terhindar dari tulah Mesir.

Saat Tuhan datang, kita harus didapati Tuhan sebagai umat Tuhan yang selalu mengalirkan “minyak dan anggur” kepada semua yang membutuhkan.

Kuda Hitam bisa diatasi jika minyak dan anggur tidak hilang dari hidup anak-anak Tuhan

Kesaksian
Sebulan lalu ada pelayanan ke suatu kota. Persekutuan doa di kota itu menyusut dari 100 orang, tinggal 5 orang. Saat p Petrus Hadi dan bu Linda melayani. Bu Linda melihat salah seorang gadis punya hubungan dengan lucifer. Maka terjadi pelepasan. Tugas dia menghancurkan persekutuan-persekutuan doa. Dia disiapkan dari usia 4 tahun untuk jadi mempelai lucifer. Musuh terberat kelompok itu adalah kelompok Bahtera, karena mengerti peperangan dan strategi rohani.

Jangan pernah lengah dan goyah! Pergerakan Bahtera tidak bisa ditiru karena diberikan Tuhan sendiri. Yesus mati untuk seluruh dunia. Tapi banyak orang masih menyembah setan karena setan tidak mau mengakui kekalahannya begitu saja. harus dipaksa. Setelah seseorang mendeklarasikan terima Tuhan Yesus, barulah dia benar-benar merdeka.

Ilustrasi
Jika kita punya tanah, lalu diduduki penghuni liar. Walau secara hukum kita menang, tapi perlu diusir paksa oleh satpol PP.

Pengumuman
13-14 Maret – seminar “Wadah yang Besar” di HS.

22 feb 09:00 kebaktian gen Kaleb, di kapel babtis

Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp , WeChat, Line – 085 727 868 064