Minggu, 25 Mei 2014
Simbol Roh Kudus
Kong Hee

Yesus memiliki Roh Kudus tanpa batas, demikian juga seharusnya kita.

Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas (Yoh 3 :34)

Roh Kudus adalah paling misterius diantara Trinitas. Kita bisa menceritakan Bapa surgawi karena kita memiliki ayah duniawi. Kita bisa menceritakan Yesus karena Dia pernah hadir sebagai manusia, dan Alkitab menceritakannya. Tapi ada masalah saat akan menceritakan tentang Roh Kudus, karena Roh Kudus tidak suka membicarakan diriNya sendiri. Roh Kudus selalu berbicara, meninggikan, dan memuliakan Yesus.
Alkitab menggunakan simbol-simbol supaya kita bisa memahami dan mengenali Roh Kudus. Setidaknya ada 14 simbol Roh Kudus, tapi kali ini hanya dibahas 7 simbol.

1. Roh Kudus seperti Atmosfir

The earth was without form, and void; and darkness was on the face of the deep. And the Spirit of God was hovering over the face of the waters (Kej 1: 2, NKJV)

Bumi seperti diselubungi atmosfir Roh Kudus. Atmosfir mempertahankan dan menopang kehidupan manusia. Roh Kudus bertahan seakan menunggu sesuatu, yaitu Bapa mengucapkan sesuatu, maka yang diucapkan Bapa itu jadi.

Roh Kudus akan mengerjakan mujizatNya saat kita percaya dan memperkatakan Firman Tuhan.

Ketika Roh Kudus menyatakan diriNya, dan kita percaya Firman Tuhan, lalu mulai memperkatakan janji Tuhan itu, maka mujijat itu akan datang pada kita.

Kesaksian
Ps Kong dan istri merindukan memiliki seorang anak. Istri ps Kong pernah keguguran 2 kali. Pada tahun 2003, selama 6 bulan ps Kong dan istri begitu sibuk berkeliling dunia untuk pelayanan dan konser. Di bandara Changi Tuhan perintahkan ps Kong untuk membeli tester kehamilan, padahal beliau berhubungan 1 kali dengan istri selama 6 bulan. Saat di tes, ternyata negatif, lalu hasil tes dibuang ke tempat sampah. Malamnya ps Kong menemukan bahwa tester tidak masuk ke tempat sampah, dan ternyata positif. 5 menit setelah bergembira, mrs Kong mengalami pendarahan, dan kejadiannya seperti keguguran kedua. Mrs Kong segera dilarikan ke Rumah Sakit. Selama 3 minggu mrs Kong terus muntah dan mengalami pendarahan. Dokter berkata bahwa mustahil mempertahankan kehamilan, tapi para dokter tetap berusaha.
Setelah 6 bulan, dokter menduga bahwa anak ps Kong akan mengalami down syndrom. Mereka menawarkan untuk menggugurkan kandungan. Ps Kong menolak karena 2 alasan: Kristen, dan ps Kong adalah pendeta yang tugasnya menyelamatkan jiwa, dan bukan menghilangkan jiwa.
Ps Kong dan istri membutuhkan mujizat. Setiap malam sebelum tidur, ps Kong menumpangkan tangan dan mendoakan janin mereka. Mereka membacakan Alkitab bagi anak itu: Mazmur, Amsal (supaya bijaksana seperti Salomo dan tidak down syndrom), injil Yohanes (supaya si anak segera lahir baru), Kejadian (supaya si anak memahami hukum-hukum pertama dari Firman Tuhan), Wahyu (supaya si anak siap menyambut kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali).
Ps Kong mulai membayangkan seperti apa anaknya kelak: tinggi, kulit bagus, sehat, rambut panjang, kuat, banyak bicara. Setiap malam ps Kong merasakan atmosfir Roh Kudus di dalam ruangan, dan ps Kong selalu mengucapkan firman Tuhan. Saat lahir 9 bulan kemudian, bayi itu sempurna, tidak ada down syndrome! Dan segala sesuatu yang ps Kong deklarasikan dalam doa terjadi.

2. Roh Kudus seperti minyak
Di jaman Alkitab minyak adalah bahan bakar lampu. Di kegelapan kita tidak bisa melihat. Roh Kudus adalah roh kebenaran, roh hikmat dan roh pengertian.

Urapan membuat kita memahami segala sesuatu.

Semua jawatan harus diurapi: nabi-nabi, raja-raja, imam-imam, supaya semua memiliki hikmat dalam memimpin jemaat maupun kerajaan. Saat Alkitab berkata bahwa Yesus diurapi Roh Kudus, itu bukan sekedar kuasa, tapi juga memiliki hikmat untuk memberitakan Injil, hikmat untuk menghibur hati yang remuk, hikmat untuk melepaskan yang tertawan, dll.

Kesaksian
Tahun 2002 ps Kong mendapat visi untuk menerobos Taiwan dengan Injil. Ada seorang hamba Tuhan yang sangat canggung, pemalu dan kuno, anggota gerejanya hanya 200 orang, pendeta ini diminta mengantar ps Kong selama di Taiwan. Roh Kudus meminta ps Kong untuk membantu pendeta itu membangun gereja yang paling penuh kuasa di Taiwan. Selama 8 tahun berikutnya Ps Kong bersahabat dengan pendeta itu, saling sharing dan mendoakan, dan juga mengajari pendeta ini dan pemimpin-pemimpin di gerejanya. Ps Kong juga mengajari pendeta ini untuk mengubah penampilan menjadi lebih modern. Saat pendetanya berubah, jemaatnya juga berubah.
Saat ini gereja “New Life Church” adalah gereja dengan pertumbuhan tercepat di Taiwan. Jemaatnya 3000 orang. Semua artis terkenal Taiwan pergi ke gereja itu.
Pdt Abraham Ku yang dulunya sangat kuno, dan gerejanya tidak berkembang. Tapi saat Roh Kudus bekerja, gereja ini jadi yang paling maju di Taiwan.

Saat Roh Kudus bekerja, semua logika tidak berlaku.

Saat minyak pengurapan Roh Kudus turun, Tuhan memberi kita hikmat untuk bekerja dengan orang-orang yang tepat.

3. Roh Kudus seperti pakaian
Lebih dari 100 kali Alkitab berkata “Roh Kudus turun ke atas… “. Saat Roh Kudus turun atas kita, gambarannya seolah-olah Tuhan mengenakan pakaian kepada kita. Saat kita mengenakan “pakaian” Roh Kudus, kita akan memiliki kuasa dan otoritas.

Ilustrasi: Polisi mampu menghentikan truk-truk besar karena otoritas dari seragamnya.

Roh Kudus datang untuk memberi kita otoritas.
Kesaksian
1999 rev Marilyn Hicky ingin memperkenalkan ps Kong kepada ps Yonggi Cho di konferensi CGI di Korea Selatan. Tapi rev Marilyn terlambat datang ke Korea. Karena tidak ada yang kenal dengan ps Kong, mereka ditolak masuk ke jamuan pembukaan acara, di hadapan semua undangan VIP lain.
2003 Phill Pringer dan Ulf Eckman mengajak ps Kong ke Korea Selatan untuk bertemu ps Cho. Ps Phill terlambat. Ps Kong masuk bersama ps Eckman. Kali inipun ps Kong kembali ditolak.
2004 Dr Cho datang ke Taiwan di sebuah konferensi. Ternyata Dr Cho mengenali dan memanggil ps Kong. Roh Kudus memberitahukan kepada Dr Cho semua tentang ps Kong, lalu mendoakannya.
2008 Adalah aniversary ke 50 Dr Cho. Ps Kong mendapat undangan VIP. Ps Kong mendapat tempat duduk di belakang Dr Cho, dan bahkan diijinkan berkhotbah di gereja Dr Cho.
Tiba-tiba ps Kong mendapat otoritas untuk masuk ruangan manapun, mengikuti rapat manapun, duduk di kursi manapun, karena nama ps Kong ada dalam list.

Di dalam Yesus Kristus nama kita masuk dalam daftar, dan duduk bersama Yesus di alam Surgawi
Roh Kudus sudah beri kita otoritas, maka kemanapun kita berjalan setan harus tunduk.

4. Roh Kudus seperti angin
Kata “roh” dalam bahasa Yunani πνεῦμα (pneuma, G4151) artinya nafas.
Kata “roh” dalam bahasa Ibrani רוּח (ruach, H7307) artinya angin.
Sebagai nafas, Roh Kudus memberi kita kehidupan. Di hari Pantekosta Roh Kudus hadir sebagai mighty wind (angin yang sangat kuat), artinya tidak ada yang bisa menghentikan Roh Kudus. Roh Kudus sangat kuat.

Kesaksian
Ada gadis menderita kanker getah bening yang sangat besar di lehernya. Suatu kali oksigen gagal masuk ke otak selama 10 menit. Maka gadis ini koma selama 1 minggu. Saat sadar gadis ini lumpuh. Setelah dibawa berkali-kali ke gereja, perlahan-lahan semua kelumpuhan dan kanker-nya dipulihkan, fungsi-fungsi tubuh mulai pulih, dan tidak ada bagian otak yang rusak.

Saat tidak ada harapan di ilmu medis, Roh Kudus akan membawa kesembuhan dari Tuhan

5. Roh Kudus seperti api

Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. (Mat 3:11b, Luk 3: 16b)

Ilustrasi api yang memurnikan
Di abad 14 Eropa mengalami wabah black-death, hampir seluruh Eropa binasa, dan tidak ada obatnya. Di tahun 1666 ada 100 ribu orang mati di London. Lalu ada kebakaran besar yang membakar 80% kota London. Api itu masuk hingga ke saluran bawah tanah, dan membakar semua tikus pembawa wabah. Di musim semi berikutnya tidak ada lagi penyakit mematikan itu di London, karena api membunuh semua penyakit itu.

Sadrah, Mesakh, dan Abednego dilemparkan ke api. Api tidak bisa menyentuh mereka, tapi bisa membakar habis tali pengikat mereka.

Apapun belenggu atau kecanduan kita, api Roh Kudus bisa membakarnya habis.

6. Roh Kudus seperti burung merpati
Di seluruh dunia burung merpati adalah simbol perdamaian. Seperti merpati, Roh Kudus penuh kasih, lemah-lembut, dan penuh damai sejahtera. Sebaliknya setan selalu membuat kita kuatir, takut, dan cemas sepanjang waktu. Damai sejahtera adalah senjata yang sangat berkuasa. Injil adalah injil damai sejahtera. Alkitab berkata bahwa Allah damai sejahtera akan menghancurkan iblis di bawah kaki kita.

And the God of peace will crush Satan under your feet shortly. (Rm 16: 20a, NKJV)

Kesaksian
Ps Kong disidang dalam masalahnya selama 4 th. Ada aturan di Singapura bahwa setelah interogasi selama 2 tahun, dan tidak ditemukan kesalahan, seharusnya ps Kong bebas. Tapi di bulan ke-25 (Juni 2012) ps Kong ditangkap dengan 3 tuduhan, masing-masing dengan ancaman hukuman seumur hidup. Ps Kong ditahan di beberapa penjara dan diborgol, bahkan diikat ke tembok. Itu hari terburuk bagi ps Kong. Dua tahun sebelumnya ps Kong adalah pendeta yang sukses dan terkenal, setiap minggu 400 jiwa baru dimenangkan, ada 32 ribu jemaat. Saat itu seluruh kehidupan ps Kong terlintas di depannya: istri dan anak ps Kong, para pemimpin dan penatua gereja. Ps Kong berharap mereka semua baik-baik saja. Saat memikirkan semua itu, tiba-tiba sebuah lagu keluar dari hati ps Kong, yaitu lagu yang sering dinyanyikan saat gerejanya masih kecil: “How great You are”

Ps Kong menyanyikan lagu itu terus-menerus selama 6 hingga 7 jam. Melewati apapun, Tuhan tetap Tuhan yang besar, dan ps Kong tidak akan pernah menyangkalinya, sekalipun jika dia harus dipenjara seumur hidup. Saat itu hadirat Yesus datang, dan di tempat itu jadi seperti surga. Tangan ps Kong terantai, tapi dia merasa damai, tidak ada rasa takut, tidak ada kecemasan, karena Tuhan hadir di situ dan menemani ps Kong.

Saat Roh Kudus muncul, meski kondisi apapun yang kita alami, neraka kita akan menjadi surga.

7. Roh Kudus seperti air

Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: ” Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada- Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada- Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran- aliran air hidup. (Yoh 7: 37-38)

Roh Kudus menyegarkan kita saat jiwa kita kering, atau kehilangan sesuatu dalam hidup kita.

Yesus menjanjikan bahwa saat kita meminum air hidup, maka dari hati kita yang terdalam akan muncul aliran air kehidupan

Ini artinya bendungan dari rasa sakit hati, kepahitan, kepahitan, dan kebencian, akan dihancurkan. Apapun yang membuat kita terpenjara dalam batin kita, Roh Kudus akan meledakkannya sehingga terbuka dan memancar keluar untuk memberkati dunia.

Kesaksian
Ps Kong tumbuh dalam keluarga yang rusak, banyak mengalami aniaya, keluarga selalu bertengkar. Ini membuat ps Kong tumbuh jadi anak yang pemalu dan pendiam. Suatu kali menjelang ujian akhir, di usia 14 tahun, orang tua ps Kong bertengkar lagi. Saat itu ps Kong memutuskan untuk tidak akan disakiti lagi oleh pertengkaran-pertengkaran keluarga. Ps Kong tidak lagi perduli dengan keluarganya.

Hati kita spesial dan hanya satu, kita tidak bisa mematikan satu bagian hati kita, tanpa mematikan seluruh bagian hati yang lain.

Saat berkeluarga masalah mulai timbul. Setiap ada masalah ps Kong berusaha menghilang. Sebaliknya istri ps Kong hidup di keluarga yang bahagia, suka berbicara dan hangat. Untuk mengungkap masa lalu ps Kong, mrs Kong mengajaknya makan. Saat mencoba bercerita, ternyata ps Kong tidak bisa mengingat apapun yang dialami di bawah usia 14 tahun.
Tiba-tiba Roh Kudus hadir, dan ps Kong berteriak meminta pertolongan Tuhan. Kemudian tiba-tiba ps Kong mengingat semua masa lalunya yang berat, lalu Roh Kudus mulai menyembuhkan hatinya.
Hari ini orang tua ps Kong sudah diselamatkan dan tidak ada lagi kekerasan dalam rumah.

Minum dari Roh Kudus akan membawa kesembuhan bagi jiwa kita

Kita hidup di dunia yang penuh tantangan, sepanjang waktu terjadi peperangan rohani, terutama jika kita melayani Tuhan dengan segenap hati dan kekuatan. Iblis menyerang keluarga, kesehatan kita, pelayanan kita, iblis tidak ingin kita berhasil.
Tapi, seperti Yesus, kita juga bisa dipenuhi Roh Kudus tanpa batas. Roh Kudus ingin memberi atmosfir hadiratNya, mengurapi kita dengan minyak, mengenakan pakaian otoritas pada kita, menghembuskan anginNya yang kuat, memurnikan hati kita.
Seseorang bisa saja melayani Tuhan, tapi merasa kering karena: patah hati, kepahitan, kemarahan. Tapi di tengah badai-pun kita bisa mengalami kedamaian saat Roh Kudus datang.

Pengumuman: Kamis 07:00 – kebaktian kenaikan Tuhan Yesus

Portal Bahtera: http://web.keluargarhema.com/

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp , WeChat, Line, Telegram – 085 727 868 064

kepustakaan:
http://www.citynews.sg/2010/04/abraham-ku-a-journey-of-faith/
http://en.wikipedia.org/wiki/Black_Death
http://letras.com/hillsong-united/how-great-you-are/

How Great You Are

You are deserving of all my praises Lord
(Engkau layak menerima semua pujianku Tuhan)
My heart is yearning to be in Your presence ones more
(Hati ku sungguh merindukan untuk satu kali lagi berada di hadiratMu)

Deep inside my heart is burning I want to give You more
(jauh di dasar hatiku ada kerinduan untuk memberikan lebih kepadaMu)
You’re the only one that I adore
(Engkau satu-satunya yang kupuja)

How great You are, how great You are
(Betapa besar Engkau Tuhan, betapa besar Engkau Tuhan)
You are the mighty King
(Engkau Raja yang perkasa)
Yet You came and reign in me
(walau begitu Engkau datang dan memerintah di dalam ku)
How great You are, how great You are
(Betapa besar Engkau Tuhan, betapa besar Engkau Tuhan)
I give You all the praises of my heart
(Kuberikan padaMu segala pujian dari hatiku)