Minggu, 01 Maret 2015
Are You a part of the Problems or Solution
Petrus Agung

Ilustrasi:
2 orang diminta maju ke mimbar, dan masing-masing diberi 1 pisang yang sudah dikupas. Mereka diberi tugas menghabiskan pisang itu, tapi syaratnya tangan yang bebas diletakkan di belakang punggung, tangan yang satunya memegang pisang, terulur lurus ke depan dan tidak boleh ditekuk. Selama mereka berusaha sendiri-sendiri, maka tantangan ini tidak akan bisa ditaklukkan. Tapi saat mereka saling mendekat dan mengarahkan pisangnya pada rekan yang lain, maka tugas bisa diselesaikan.

Dalam kehidupan banyak tugas yang hanya bisa diselesaikan jika kita mengerti arti dari “menjadi bagian tubuh Tuhan”, dan dikerjakan dengan unity.

Saat menghadapi segala sesuatu, reaksi dan pilihan kitalah yang menentukan apakah kita bagian dari masalah, atau bagian dari solusi.

Masing-masing manusia punya kelebihan dan kelemahannya sendiri, hanya dengan unity semuanya menjadi saling melengkapi, menyempurnakan, dan menutup kekurangan yang ada.

Fil 4: 2-5 – Ada 3 level pekerja Tuhan dalam perikop ini.

1. Level terendah: Teman-teman sekerja

… dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan (Fil 4: 3c)

Kita punya jutaan bahkan milyar-an teman sekerja di seluruh bumi. Yang menjadi pengikat kita: nama kita tercantum dalam kitab kehidupan. Tapi ikatannya longgar, dan kadang merasa tidak perlu kenal satu sama lain. Selama kita bekerja bagi Tuhan, kita sudah menyandang sebagai teman sekerja.
Di level ini masing-masing melakukan bagiannya sendiri. Tapi jika hanya di level ini, maka banyak hal yang tidak bisa diselesaikan.

Ada banyak teman sekerja yang harus kita uluri tangan sehingga bisa terjalin unity.

Indonesia diberkati Tuhan. Di negara/ tempat lain tidak mudah mengaku diri sebagai orang percaya.

Kesaksian.
Dalam pembuatan jamu PFA, didapatkan supplier bawang dari Tawangmangu. Secara perhitungan manusia, biayanya lebih mahal karena jauh. Tapi karena pengepul-nya adalah hamba Tuhan yang tinggal di daerah yang berat: dingin, banyak aliran keras, banyak yang kena narkoba. Tapi karena pendeta ini adalah rekan sekerja kita, maka kita menopangnya dengan keuangan secara tidak langsung (melalui pembelian bawang).

Kesaksian tim dewasa muda
Saat men-survey salah satu gereja di tempat terpencil, ternyata gereja itu curiga dan menanyakan tujuannya. Mereka tidak percaya adanya ketulusan, dan bahwa antara tubuh Tuhan bisa saling menolong. Ini artinya unity antar tubuh Tuhan buruk. Akhirnya gereja itu setuju. Saat sedang dikerjakan, salah satu tim mengamati bahwa gereja itu hanya punya 1 mikrofon. Tanpa banyak komentar dia segera membelikan seperangkat sound system. Ini karena gereja itu juga merupakan teman sekerja kita, dan tidak boleh diabaikan.

Artikel
Ada seorang tentara ISIS diberitakan sudah menerima Tuhan Yesus. Tentara ini sedang dirawat di rumah sakit, tubuhnya penuh darah karena tertembak. Dia sudah tergeletak selama 3 jam di jalan. Beberapa pastor Katolik yang masih bertahan mengumpulkan mayat-mayat untuk dikuburkan. Sebelum dimakamkan ternyata orang ini masih hidup, maka segera dirawat di rumah sakit. Saat sekarat dia diberi 2 pilihan: tetap mati tapi ke neraka, atau hidup tapi harus ikut Tuhan Yesus.
Dari artikel ini kita tahu bahwa ada banyak orang yang pekerjaan dan pelayanannya jauh lebih sulit dan ber-resiko dibanding kondisi kita saat ini, dan mereka juga rekan sekerja kita.

Tuhan sedang membuka mata kita bahwa kita punya banyak rekan sekerja.
Buka hati kita untuk para pelayan Tuhan yang melakukan bagian yang tidak bisa kita lakukan.

Kesaksian
P Agung datang ke salah satu pastori gereja yang di renovasi. Ternyata atapnya sudah sangat rapuh dimakan rayap. Sebelumnya p Agung sama sekali tidak kenal dan tidak ada hubungan dengan hamba Tuhan ini. Tapi mereka juga merupakan teman sekerja kita.

Tanpa rekan sekerja, tugas dari Tuhan tidak akan bisa selesai. Saat kita punya sikap hati unity, kita akan sangat mudah menyelesaikan tugas yang Tuhan berikan.

2. Level kedua: Kawan seperjuangan

Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens (Fil 4: 3b)

Kawan seperjuangan adalah orang-orang yang bergulat-berjuang-bertempur bersama-sama rasul Paulus. “Teman-teman sekerja” tidak disebutkan namanya, tapi “kawan seperjuangan” disebut namanya. Sayangnya dua kawan seperjuangan tersebut sedang bertengkar.

Euodia (Εὐοδία – G2136) = perjalanan yang berkelimpahan (prosperous journey), fragrance (harum)
Sintikhe (Συντύχη – G4941) = beruntung

I implore Euodia and I implore Syntyche to be of the same mind in the Lord (Fil 4:2, NKJV)

Implore (παρακαλέω – G3870) = menyarankan, memohon dengan sangat.
Paulus menghormati mereka, dia tidak memerintahkan, tapi memohon agar mereka berdamai.
Pikiran (φρονέω – G5426) = cara berfikir, interest (kepentingan)

Orang-orang yang tidak terlalu hebat cenderung low-profile. Tapi justru orang-orang yang terpandang sering memberi contoh yang tidak baik. Misalnya bertengkar satu-sama lain.

Penyebab pertengkaran antara kawan seperjuangan:
1. Beda cara berfikir
Contoh
Saat ada seorang hamba Tuhan yang hidup ekonomi-nya berat, maka respon hamba Tuhan lain:
Ada yang berkata bahwa hamba Tuhan itu kurang ber-iman, semua kesalahannya sendiri.
Ada yang berkata: kasihan, tidak perlu ditolong

Contoh di Alkitab
Dalam sebuah misi, Paulus dan Barnabas mengajak Markus. Di tengah perjalanan Markus memaksa pulang. Paulus menyebut hal ini sebagai desersi (pemberontakan).
Di misi berikutnya Barnabas hendak mengajak Markus lagi, tapi Paulus marah, tidak setuju, dan memilih berpisah dari Barnabas.
Markus sekian waktu kemudian mengikuti Petrus, dan menjadi penulis surat Petrus 1 dan 2, bahkan akhirnya menulis injil Markus. Menjelang matinya, Paulus meminta dikirimkan Markus.
Cara berfikir Paulus dan Barnabas sama benarnya, tapi jika diletakkan pada masa yang berbeda.
Paulus benar karena Markus di awal harus dilatih dan di-disiplin.
Barnabas juga benar, karena ternyata Markus punya potensi besar di masa depan.

Perbedaan cara pikir antar rekan seperjuangan harusnya membuat kita jadi partner yang luar biasa

2. Beda perhatian (interest)
Contoh:
Ada gereja yang suka jika mengalami kelimpahan finansial, sebagai tanda berkat Tuhan.
Ada hamba Tuhan seperti p Adi Susanto yang menganggap bahwa gereja yang menyimpan uang terlalu banyak melakukan dosa besar. Seharusnya dana bisa digunakan untuk menjangkau jiwa-jiwa.

Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. (Fil 4: 3a)

Paulus meminta Sunsugos menolong 2 teman yang bertengkar.
Kata “tolong” (συλλαμβάνω – G4815) artinya pegang, rangkul, peluk, tarik mereka. Gambarannya seperti memisahkan 2 petinju yang bertarung sengit, bahkan brutal.

Abraham adalah orang yang bijaksana. Saat Lot membela dan membiarkan gembalanya berkelahi dengan gembala-gembala Abraham, maka Abraham mengambil inisiatif untuk berpisah dengan Lot, supaya mereka tidak dihancurkan suku-suku lain di sekitar mereka.

Perbedaan pendapat seringkali merupakan hal yang sehat. Yang konyol adalah jika kita selalu merasa paling benar dan yang lain salah.

Jangan jadi pihak yang menganiaya atau menghancurkan siapapun. Karena saat kita begitu brutal, yang bertindak adalah Tuhan. Tubuh Tuhan sudah dipecahkan 2000 tahun yang lalu, jangan ada orang yang memecahkan tubuh Tuhan untuk kedua-kalinya.

Sifat kekanak-kanakan menyebabkan banyak gereja hanya jadi masalah, bukan bagian dari solusi

Dimanapun berada, hidup kita harusnya bagian dari solusi, dan bukan bagian dari masalah. Dibutuhkan kedewasaan menghadapi perbedaan pendapat, jangan brutal dan saling menjatuhkan.

Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan. (Gal 5: 15)

Kasus.
Ada kota kecil yang hanya memiliki 1 jalan raya. Kota ini panas dan kurang makmur. Di kota itu ada beberapa gereja. Satu hari ditemukan tambang, maka para pengusaha berdatangan. Seorang anak Tuhan yang kaya dari Jakarta datang dan ber-investasi di tambang daerah itu. Satu hari minggu dia pergi ke gereja di kota itu, yang sinodenya sama dengan gerejanya. Orang ini tidak bisa berkonsentrasi saat beribadah karena kepanasan. Akhirnya pengusaha ini membelikan AC, genset dan persediaan solar untuk genset.
Dampaknya di hari minggu berikutnya gereja itu penuh sesak, tapi gereja lain jadi sepi. Para pendeta gereja yang lain marah, lalu beberapa minggu kemudian gereja ber-AC itu “terbakar”.

Pertengkaran semacam ini brutal, harus diseret dan ditarik supaya terpisah, karena jika tidak akan saling menghancurkan tubuh Tuhan. Jangan miliki hati yang penuh kedengkian, jangan rendahkan-hina-jelekkan gereja lain. Ulurkan tangan, berkati gereja lain semampu kita.

Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama? (Yak 3: 11)

3. Level tertinggi: Teman satu kuk
Sunsugos (σύζυγος – G4805) = teman satu kuk (bajak, yoke).

Di level ini seseorang menganggap bahwa jika partnernya sakit atau lemah, akan memberatkannya. Dan jika sampai mati, maka akan melumpuhkannya.

Contoh:
Sepeda motor yang salah satu bannya kempes, akan memberatkan kerja ban yang lain.

Cara berfikir yang dewasa: mengerti bahwa semua yang dikerjakan adalah untuk kepentingan kerajaan Tuhan, dan bukan untuk kepentingan manusia

Tanda-tanda akhir jaman:
1. Sabat ke-10
Ada seorang nabi Yahudi: Ben Samuel, yang hidup di jaman kekaisaran Ottoman. Dia bernubuat bahwa akan ada 10 yobel, dan kekaisaran Ottoman akan berkuasa selama 8 yobel (400 tahun), lalu selesai. Menurut sejarah, kekaisaran Ottoman berakhir setelah 400 tahun berkuasa.
Kekuasaan kekaisaran Ottoman atas kota Yerusalem berakhir saat jendral Allenby menguasai Yerusalem pada tahun 1700an. Setelah itu Yerusalem seperti tanpa tuan selama 1 Yobel.
Pada bulan Juni 1967 Israel masuk Yerusalem.
Setelah itu ada Yobel terakhir: yaitu Yobel yang ke-10, dan berakhir di tahun 2017.
Peristiwa negara Israel merdeka diibaratkan pohon ara yang mulai bertunas (1948). 1 generasi setelah 1948 adalah tahun 2018.

2. Penelitian ilmiah
Para ilmuwan menghitung berapa sisa umur bumi dari berbagai fenomena alam.
Contoh: Sekarang seluruh pantura mengalami rob, di Bandung sempat terjadi hujan es.
Di sisi lain korea utara mengembangkan nuklir.

3. Nubuatan
Tahun 1968 nenek di Norwegia usia 90 tahun bernubuat: setelah gereja diangkat akan terjadi perang dunia ke-3 yang sangat singkat.

4. Nubuatan Santo Malakhi dari gereja Katolik Roma
Dia menubuatkan ciri-ciri Paus-Paus dari jamannya akan muncul sekian Paus (pemimpin Katolik Roma). Dia menubuatkan bahwa posisi Paus ke-2 dari terakhir akan diganti sebelum wafat. Di malam Paus Benediktus mengundurkan diri, atap kubah Vatikan disambar petir.

Mari jadi “teman satu-kuk” dengan Tuhan Yesus, demikian juga satu-sama lain.
Jangan pernah ingini kehancuran siapapun, karena semua ditebus oleh darah Yesus.

Mat 4: 18-22 – murid-murid pertama Yesus.

Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan (Mat 4: 18)
Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. (Mat 4: 21b)

Membereskan (καταρτίζω – G2675): menambal, menyulam, merajut kembali, memperbaiki
Dua murid pertama dikatakan sedang menebarkan jala. Tuhan suka pada orang yang membawa jiwa-jiwa datang kepadaNya. Dua murid berikutnya sedang menambal dan memperbaiki, jala yang rusak.

Di tengah-tengah kebrutalan yang kita lihat di sekitar kita, mari pilih untuk menebarkan jala supaya banyak orang terima Tuhan. Tambal dan perbaiki jala yang robek, ulurkan tangan kita. Sedapat-dapatnya jika bergantung pada kita, berdamailah dengan orang lain. Lakukan bagian yang bisa kita lakukan. Jangan jadi bagian dari persoalan, tapi mari jadi bagian dari solusi.

Apapun yang dibuat dengan tujuan yang tidak baik, ujungnya akan mengerikan.

Saat kita satu kuk dengan Tuhan, dan satu kuk dengan yang lain, maka keruntuhan yang satu menyebabkan keruntuhan yang lain. Setiap pelemahan tubuh Tuhan di suatu tempat akan melemahkan tubuh Tuhan secara keseluruhan.

Penutup
Saat Yesus disalibkan ada gerhana matahari total yang diapit gerhana bulan. Peristiwa ini terulang tahun ini dan tahun lalu. Di 2014 ada 2 bloodmoon, lalu gerhana matahari, dan berikutnya ada bloodmoon ke-3 dan ke-4.

Tanda langit “matahari menjadi gelap” tidak pernah jadi tanda yang baik.
Mulai hari ini, selama 12 hari, semua diharap puasa daging.
Dari tgl 12-20, setiap kota bergantian peperangan rohani. Jatah JKI tgl 20 Maret.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064

Advertisements