Jumat, 20 Maret 2015
Nissan Tanggal 1
Petrus Agung

Tanggal 1 nissan adalah tahun baru rohani Yahudi, karena yang menetapkan Tuhan sendiri. Rosh-Hashanah adalah tahun baru jasmani bagi orang Yahudi. Tanggal 1 nissan juga sebagai acuan masa pemerintahan raja-raja Israel.

” Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap- tiap tahun. (Kel 12: 2)

Dalam sejarah Israel ada beberapa event terjadi pada 1 nissan:
1. Musa mendirikan kemah pertemuan pada 1 nissan. Saat itulah kemuliaan Tuhan turun.

Dan terjadilah dalam bulan yang pertama tahun yang kedua, pada tanggal satu bulan itu, maka didirikanlah Kemah Suci. (Kel 40: 17)

Lalu awan itu menutupi Kemah Pertemuan, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci, sehingga Musa tidak dapat memasuki Kemah Pertemuan, sebab awan itu hinggap di atas kemah itu, dan kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci. (Kel 40: 34-35)

2. Raja Hizkia mentahbiskan/ me-rededikasikan kembali bait Allah pada 1 nissan.

3. Koresy/ Cyrus dinobatkan menjadi raja Media-Persia. Yesaya menubuatkan tentang Koresy beberapa abad sebelumnya, bahkan dengan tepat menyebut namanya. Raja inilah yang mengijinkan orang Yahudi kembali dari pembuangan ke tanah perjanjian, dan membangun kembali bait Allah.

Kisah tentang broadcast BBM
Ada broadcast tentang suatu penguumuman CNN, tapi setelah di cek ternyata berita itu tidak ada. Tapi inti beritanya mengandung kebenaran: orang Yahudi ingin membangun kembali Bait Allah.

Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya. (Why 11:2)

Ayat ini adalah gambaran orang-orang “Kristen halaman” yang akan tertinggal saat pengangkatan.

Penemuan ahli arkeologi memberikan kemungkinan penafsiran lain dari ayat di atas:
Semula diduga bahwa pondasi bait Allah Salomo tepat di bawah masjid Al Aqsa. Jika Israel nekat membangun Bait Allah di lokasi itu, maka akan terjadi perang. Tapi setelah diteliti lebih jauh, ternyata masjid itu dulunya adalah bagian dari halaman. Maka orang-orang Yahudi tidak akan menyentuh masjid itu, dan hanya membangun ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus.
Menurut nubuatan dalam Alkitab sebelum terjadi pembangunan akan didahului oleh perundingan, perdamaian, kesepakatan. Sehingga akan terjadi pembangunan tanpa perang. Tapi ternyata yang terpilih sebagai perdana menteri Israel adalah Benyamin Netanyahu yang sangat keras, dan hampir mustahil ada perdamaian.

Data lain menyebutkan
Di suatu negara lahir red heifer (lembu merah). Lembu ini dipotong, dibakar, dan abunya ditaburkan di tanah tempat bait Allah akan dibangun.
Warna ungu dan biru untuk pakaian iman didapat dari keong tertentu. Selama ini keong itu sudah punah, tapi sekarang tiba-tiba muncul di suatu negara dengan jumlah besar.

4. Raja Artahsasta (nama kecilnya Koresy) adalah yang mengeluarkan dekrit mengijinkan orang israel pulang, dan yang memimpin perjalanan umat Tuhan kembali ke Yerusalem adalah imam dan ahli kitab bernama Ezra.

Ez 7: 1-28
Daftar leluhur Ezra ditulis terperinci (ay 1-5). Ini artinya:
1. Tidak ada generasi yang hilang di mata Tuhan.
2. Warisan rohani yang Ezra dapat dari leluhurnya.

Apapun yang kita dapat hari ini adalah warisan dari generasi sebelum kita yang sudah membayar harganya, dan semua dalam perencanaan Tuhan

Kesaksian
P Agung mulai full timer 1987. Saat di undang bu Nany ke Cirebon, di sana p Agung bertemu orang tua dari p Yusak dan bu Nany. Saat bercakap-cakap dengan si opa, dia tiba-tiba berdiri dan menunjuk pada p Agung: “kamu orangnya!”. Si opa berkata bahwa dia sudah menunggu p Agung selama 25 tahun. Sekitar tahun 1960-an ada hamba Tuhan Afrika, anak seorang raja, melayani KKR di Jepara. Suatu kali setelah makan malam, dia berkata: suatu kali akan bertemu seorang muda, yang saat anak muda itu berbicara membuat hati berkobar, seperti saat mendengar pendeta Afrika itu berbicara. Pendeta itu minta disampaikan pesan: “Tuhan akan pakai kamu dengan luar biasa”.
Selama 25 tahun si opa menunggu, dan bahkan bahkan lupa. Saat berbicara dengan p Agung, hatinya terbakar. Setelah tanya Tuhan, Tuhan meng-iya-kan bahwa memang p Agung-lah orangnya.
Tahun 1960 p Agung belum lahir. Ini artinya ada rencana Tuhan di hidup p Agung, juga di hidup semua anak Tuhan.

Ezra ini berangkat pulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang diberikan TUHAN, Allah Israel. Dan raja memberi dia segala yang diingininya, oleh karena tangan TUHAN, Allahnya, melindungi dia. (Ezr 7: 6)

Modal Ezra: ahli kitab, dan mahir dalam urusan kitab Taurat Musa. Ezra bukan politikus, ahli militer, pejabat, atau ilmuwan.

Tugas bagi jemaat:
Perbanyak baca Alkitab, duduk di kaki Tuhan dan belajar dari Tuhan. Inilah kunci untuk mendapatkan hal-hal yang luar biasa. Jangan asal baca, tapi setiap kali minta Tuhan Roh Kudus mengajari kita.

Ada kaitan antara mengerti kitab dan huklum-hukum Tuhan, dengan penyertaan Tuhan dan pemberian dari raja.

Ilustrasi:
Seseorang beranak 5. Si orang tua bercerita tentang harta miliknya. Saat sedang bercerita, 4 orang anak tertawa dan bergurau, hanya 1 yang mendengarkan dengan serius.
Jika 2-3 kali terjadi bahwa anak-anak yang lain tidak memperhatikan, maka si orang tua akan sampai pada batas kesabaran dan tidak melanjutkan ceritanya. Tapi si anak yang serius mendengarkan akhirnya bertanya pada orang tua-nya. Maka orang tua-nya akan menunjukkan lokasi penyimpanan harta-bendanya. 4 anak hanya mendapat recehan, tapi anak yang serius mewarisi paling banyak.

Tuhan hanya akan membuka rahasianya pada mereka yang tertarik dan terus mengejar hingga Tuhan buka rahasia hatiNya

Ezra seorang ahli kitab, mahir dalam soal Taurat Musa. Maka raja memberi segala yang diingininya.

Kesaksian
P Agung diundang berkhotbah di Ungaran. WL-nya baru lulus sarjana teologi. WL ini mengatakan bahwa teologi adalah ibu semua ilmu pengetahuan. Menurut p Agung pernyataan ini benar, karena saat kita kenal Tuhan, kita tahu segala-galanya.

Tepat pada tanggal satu bulan pertama ia memulai perjalanannya pulang dari Babel dan tepat pada tanggal satu bulan kelima ia tiba di Yerusalem, oleh karena tangan murah Allahnya itu melindungi dia. (Ez 7: 9)

Ezra tidak minta pengawalan raja karena malu, karena dia sudah berkata kepada raja bahwa Tuhan yang menyertai. Ternyata selama 5 bulan memang Tuhan menyertai.

Ez 7: 12-26
Dekrit yang diberikan raja kepada seorang yang memutuskan mempelajari taurat Tuhan. Saat kita punya kepentingan/ interest sama dengan Tuhan, maka hukum Tuhan akan menjadi pegangan kita (ay 14).

Pengajaran stewardship:
(ay 17) Otoritas yang raja berikan kepada Ezra: Ezra mendapat banyak harta dan kelimpahan, tapi prioritas pertama adalah untuk persembahan kepada Tuhan. Sisanya adalah apa yang dipandang baik, tapi tetap sesuai kehendak Allah Ezra.
(ay 20) Uang negara pun digunakan untuk menyembah Tuhan.

Alasan dubes Fiji datang ke JKI: negara mereka butuh gereja seperti JKI, yang tidak hanya beribadah di hari minggu, tapi perduli pada rakyat dan bangsanya.

Tuhan minta dibuat perjanjian garam hari ini, karena garam tidak terbatas, dan Tuhan sedang membawa kita dalam keajaiban yang tidak terbatas.

dengan memakai perak sampai jumlah seratus talenta, gandum sampai jumlah seratus kor, anggur sampai jumlah seratus bat, minyak sampai jumlah seratus bat, dan garam tidak terbatas. (Ez 7: 22)

Ay 23 – Akan tiba waktunya, orang-orang sekuler akan minta kita mendoakan mereka. Takut akan Tuhan akan begitu hebat, sehingga orang lain meminta kita berdoa bagi mereka.
Ay25 – Orang-orang yang belum tahu firman Tuhan harus diajar.

Ezr 7: 27- 28 pernyataan Ezra.

Di jaman Ezra peristiwa exodus terulang pada hari yang sama: 1 Nissan.
Saat exodus bangsa Israel keluar dari Mesir sebagai orang kaya. Di jaman Ezra, pada 1 Nissan, Ezra membawa bangsa Israel kembali dari pembuangan. Dan raja mengijinkan Ezra mengambil dana dari kas kerajaan.
Garam diambil dari kata romawi salarium, yang merupakan asal kata salary.

Jika bekerja bagi Tuhan, maka Tuhan-lah yang menggaji kita. Dan garam (salary) kita: tidak terbatas!

Kesaksian:
Rekan p Yusak di surabaya iri karena hidupnya tidak cukup, karena khotbahnya di desa. P Yusak menegur: jangan hidup berdasar persembahan, tapi hidup dari Tuhan.
Gaji bukan pengharapan kita untuk sebulan. Harusnya kita berseru bahwa gaji kita dari Tuhan dan tak-terbatas.

Kisah anak yang hilang
Sulung mengeluh pada bapanya karena tidak pernah dapat anak kambing. Tapi ayahnya menjawab: semua yang dimiliki si ayah adalah milik si sulung juga.

Saat kita bisa menggunakan uang Tuhan dengan bertanggung jawab, maka yang unlimitted akan menjadi bagian kita.

Perjanjian Garam

Now because we eat the salt of the king’s palace and it is not proper for us to witness the king’s discredit, therefore we send to inform the king (Ezr 4: 14, AMP)

Musuh-musuh Ezra menyebut bahwa mereka punya hubungan dengan raja, dalam terjemahan lain dikatakan bahwa mereka “makan garam dari istana raja”. Maka mereka tidak membiarkan raja di-jelek-kan.

Perintah Tuhan kepada orang Lewi: setiap persembahan harus dibubuhi garam. Di bagian lain dikatakan bahwa lemak korban dibakar untuk Tuhan, sedang dagingnya Tuhan berikan mereka makan. Inilah perjanjian garam.

Gambaran perjanjian garam adalah Tuhan dan manusia sedang makan bersama. Dari pihak Tuhan: yang diberikan kepada Tuhan adalah lemak dan ditaburi garam, sementara dagingnya dinikmati oleh orang yang mempersembahkan.

Pembangunan rumah sehat sempat terhenti, Tuhan minta p Agung untuk memulainya lagi dengan dasar perjanjian garam. Perjanjian garam berkata bahwa kita makan bersama Tuhan. Orang Yahudi tidak akan mau makan selain dengan sahabat mereka. Maka artinya Tuhan menawarkan persahabatan dengan kita.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064

Deklarasi 6 panggilan
Pilar – bu Ribka
Imam – p Hasto
Tentara – p Hengky
Pekerja – Dewi Irna
Mempelai – Kezia
Raja – Hadasha

Persembahan hari ini: di Amplop ditulis nama, sebagai perjanjian dengan Tuhan.
27-28-29 Maret – ps John Avanzini

Red heifer (lembu merah)
http://www.israeltoday.co.il/NewsItem/tabid/178/nid/24701/Default.aspx?archive=article_title
http://www.breakingisraelnews.com/17303/holy-cow-red-heifer-born-us/#BrQLYyH06u1OhPX2.97

Mazmur 121
121:1 Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?
121:2 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.
121:3 Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap.
121:4 Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.
121:5 Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.
121:6 Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam.
121:7 TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.
121:8 TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.