Minggu, 26 April 2015
Tanggung Jawab
Petrus Agung

Ada 2 hal yang kontras:
Ada yang mengalami berkat Tuhan, penyertaan Tuhan, anugerah Tuhan, tudung Tuhan. Masalah selalu ada, tapi ada proteksi Tuhan.
Di sisi lain ada orang-orang Kristen yang mengalami hal buruk bertubi-tubi, seperti ada tudung yang tersingkir dalam kehidupannya.

Semua kita ingin hidup dalam tudung Tuhan, maka kita harus mengenal dan mengerti hati dari Dia yang memberi tudung-perlindungan-blessing, tersebut secara pribadi.

Kita tidak sekedar hidup untuk menikmati sesuatu, tapi ada tanggung-jawab di dalam-nya

Kej 37: 1-3 – Jubah maha indah

and he made a richly ornamented robe for him. (Kej 37: 3b, NIV)

Jubah yang berhiaskan banyak ornamen. Jadi bukan sekedar warna-warni.
Yusuf mendapatkan jubah bukan sekedar karena anak pada masa tua Yakub, karena masih ada Benyamin yang usianya lebih muda.
“anak pada masa tua yakub” adalah ungkapan Yahudi yang berarti anak yang bijaksana (a wise son).

Karena kebijaksanaannya, Yusuf lebih dikasihi bapaknya dibanding saudara-saudaranya.

Tuhan selalu memberkati kita dengan sebuah alasan. Sehingga kita tidak pernah dan tidak mungkin bisa menyalahkan Tuhan atas keputusanNya.

Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun– jadi masih muda– biasa menggembalakan kambing domba, (Kej 37: 2a)

Frase “jadi masih muda” artinya secara usia Yusuf tidak dituntut/ diwajibkan mengerjakan hal itu. Tapi Yusuf melakukan lebih dari yang diminta/ dituntutkan. Inilah yang disebut bijaksana, dan membuat Yakub memberikan jubah khusus kepada Yusuf. Anak-anak Yakub yang lain bekerja karena kewajiban, bahkan melakukan hal-hal yang jahat.
Seringkali orang berdalih bahwa dia tidak mengerjakan sesuatu karena itu bukan tugasnya.

Kesaksian
Beberapa tahun lalu ps John Avanzini diundang ke sebuah kota, p Agung pergi juga ke kota itu untuk mendampingi ps John. Yang menjemput di airport: gembala dan anak laki-lakinya. Anak ini jalannya sangat cepat, padahal ps John dan ayahnya sudah cukup berumur. Di satu titik anaknya menghilang. Saat muncul lagi, dia memarahi ayahnya.
Hari terakhir saat ps John mendoakan keluarga gembala. Saat mendoakan anak ini, ps John minta anak ini untuk “belajar menghormati orang tuanya”.

Yang membuat Yusuf dicintai Yakub: mengerjakan apa yang tidak dituntut-kan karena usia muda, dan mengerjakannya dengan sangat baik.

Kisah Ribka
Eliezer diutus Abraham untuk mendapat jodoh bagi Ishak. Eliezer berdoa dan meminta tanda: saat meminta minum, bukan hanya Eliezer, tapi juga 10 unta-nya. Ribka mengerjakan semua tanda yang Eliezer minta pada Tuhan.

Mentalitas “extra miles” ini yang Tuhan cari di tengah-tengah umatNya. Jika kita ingin Tuhan jatuh hati pada kita, lakukan bahkan hal yang tidak dituntutkan pada kita dengan penuh pengabdian.

Ada yang melakukan sekedar yang diminta, ada yang melakukan jauh lebih banyak dari yang dituntut.

Kisah triwira Daud
Daud rindu air dari sumur Betlehem. Dia hanya bergumam dan tidak memberi perintah. Tapi triwira langsung bergerak melaksanakannya dengan resiko tinggi.

Tuhan tidak mencari seseorang yang sekedar meminta hak-nya, dan tidak mau mengerjakan hal yang diluar tugasnya.

And if someone takes unfair advantage of you, use the occasion to practice the servant life. (Mat 5: 41, MSG)

Tuhan mengajar: sekalipun kita dimanfaatkan/ dituntut seseorang, gunakan kesempatan itu untuk melatih hati hamba.

Kesaksian
16 gereja sudah di renovasi oleh tim JKI, dan tidak satupun adalah gereja satelit. Sebenarnya semua itu bukan kewajiban kita. Tapi Tuhan ajari kita jadi anak yang bijaksana dan punya mental extra miles.

Jangan hidup sekedar sesuai standart, mari hidup di atas rata-rata.

Kesaksian
Beberapa orang dari dirjen DikNas meninjau sekolah terang bangsa. Mereka berterima kasih karena sekolah dikerjakan di atas rata-rata.
Dampaknya jika ada study-banding dari kota lain, mereka diarahkan ke sekolah Terbang.

Hidup dengan metalitas extra miles tidak membuat kita rugi, tapi justru membawa kita naik.

Ilustrasi
Mahasiswa China kuliah di London. Dia beli TV di toko orang Yahudi. Karena terbatas, maka si pembeli disarankan membeli salah satu jenis TV. Awalnya TV berfungsi baik, tapi esok harinya TV itu mati. TV itu dibawa balik ke toko, dan ternyata memang mati.
Sebagian pedagang akan mempersalahkan si pelanggan. Sebagian mengganti dengan barang sama yang baru. Tapi pedagang ini beda. Dia mempersilahkan si pembeli memilih pengganti TV-nya dengan bebas, ukuran berapapun. Besoknya tiba-tiba toko itu terkenal karena si mahasiswa menceritakan kebaikan pemilik toko ke seluruh kampusnya.

Contoh pengalaman p Agung
P Agung pesan soto tanpa brambang dan bawang. Tapi karena reflek, maka si penjual tetap memasukkan brambang-bawang ke soto. Saat di komplain, penjual mengambil bawang-brambang dengan sendok, tapi tidak mau mengganti dengan yang baru.

Saat kita punya ekstra-mile mentality, Tuhan akan terpikat dengan hidup kita.

Seharusnya banyak hal yang tidak perlu kita lakukan, karena menurut orang lain tidak ada untungnya. Tapi mental extra miles ini yang membuat kita jadi bijaksana.

Jubah Yusuf punya berbagai ornamen. Ornamen yang ada pada jubah Yusuf, biasanya ada pada jubah imam dan jubah orang-orang berada.

Pemberian Tuhan dalam hidup kita tidak bertujuan membuat kita tampil dalam kemewahan dan dipamerkan. Itu adalah tanggung-jawab

Contoh
Orang datang ke p Agung minta impartasi karunia. P Agung kurang suka:
1. Tanpa ijin Tuhan, tidak ada impartasi yang berlaku
2. Pengertian ini salah.
Urapan yang Tuhan berikan dalam hidup siapapun bukan untuk dipamerkan, tidak untuk dipakai demi kepentingan pribadi. Urapan Tuhan adalah tanggung-jawab.

Contoh:
Tutup dada imam ada 12 batu berharga. Itu bukan untuk pamer, tapi tanggung-jawab: membawa 12 suku israel menghadap Tuhan.

Contoh pentingnya ornamen
Hari ke-2 di Manchester, anak p Agung menggunakan jaket Arsenal (tim sepakbola dari London). Semua orang kaget dan berteriak: jangan lakukan, lepas jaket itu. Untungnya menurut dan melepas jaketnya. Salah kostum di suatu kota bisa memancing holigan yang gila, dan bisa dipukuli orang, karena kefanatikan sepak-bola di Inggris sangat luar biasa.

Semua ornamen yang kita gunakan membawa tanggung-jawab dan konsekuensi.

Semua pemberian Tuhan dalam hidup kita juga ada tanggung-jawabnya: kekayaan, kecerdasan, karunia-karunia yang Tuhan beri dalam hidup kita. Nikmati semua yang Tuhan berikan dengan penguasaan diri, jangan semaunya sendiri. Saat Tuhan berkati kita, jangan tamak/ kemaruk. Tapi gunakan untuk membawa kemuliaan Tuhan.
Pesan Tuhan: lakukan bagian kita, Tuhan akan lakukan bagianNya.

Yeh 45: 13-17
Raja terima persembahan dari seluruh rakyat (ay 16) Tapi Raja harus ber-tanggung-jawab dan mengolah (ay 17).

Segala yang Tuhan taruh dalam hidup kita bukan dimaksud untuk kemewahan, tapi dengan tanggung-jawab, dan kita harus mengolahnya. Saat diberkati, respon orang percaya harus berbeda dengan orang dunia. Tuhan mau kita mengerti arti bertanggung-jawab seperti yang dilakukan Yusuf.

Kesaksian
Saat sekolah, bahasa Inggris p Agung parah dan tidak mampu. Saat kahir baru, Tuhan beri kemampuan untuk mengerti dan berbicara dengan bahasa Inggris. Karunia ini bukan untuk bergaya, tapi bagian dari tanggung-jawab untuk pergi membawa Injil pada bangsa-bangsa.
Tuhan beri nama JKI Injil Kerajaan bukan untuk gagah-gagahan, tapi ada tanggung jawab untuk membawa Injil hingga ke ujung dunia.

Nama gereja membawa misi dan tugas dari Tuhan :
Gereja dengan nama Injil, harusnya membawa kabar baik, bukan kabar busuk.
Gereja dengan nama kemuliaan, harusnya membawa kemuliaan Tuhan, bukan meninggikan diri sendiri.

Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (Why 3: 7)

Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka. (Yes 22: 22)

“pundak” adalah simbol tanggung-jawab. Kunci Daud sangat powerfull, diletakkan Tuhan di bahu, artinya ada tanggung-jawab yang harus dilakukan.

Kesaksian
Seorang hamba Tuhan dengan karunia hikmat-marifat. Semula p Agung berfikir dia akan jadi orang hebat. Tapi karena salah mempergunakan tanggung-jawab atas karunia itu, pelayanannya menurun dan hilang.

Membawa injil ke Eropa adalah tanggung-jawab, bukan untuk bergaya
Semakin banyak kita diberi, semakin banyak tanggung-jawab kita.
Tuhan lengkapi kita dengan ornamen yang mengagumkan bagi orang-orang lain, tapi itu adalah bagian dari tanggung-jawab.

Pengumuman
Jumat (18:30) -sabtu-minggu, 1-2-3 : ps. Robert learden.
Hari jumat leaders diharap hadir. P Agung akan share sesuatu yang sensitif.
Gambaran: Beberapa tahun lalu komunis tumbang. Itu mengakhiri perang dingin.
Saat ini ada raksasa lain yang juga akan tumbang.
Saat ada pohon besar tumbang, imbasnya akan kemana-mana.

Juli – rangkaian seminar di Eropa (lynds-Austria, middlesborough dan London-Inggris, Coeln-Jerman)
Mei – ps Kong Hee hadir kembali di HS.
Pemberkatan ulang nikah, kelas pada 24 dan 31 Mei

Kesaksian
24 April 2015 seorang hamba Tuhan memberikan kesaksian di depan PBB. Saat ke Sydney dia kena serangan jantung (12 November 2003). Saat jantungnya berhenti, dia dikejut listrik 10x, disebutkan doa (death on arrival). Secara medis dia mati klinis 45 menit tanpa detak jantung dan tanpa nafas. Harusnya otak rusak, tapi Tuhan datang dan dia dibangkitkan.
Setahun kemudian hamba Tuhan ini melakukan medical check-up. Hasilnya semua sempurna. Kemudian yang di cek DNA nya. Orang yang pernah kena serangan jantung, ada tanda-tandanya di DNA. Ternyata saat diperiksa, tidak ada tanda genetik yang menandakan pernah terkena serangan jantung. Ini hanya mungkin terjadi oleh mujizat Tuhan.
Di depan PBB, hamba Tuhan ini berkata bahwa yang bisa menyelesaikan semua masalah di dunia: kuncinya adalah Yesus Kristus, raja damai.
Di akhir pidato dia tawarkan Tuhan Yesus kepada wakil-wakil PBB sebagai perwakilan dari bangsa-bangsa di seluruh dunia (bertobat dan dibabtis- kisah rasul)

Ini adalah pesan langsung dari Tuhan kepada manusia.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064