Minggu, 17 Mei 2015
The Last Kingdom
Petrus Agung

Indonesia akan masuk tahun yobel besar. Tahun ini adalah kemerdekaan Indonesia ke-70. Jika mengacu pada masa pembuangan, maka tahun ini adalah masa pembebasan. Tanggal 1 Oktober adalah 50 tahun dari peristiwa G30S/PKI tahun 1965.

Kita harus tahu peta jaman, harus tahu kita hidup di masa apa.

Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah. ” (Dan 12: 4)

Pengertian tentang akhir jaman adalah sebuah progress, karena tidak disingkapkan seluruhnya secara langsung, tapi bertahap. Pengetahuan yang dikatakan dalam ayat di atas adalah pengetahuan tentang rahasia akhir jaman. Untuk memahaminya membutuhkan penyelidikan. Pewahyuan juga dibukakan secara perlahan oleh Tuhan, sesuai kondisi jaman.
Maka gereja saat ini memerlukan pengurapan Isakhar.

Dari bani Isakhar orang- orang yang mempunyai pengertian tentang saat- saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat orang Israel: dua ratus orang kepala dengan segala saudara sesukunya yang di bawah perintah mereka. (1Taw 12: 32)

Di jaman Daud, suku Zebulon adalah pasukan yang militan dan luar biasa. Tapi kekuatan tentara itu tidak berarti banyak tanpa kebijaksanaan (wisdom). Kebijaksanaan dimiliki suku Isakhar. Suku Isakhar memiliki kemampuan memilah-milah prioritas yang harus dikerjakan orang Israel.

Saat Tuhan berikan spirit Isakhar kepada kita, kita akan mengerti waktu dan yang harus dilakukan

Dan 2: 31-45
Suatu hari raja Nebukadnezar bermimpi, dan minta semua dukun dan ahli-nya untuk menafsirkan mimpinya. Supaya tidak tertipu, raja perintahkan semua ahlinya untuk menceritakan/ menebak mimpi raja, lalu menafsirkannya. Yang tidak bisa mengetahui mimpi raja akan dihukum mati.
Daniel menanyakan mimpi itu kepada Tuhan, dan Tuhan menyingkapkannya. Mimpi Nebukadnezar adalah tentang peta jaman yang sedang terjadi, dan akan terjadi ke depan hingga akhir jaman.

Mimpi Nebukadnezar: sebuah patung besar
1. Kepala terbuat dari emas
2. Dada dan lengan terbuat dari perak
3. Perut dan paha terbuat dari tembaga
4. Kaki terbuat dari besi
5. Jari-jari kaki terbuat dari besi dan tanah liat

Arti mimpi: akan ada setidaknya 5 kerajaan yang akan muncul sejak jaman Babel-Nebukadnezar hingga akhir jaman.

4 kerajaan pertama adalah super-power tunggal di dunia pada masanya.
1. Kerajaan Babilonia
Kekuasaan Babel terbatas, tapi di masa itu babel adalah satu-satunya negara super-power.
Wilayah: Sebagian Turki, Iraq, Mesir, sebagian Arab, Israel, Syria

2. Kerajaan Media-Persia
Babel dikalahkan oleh Media-Persia. Wilayah Media-Persia lebih luas dari Babel, tapi tidak lebih hebat dari Babel. Peralihan ditandai dengan tulisan di dinding: mene-mene-tekel-ufarsin (Dan 5: 25)
Wilayah Media-Persia: bekas wilayah Babel ditambah seluruh Turki, Persia, Afganistan, Pakistan, sebagian India.

3. Kerajaan Yunani
Kekuasaan Yunani makin besar di jaman Alexander Agung, Makedonia.
Wilayah Yunani : Wilayah Media-persia, Libya, Sudan, Makedonia (Yunani), sebagian Eropa, sebagian India.

4. Kekaisaran Romawi.
Wilayah Romawi: Wilayah Yunani ditambah sebagian besar Eropa, sebagian kepulauan Inggris Raya, Afrika Utara, sebagian timur tengah.

Beberapa puluh tahun terakhir para ahli Alkitab menyimpulkan bahwa kerajaan terakhir pasti negara-negara yang pernah dikuasai Roma. Sekian puluh tahun terakhir para ahli menyimpulkan antikris dari Eropa, yang merupakan bekas jajahan Romawi. Penafsiran ini diterima sangat luas.
Uni Eropa dalam perkembangannya tidak terlalu berkuasa di Eropa, bahkan dunia. Jumlah negara anggota lebih dari 10. dan tidak terlalu mempengaruhi dunia. Saat ini tidak ada super-power tunggal di dunia. Selain Uni Eropa masih ada kekuatan USA, Rusia, dan China.

Dalam sejarah, setelah Romawi hancur ada kerajaan yang pengaruhnya sampai ke Indonesia : Turki- Ottoman. Setelah kerajaan Majapahit (beragama Hindu) runtuh, yang berpengaruh adalah Demak (beragama Kedar). Walau tidak secara langsung, Turki-Ottoman memberi dukungan pada kerajaan-kerajaan Kedar di Indonesia.

Kerajaan terakhir (ke-5) adalah kaum Kedar. Wilayah Kedar lebih besar daripada Romawi:
Afrika tengah dan utara, timur-tengah, Rusia selatan, dll.
Kekuasaan mereka bukan disatukan oleh politik, tapi oleh agama.

Dan seperti tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi; memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang tuanku lihat besi itu bercampur dengan tanah liat. (Dan 2: 41)

Dalam perikop di atas disebutkan 4x kata “bercampur”.
“bercampur” = mixed (bahasa Inggris) = ערב (H6151) = Arab (bahasa Aramic)

Sifat dari kerajaan ke-5: sebagian keras seperti besi dan sebagian rapuh seperti tanah liat.
Di masa 4 kerajaan awal, masing-masing bangsa taklukan tetap berbicara bahasanya sendiri, dan budaya asli mereka tetap terpelihara.
Saat Babel berkuasa tidak pernah menghancurkan agama dan budaya lain, termasuk Yahudi. Dalam kisah Sadrakh-Mesakh-Abednego, raja justru mengakui raja orang Yahudi.
Di masa Media-Persia raja Koresy mengijinkan bangsa Israel membangun ulang tembok Yerusalem dan Bait Allah.
Di jaman Yunani ada budaya helenisme, yaitu pencampuran budaya barat dan timur. Dewa-dewa kuno Babel malah di hidupkan dan diadopsi.
Di jaman Romawi juga tidak ada penghancuran agama dan budaya. Bait Allah dihancurkan bukan karena agama, tapi karena pemberontakan.

Saat kerajaan terakhir muncul, sifat kerasnya terlihat:
Mesir, Libya, Babel (Iraq), Persia (iran), Turki, dll semua bukan bangsa Arab, tidak berbahasa Arab. Tapi setelah ditaklukkan secara agama, budaya-bahasa-huruf diubah menjadi Arab. Semua budaya lama habis, semua budaya kuno dihabiskan.
Bahkan saat ini mereka meng-koreksi di dalam internal mereka sendiri. Fenomena ini juga terjadi di Indonesia. Kerajaan terakhir memaksa kerajaan yang lama untuk berubah.
Sebagian Eropa dan sebagian Amerika sebenarnya sudah masuk kerajaan ini.

Kerajaan Kedar adalah yang terakhir, maka sewaktu-waktu Tuhan bisa datang.

Akan ada batu yang terungkit bukan oleh tangan manusia, menghantam bagian campuran besi dan tanah liat, dan semua habis, ujungnya kerajaan Tuhan berdiri sampai selama-lamanya.

Kata “batu” di kitab Daniel sama dengan kata “batu” di Mzm 118: 22-26. Batu ini adalah Yesus! Setelah kerajaan ke-5, yang ada adalah kerajaan Tuhan Yesus, dan kita ikut memerintah sebagai raja.

The stone which the builders rejected Has become the chief cornerstone. This was the Lord’s doing; It is marvelous in our eyes. This is the day the LORD has made; We will rejoice and be glad in it. Save now, I pray, O LORD; O LORD, I pray, send now prosperity. Blessed is he who comes in the name of the LORD! We have blessed you from the house of the LORD. (Mzm 118: 22-26, NKJV)

Ay 25 – doa minta dikirimkan keselamatan dan kelimpahan. Artinya keselamatan jiwa-jiwa dan kelimpahan akan datang serentak. Ini karena pemberian kepada bukan anak Raja akan dikembalikan kepada Raja di tahun yobel besar, dan kemudian diberikan pada anak-anak Raja.

Kita semua adalah anak Tuhan, Raja di atas segala raja

Kisah janda yang hanya punya minyak sebuli-buli kecil
Bagian Tuhan: mengubah minyak yang sedikit jadi berlipat ganda.
Bagian janda: menjual dan me-manage berkat yang Tuhan berikan, sehingga cukup untuk membayar hutang dan membiayai sisa hidupnya.
Karena ada bagian manusia, Tuhan perintahkan p Agung mendengar dari Tuhan, menyampaikan pada jemaat, dan mempersiapkan jemaat. Bagian jemaat mendengarkan, percaya, lalu melakukan.

Firman adalah kunci pengetahuan. Saat mengerti Firman, kita akan siap saat berkat Tuhan datang.

Kita hidup di jaman akhir, setiap saat batu penjuru utama itu bisa digulirkan. Maka kita harus terus menyiapkan diri: MK (mezbah keluarga) harus terus melakukan doa keliling.
Saat doa keliling, lihat mana yang harus kembali pada Raja kita. Lalu buat proposal kepada Tuhan untuk ambil alih hal itu si tahun Yobel.
Setiap goncangan ada efeknya, tapi kita katakan: tidak ada efek buruk, tapi jiwa-jiwa dituai.

Yes 42: 9-12
Ay 9 – Ini adalah roh pengurapan dari Isakhar, yaitu kenabian.
Ay 10 – Negara kepulauan terbesar di dunia adalah Indonesia, terdiri minimal 17 ribu pulau.
Ay 11 – Ada padang gurun, dan yang tinggal di situ adalah kelompok Kedar.
Akan tiba waktunya kegerakan akan begitu besar di Indonesia, karena bangsa ini dalam sorotan mata Tuhan sejak awal.

Kesaksian
Kehadiran JKI dalam acara Ps Morris di Israel bagi orang Kristen Mesianic diperhitungkan. Ini sesuai nubuatan Yesaya bahwa suara kenabian dari pulau-pulau saat ini diperhitungkan di dunia.

Mungkinkah “batu” yang disebutkan di kitab Daniel berasal dari Indonesia ?

Tahun 2015 Indonesia mengalami 3 hal: 70 tahun Indonesia merdeka, Yobel (50 tahun) dari G30S/PKI, Israel masuk tahun Sabath. Hanya Indonesia yang mengalaminya.
Besi bicara hal keras, tanah liat bicara sesuatu yang lunak. Ada yang coba menafsir bahwa besi bercampur tanah liat: sesuatu yang keras bercampur demokrasi.

Yes 60: 1-7 – Artinya jiwa-jiwa dan kelimpahan akan berhimpun pada kita.

Janji Tuhan bagi kita:
Thus says the Lord God: If the prince gives a gift to any of his sons out of his inheritance, it shall belong to his sons; it is their property by inheritance. But if he gives a gift out of his inheritance to one of his servants, then it shall be his until the year of liberty [ the Year of Jubilee ]; after that it shall be returned to the prince; only his sons may keep a gift from his inheritance [ permanently ]. (Yeh 46: 16-17, AMP)

Tidak ada satupun kepercayaan di dunia yang berani memanggil Tuhan sebagai Bapa. Maka pemberian Tuhan kepada kita bersifat permanen, pemberian Tuhan kepada hamba yang bukan anak berakhir pada tahun Yobel.

Saat kita tangkap pesan Tuhan dengan kuat, cara hidup-usaha kita akan berbeda.

Pendahuluan
> Tim kedua JKI ke Nepal sudah berangkat
> Tim dokter JKI seminar dokter Kristen sedunia di Kuala Lumpur, dengan tema kesembuhan Ilahi.
> 3-4-5 Juni (rabu-kamis-jumat), kesembuhan Ilahi bersama pdt Dimma, Ukraina.
Karunia kesembuhan bisa di-impartasi-kan. Maka jemaat diharap datang dengan kehausan yang besar akan Tuhan, dan mengingini karunia itu. Caranya dengan mencari orang sakit, bawa ke Holy Stadium, lalu didoakan.

Kesaksian tentang impartasi
Saat p Agung masih kuliah, ada hamba Tuhan yang memperkenalkan fenomena rebah dalam Roh (slain in the spirit) saat urapan Tuhan kuat kemudian seseorang ditumpangi tangan. P Agung ingin tahu dan rindu memperoleh karunia itu. Saat altar call, 10 orang maju, tapi hingga orang ke-7 tidak seorangpun yang tumbang. Banyak orang di titik ini tidak percaya dan pergi. Tiba-tiba orang ini minta p Agung bantu menumpangi tangan, dan 10 orang itu tumbang dalam Roh. Ini adalah impartasi karunia.

Dengan maksud apapun, yang penting Injil diberitakan, dan itu tetap powerful. Ilustrasinya tentang bom. Bom itu powerfull, di tangan siapapun: di tangan TNI untuk membela negara, di tangan orang lain untuk mem-bom ikan, dll. Karunia Tuhan sama dengan bom.

> JKI Injil Kerajaan dan yayasan Sangkakala bekerja sama membuat program MA dan MTh.
> Kamis-Jumat, 21-22 seminar persiapan untuk Yobel besar jam 18:30.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064