Minggu, 03 Mei 2015
Pengurapan
Robert Liardon

Setiap orang yang besar juga melakukan hal yang bodoh. Setelah itu terjadi, Tuhan mengangkat mereka, membersihkan mereka, lalu memberi mereka kesempatan kedua, kesempatan ketiga, bahkan jika perlu kesempatan keempat. Jangan kejam terhadap para pengajar, tapi cintai dan doakan mereka. Jika para pengajar melakukan kesalahan, tetap katakan kata-kata yang baik pada mereka.

Perlakukan orang lain seperti anda ingin diperlakukan saat berada dalam kondisi yang sama

Saat ada siapapun yang mengalami tantangan atau kejatuhan, jangan hakimi. Berhentilah sesaat dan berfikir: jika kita berada di posisi mereka, bagaimanakah kita ingin diperlakukan, kemudian lakukan itu. Ps Liardon semula bertumbuh di lingkungan gereja yang kejam terhadap hamba Tuhan yang jatuh. Di satu titik ps Liardon memutuskan untuk bersikap baik terhadap siapapun. Sehingga saat menghadap Tuhan setelah kematian, dan Tuhan menunjukkan kelemahan terbesar ps Liardon saat di bumi, yang ada adalah “terlalu baik”, bukan “terlalu kejam”.

Tabur kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan. Tabur kemurahan, maka kita akan menuai kemurahan. Tabur perbuatan baik, maka kita akan menuai perbuatan baik.

Kisah Smith Wigglesworth
Ps Wigglesworth adalah penginjil kesembuhan dari Inggris, tercatat membangkitkan 23 orang dari kematian. Di awal ps Wigglesworth agak gagap. Saat menerima Roh Kudus, dia disembuhkan dan jadi pengkhotbah hebat. Karakter ps Wigglesworth unik.

Contoh keunikan ps Wigglesworth:
Orang pertama yang dibangkitkan ps Wigglesworth bernama Lazarus. Awalnya ps Wigglesworth diminta mendoakan Lazarus yang sedang sakit, tapi sesampai di rumah itu ternyata sudah mati. Ps Wigglesworth mengangkat mayat itu, didorong ke tembok sambil diteriaki: “hidup”, lalu melepaskannya. Hal ini 3 kali dilakukan. Saat akan mengangkat yang ke-4 kalinya, mata mayat terbuka, terbatuk, lalu orang itu bangkit.

Seorang yang sakit kanker perut dibawa pada KKR yang dilayani ps Wigglesworth untuk didoakan. Ps Wigglesworth memukul perut si sakit, lalu melanjutkan mendoakan orang yang lain lagi. Tiba-tiba suasana menjadi riuh karena orang yang sakit kanker perut itu bangkit, perutnya mengecil, lalu dia melompat-lompat, dan disembuhkan total oleh kuasa Tuhan.

Kisah Kathryn Kuhlman
Tuhan beri Kathryn 3 karunia yang luar biasa: kesembuhan, mujizat, kata-kata pengetahuan. Kebaktian Kathryn bisa berlangsung 3 hingga 4 jam. Di jam-jam pertama seringkali tidak terjadi apapun. Kathryn hanya berdiri di panggung sambil menceritakan tentang sahabatnya: Roh Kudus.
“Jika engkau mendukakan Roh Kudus, tidak ada apapun terjadi di sini karena aku tidak memiliki kuasa penyembuhan. Roh Kuduslah yang harus diperhatikan seluruh jemaat.”
Di suatu saat tiba-tiba urapan datang, lalu orang-orang di seluruh ruangan disembuhkan tanpa disentuh. Tapi yang lebih luarbiasa: jemaat merasa jamahan Roh Kudus yang sangat kuat, bahkan hingga tubuh bergetar, semua terjadi selama 3-4 jam.
Di akhir pelayanan Kathryn mengadakan altar call bagi mereka yang ingin diselamatkan dalam Yesus.

Mujizat yang terbesar bukanlah kesembuhan atau kebangkitan dari kematian, tapi saat jiwa-jiwa diselamatkan dengan menerima Yesus dalam hidup mereka

Kebangunan Rohani / Revival
Kebangunan rohani terjadi setiap 10-15 tahun, baik dalam skala nasional maupun internasional. Jika kita hidup dengan baik, kita mencapai usia 80 atau 90 tahun, kita seharusnya mengalami 6 atau 7 kali kegerakan Tuhan yang berbeda. Banyak orang hanya mengalami 2 kali revival: saat pertama kali diselamatkan, dan saat membutuhkan suatu mujizat. Selebihnya mereka memilih duduk diam.

Mari terus bergerak bersama Tuhan, tetap meminum anggur Roh Kudus, dan jangan berhenti.

Gereja harus terus bergerak. Jangan menjadi terlalu besar sehingga sulit bergerak, atau terlalu terkenal sehingga tidak mau mengikuti apa yang Tuhan hendak lakukan.

Ps Liardon sudah menjadi bagian dari 3 kebangkitan rohani. Ps Liardon lahir baru pada masa kebangkitan rohani karismatic (charismatic revival). Roh Kudus bergerak pada gereja-gereja kuno di tahun 50-60an. Roh Tuhan menjamah gereja-gereja methodist, lutheran, episkopal, katolik, kemudian memenuhi mereka. Pemimpin besar kegerakan ini adalah Kathryn Kuhlman.

Setiap kebangkitan rohani memiliki 3 fase: awal, puncak, dan akhir. Banyak orang tidak berfikir bahwa suatu kegerakan rohani akan berakhir. Setiap revival akan berakhir untuk memberikan jalan bagi kegerakan Tuhan selanjutnya.

Charismatic revival terhenti pada tahun 70-an, diikuti kebangkitan the word of faith revival atau teaching revival (kebangkitan rohani pengajaran Firman). Cara kerja revival ini bertolak-belakang dengan revival karismatik.

1Kor 12: 1-7
Kita harus mengerti cara Roh Kudus bergerak. Banyak orang mengerti Firman Tuhan, tapi mereka tidak tahu bagaimana Roh Kudus bergerak untuk membentuk dan menggenapi Firman Tuhan itu. Banyak orang mengajarkan Firman, tapi terlewat dari kegerakan Roh Kudus.

Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang (1Kor 12: 4-6)
There are diversities of gifts, but the same Spirit. There are differences of ministries, but the same Lord. And there are diversities of activities, but it is the same God who works all in all (1Kor 12: 4-6, NKJV)

Banyak orang salah persepsi dengan menginginkan karunia mereka bekerja pada semua orang. Tapi Alkitab berkata bahwa ada berbagai karunia, berbagai pelayanan, tapi Tuhan-nya sama.

Tuhan selalu membuat perbedaan untuk kemajemukan

Kadang gereja-gereja lokal ingin meniru persis gereja induknya, ingin mendapatkan karunia yang sama dengan pemimpinnya. Tuhan memberikan karunia yang berbeda untuk teritorial yang berbeda. Para rasul masa kini harus bisa menikmati karunia-karunia yang berbeda, tapi memastikan bahwa semuanya berasal dari Roh Tuhan yang sama. Roh Kudus mungkin mengajarkan hal yang berbeda antara gereja cabang dengan gereja induk. Jika kita mengharapkan hal yang sama dengan cara yang salah, maka gereja cabang akan tetap kecil. Tapi jika karunia dan tindakan yang berbeda diijinkan bekerja, dengan berita injil dan Roh yang sama, maka akan ada pertumbuhan.

Roh Kudus bekerja berbeda di tiap-tiap kebangunan rohani.

Dalam kebangkitan rohani karismatik, Roh Kudus digambarkan seperti burung merpati.
Burung merpati adalah salah satu simbol Roh Kudus, tapi bukan satu-satunya. Roh Kudus muncul seperti burung merpati atas Yesus sesudah Ia dibabtis oleh Yohanes Pembabtis. Roh Kudus tidak muncul sebagai burung merpati di bagian lain Alkitab. Dalam kitab Kisah para rasul Roh Kudus turun atas gereja seperti tiupan angin yang keras

And suddenly there came a sound from heaven, as of a rushing mighty wind, and it filled the whole house where they were sitting (Kis 2: 2)

Saat kita hanya berbicara tentang Roh Kudus dalam lambang burung merpati, dan tidak ijinkan kuasaNya yang hebat, maka kita tidak akan memiliki seluruh kemenangan dalam Yesus, karena simbol merpati tidak menunjukkan kekuatan kuasa Tuhan yang akan turun saat ini.

Alkitab seringkali menggambarkan kegerakan Tuhan dengan binatang

Lambang Roh Kudus yang lain: singa (otoritas, kuasa/ dominion, raja), elang/ rajawali, lembu.
Saat kegerakan karismatik berakhir dan kegerakan Firman dimulai, mereka yang sudah terbiasa dengan manifestasi karismatik menolak hal-hal yang baru.

Setiap karunia yang berbeda, menimbulkan pelayanan yang berbeda.

Kegerakan karismatik dipimpin penginjil kesembuhan, kegerakan Firman dipimpin oleh guru/ pengajar. Penginjil memerlukan musik. Pengajar tidak perlu musik, tapi perlu waktu. Di era word of faith revival tidak banyak album musik dihasilkan. Tapi ada jutaan rekaman kaset pengajaran dan buku-buku pengajaran. Salah satu pemimpin kegerakan ini adalah Kenneth Hagin. Di masa ini orang datang ke gereja dan mencatat Firman.

Teaching revival membawa anak Tuhan menjadi cerdas secara spiritual dan intelegensia, karena di masa sebelumnya pengertian anak Tuhan tentang Firman kurang dalam

Setelah teaching revival berakhir, Tuhan memulihkan prophetic ministry (pelayanan profetik) dan memulihkan apostolik ministry (pelayanan rasuli). Beberapa kelompok dari kegerakan sebelumnya tidak menyukai kegerakan yang baru. Mereka menolak nubuatan, pengelihatan, dll. Mereka kecanduan secara emosional dan jiwa pada cara kerja Tuhan dalam revival sebelumnya, dan tidak bisa mengikuti transisi.

Ambil keputusan untuk mengikuti kegerakan dan penekanan Tuhan di musim yang berbeda

Kegerakan Roh Kudus di musim ini tidak dengan cara merpati, singa, atau rajawali, tapi lembu (ox).

Where no oxen are, the trough is clean; But much increase comes by the strength of an ox (Ams 14: 4, NKJV)

Akan ada penambahan yang luar biasa datang dari kekuatan lembu. Ini adalah hari-hari penambahan yang besar (much increase): penambahan jumlah, penambahan kekuatan, penambahan jiwa, penambahan terobosan. Urapan ini diperlukan banyak bangsa untuk melaksanakan panggilan Tuhan.

Banyak visi dan kata-kata nubuatan tentang kota-bangsa-negara, tapi banyak yang tak tergenapi. Ini karena manifestasi Roh Kudus yang diperlukan untuk sebuah terobosan berbeda dengan yang diharapkan oleh anak-anak Tuhan di kota-bangsa-negara itu. Mereka membatasi Roh Kudus pada merpati, rajawali atau singa, padahal Roh Kudus datang sebagai lembu.

Lembu tahu tugasnya dan suka bekerja. Urapan yang datang seperti lembu adalah urapan untuk bekerja (work annointing). Kita bekerja bersama Roh Kudus di ladang Tuhan, hingga terobosan terjadi.

Ilustrasi
Dalam sejarah Amerika, ada 3 jenis binatang yang digunakan untuk menyeberang dari pesisir timur ke pesisir barat: bagal (mule), kuda dan lembu. Bagal kadang-kadang menjadi keras kepala dan bertindak semaunya, kuda cepat lelah. Tapi lembu bisa menarik kereta dalam cuaca apapun: panas terik, hujan, bahkan salju; jenis jalan apapun: keras, berlumpur, berbatu, atau mendaki. Lembu tidak pernah menyerah. Saat roda kereta terperangkap dia akan tetap menarik kereta, bahkan hingga luka.

Dengan kekuatan lembu, akan ada penjumlahan yang besar. Saat urapan ini bekerja, maka hasilnya akan luar biasa, dan semua nubuatan akan digenapi: banyak jiwa diselamatkan, kota dimenangkan, gereja-gereja besar dibangun, nubuatan-nubuatan terjadi, banyak terobosan terjadi.

Urapan sudah bergeser, pelayanan sudah berubah, revival sudah datang, ini adalah hari bagi kita untuk bekerja dengan sukacita untuk hasil dan tuaian yang besar.

Kesaksian
Setelah melakukan pelayanan di Inggris selama 5 tahun, ps Liardon kembali ke Amerika. Ps Liardon menjumpai manifestasi “berendam (soaking)”: beberapa orang rebah dalam Roh dan terbaring di sekeliling mimbar hingga kebaktian selesai. Menurut ps Liardon, setelah orang-orang itu kepenuhan, mereka harus bangkit, dan mulai bekerja di ladang Tuhan dengan kekuatan lembu.

Urapan lembu sedang terjadi saat ini di seluruh dunia, juga di gereja JKI. Akan ada dimensi baru dari urapan lembu yang akan datang, dan semakin kuat: bertambahnya pengaruh, bertambahnya keuangan, bertambahnya bangsa, bertambahnya penginjilan, bertambahnya pelayanan, dll.

Pengantar – Petrus Agung
Cara terbaik membawa kerajaan Tuhan turun di atas bumi: memberitakan nama Yesus kepada sebanyak mungkin orang. Manfaatkan setiap kesempatan yang Tuhan berikan, jangan hanya menyukakan Tuhan di gereja saat menyembah Tuhan. Jangan sibuk dengan urusan yang tidak membawa kekekalan. Injil Kerajaan harus diberitakan dan menjadi kesaksian bagi semua bangsa, baru tiba kesudahannya.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064