Minggu, 23 Agustus 2015
Pulih Total
Petrus Agung

Ps Nieman membahas alfa moment dalam hidup kita: suatu peristiwa kecil yang jika kita perhatikan akan membawa dampak yang besar. Ada sesuatu yang jika kita terima, akan berbuah sesuatu yang besar di masa depan. Jangan interupsi Tuhan jika Dia sedang bekerja.

Klip: jangan interupsi Tuhan.

Kita bisa belajar dari pergumulan seseorang dalam hidupnya. P Agung bertanya apa yang saat ini paling sulit di hidup ps Nieman, setelah istrinya meninggal di Desember 2012. Ps Nieman dan istri sudah menikah selama 42 tahun. Di Amerika orang tua tidak biasa tinggal dengan anak-anaknya. Ps Nieman sering merasa sendiri. Tapi masa-masa sulit ini dialami semua orang. Saat ditanya : apa yang menyebabkan cepat pulih, ps Nieman membagikan poin-poin penting dari hidup Daud.

1Sam 30: 1-6
Ziklag: dipelintir/ winding. 2 hal yang dilakukan Daud sehingga mengalami pemulihan total

1. Daud menguatkan kepercayaan kepada Tuhan

Yang dialami Daud dan pasukannya sangat berat. Di kondisi berat kebanyakan orang mencari kambing hitam. Maka mereka akan melempari Daud dengan batu, dan Daud sangat terjepit.
Banyak orang Kristen mengeluh tidak kuat, dan tidak tahu cara membangun imannya lagi.

Arti kata “menguatkan kepercayaannya”
1. seperti seseorang memeluk Tuhan habis-habisan, dengan kuat. Untuk ini perlu keyakinan bahwa hanya Tuhan satu-satunya yang bisa menolong kita. Ini harusnya menjadi reaksi pertama kita: peluk Tuhan dengan erat, jangan cari pertolongan dari orang lain.
2. Seseorang memutuskan untuk bisa pulih di hari itu. Jika kita mau kuat, keputusan kita harus sesuai dengan hati Tuhan. Kita harus membuat keputusan karena Tuhan memberikan kepada manusia free will dan otoritas. Maka keputusan yang kita ambil di dalam Tuhan : dihargai Tuhan.

Seringkali pertolongan Tuhan muncul setelah kita membuat keputusan. Tuhan akan mendukung keputusan-keputusan kita yang sesuai dengan hati Tuhan.

1Sam 30: 7-8 – Keputusan Daud untuk pulih dihargai Tuhan. Sehingga saat Daud mengajukan 2 pertanyaan, Tuhan berikan 3 jawaban.
Daud ajukan 2 pertanyaan:
Haruskah mengejar? ini adalah iman. Daud tidak mendahulukan kepentingan dan emosinya.
Dapatkah mereka disusul?

Tuhan berikan 3 jawaban:
Kejarlah!
Daud akan bisa menyusul mereka.
Daud akan bisa melepaskan para tawanan. dalam bahasa Inggris: akan pulih total (recover all).

So David inquired of the LORD, saying, “Shall I pursue this troop? Shall I overtake them? ” And He answered him, “Pursue, for you shall surely overtake them and without fail recover all. ” (1Sam 30: 8, NKJV)

Jawaban ke-3 Tuhan adalah jawaban atas keputusan Daud, karena Tuhan menghargai keputusan itu. Dengan bertanya pada Tuhan, artinya Daud mendahulukan Tuhan, dan memutuskan untuk pulih.

Tuhan menghargai setiap keputusan kita untuk tetap ada di jalur Tuhan.

Kesaksian
Seorang jemaat berhutang banyak, pekerjaan tidak jelas. Saat penerbangan dia membaca buku John Avanzini. Di buku itu diajar bebas dari hutang (debt-free). Yang membuat dia bergantung tidak pada Tuhan: kartu kredit. Hari itu dia memutuskan dengan Tuhan saja, lalu menekuk kartu-kartu kreditnya, sehingga rusak dan tidak bisa menggunakannya lagi. Dalam beberapa bulan dia mengalami pemulihan total.

Banyak orang seperti orang sakit di tepi kolam Betesda: ditanya “maukah sembuh?” , jawabannya Ziklag / memelintir. Harusnya cukup jawab: mau atau tidak mau.

Putuskan bahwa semua hutang lunas terbayar, putuskan tidak lari dari segala masalah.

Oleh perjalananmu yang jauh engkau sudah letih lesu, tetapi engkau tidak berkata: ” Tidak ada harapan! ” Engkau mendapat kekuatan yang baru, dan sebab itu engkau tidak menjadi lemah. (Yes 57: 10)

Walau letih, orang ini selalu memutuskan bahwa ada harapan, mulutnya tidak berkata yang negatif. Mengeluh, complain, mengomel, cari kambing hitam dalam hidup: tidak menolong apapun.

Walau keputusan kita tidak murni kehendak Tuhan, tapi jika Tuhan berkenan maka akan disetujui.

Kesaksian
Tahun 1988 ada reformasi, persis kenaikan Tuhan Yesus. Peristiwa ini membawa perubahan besar dalam gereja. Sebelum 98 perkembangan gereja lambat, diawali 25 orang, hanya mencapai 400 orang setelah 7 tahun berdiri. Karena peristiwa 98, ada tambahan jemaat baru sehingga totalnya sekitar 700 orang.
Di bulan September ps Kong Hee hadir di JKI. Saat akan makan siang bersama, ps Kong berkata bahwa jemaatnya sudah 16 ribu. Ps Kong lalu bertanya berapa jemaat p Agung. Dalam hati p Agung agak jengkel dan dongkol, karena merasa kalah. Kemudian ps Kong bertanya: tahun depan mau memiliki berapa jemaat?
Ps Kong sendiri ingin jemaatnya 25 ribu. P Agung sebenarnya ingin menjawab 800, tapi malu. Kemudian p Agung menjawab karena terjepit dan terpicu oleh gengsi: 2 ribu. Gengsi adalah kesombongan. Setelah menjawab, baru p Agung berfikir: darimana? Ps Kong tidak mencela, malah justru meng-aminkan, lalu mengajak p Agung untuk sepakat: “2 ribu sebelum tahun 2000”
Awalnya p Agung tenang karena merasa ini hanya percakapan pribadi. Sorenya percakapan ini dikhotbahkan pada jemaat.
Desember 1999 jemaat JKI benar-benar menembus 2 ribu. Walau dasarnya kesombongan, tapi Tuhan tetap berikan. Tuhan berikan karena saat itu usia rohani p Agung belum seperti sekarang. Tuhan melihat kesombongan p Agung, tapi juga melihat kemauan untuk bertanggung-jawab. Keputusan p Agung itu dihargai Tuhan.

Jangan takut membuat keputusan bagi hidup kita! Jika anakNya berani ambil keputusan, bagi Bapa itu anak yang berani bertanggung-jawab. Banyak hal di hidup p Agung jadi besar saat ini karena di masa lalu dipaksa Tuhan. Tapi untuk itupun ada keputusan yang diambil.

Kesaksian
Januari 2007 JKI mulai menjangkau anak Raja. 31 des 2006 ada acara akhir tahun di Holy Stadium. Tapi kebaktian itu adalah kebaktian yang paling tidak ada hadirat Tuhan. P Agung bertanya apa kesalahannya, dan takut jika Tuhan tinggalkan.
1 Jan 2007, sore hari, p Agung dan beberapa rekan berdoa. Tidak ada hadirat Tuhan. Mendadak Tuhan hadir dan memerintahkan untuk membuat sekolah: PG-TK-SD-SMP-SMA serentak. P Agung mengerti bahwa akan menghadapi kritik, dll.
Untuk laboratorium menggunakan barang-barang pinjaman, hanya untuk peninjauan. Di tahun pertama ada 1000 murid, sekarang 4 ribu murid.
P Agung tidak tahu bahwa ijin untuk SMA TerBang adalah sma terakhir yang mendapat ijin untuk didirikan di Semarang.

Hanya Tuhan yang mengerti masa depan. Jika masa itu tidak gila-gilaan dengan Tuhan, hari ini tidak jadi apapun, malah parah. Sekolah hanya akan jadi penyesalan.

Akulah yang menguatkan perkataan hamba- hamba- Ku dan melaksanakan keputusan- keputusan yang diberitakan utusan- utusan- Ku; yang berkata tentang Yerusalem: Baiklah ia didiami! dan tentang kota- kota Yehuda: Baiklah ia dibangun, Aku mau mendirikan kembali reruntuhannya! (Yes 44: 26)

Walau Tuhan paksa kita, tetap kita yang harus ambil keputusan. Mari belajar membuat keputusan yang benar di hadapan Tuhan.

2. Mengerti cara berfikir Tuhan.
Orang yang membiasakan diri bertanya kepada Tuhan, akan dijawab dan mendapatkan keputusan Tuhan. Setiap kali kita dapat keputusan Tuhan, kita akan jadi lebih faham cara berpikir Tuhan. Akhirnya kita bisa mencapai apa yang Paulus katakan: aku memiliki pikiran Kristus.

Sebuah gelombang baru sedang muncul: jawaban doa Tuhan Yesus. Kita harus bisa membaca gelombang-gelombang Tuhan yang datang di hidup kita.

Yoh 17: 20-24
Ay 20 – Kita termasuk yang didoakan Tuhan.
Ay 22 – Tubuh Tuhan/ gereja/ orang percaya bisa menjadi satu karena kemuliaan dan kuasa Tuhan.

Tuhan sangat ingin memberi kita kemuliaanNya.

Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita. (1Kor 2: 7)

Desember akan terhimpun 100 ribu pasukan Tuhan. P Agung sudah menyampaikan visi ke Solo (selasa, hadir 700 an) dan Jepara (rabu, hadir 700 an), sambutannya luar biasa. Di Semarang hadir 900 an lebih, dari sekitar 20 sinode. Akan ada kegerakan secara merata di berbagai gereja, bukan hanya di satu atau dua gereja saja. Pemerintah/ bamag juga sudah men-support.

P Agung bekerja dengan pamrih: hati Tuhan disukakan, Tuhan meng-apresiasi. Saat Tuhan disenangkan, semua masalah akan beres.

Buat keputusan, dan baca ke mana arah gerak Roh Tuhan. Jika kita ingin pulih: ikut di mana kegerakan Tuhan sedang terjadi.

Pengumuman
Minggu pertama sept, akan ada korban khusus untuk acara desember.
Rekening khusus utk acara KKR akhir tahun 28-30 Desember 2015: BCA 009 497 9991 a/n Petrus Agung Purnomo

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064