Minggu, 20 September 2015
Ayin Vav 5776
Petrus Agung

Pembukaan
Kuda hitam akan muncul dan menghabisi ekonomi. Tapi Tuhan berkata supaya tidak merusakkan minyak dan anggur. Selama ada minyak dan anggur, hidup kita tidak bisa disentuh oleh yang jahat. Maka semua jemaat akan diurapi dengan minyak dan anggur.

Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: “Mari!” Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya. Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: “Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu.” (Why 6:5-6)

1. Kota pengungsian
Saat akan landing di semarang, ps. Jedidah Tham bertanya kepada Tuhan: Semarang ini kota yang seperti apa. Beberapa belas tahun sebelumnya saat di Semarang, ps Tham harus bertempur lebih dulu dengan penguasa kota Semarang sebelum mengalahkan penguasa itu.
Tuhan tunjukkan ada malaikat besar menudungi seluruh kota Semarang. Tuhan berkata bahwa Semarang akan jadi kota perlindungan/ pengungsi. Suatu kali seluruh dunia akan mengalami krisis pangan, dan JKI akan bertugas memberi makan banyak orang.
Acara KKR Sesember adalah latihan bagi JKI, untuk kelak memberi makan banyak orang.
Jika kelaparan besar ini terjadi, akan bersamaan dengan lawatan Tuhan yang besar.

Saat Yusuf di Mesir. Momentum kelaparan digunakan Yusuf untuk membawa seluruh Mesir tunduk pada Firaun. Di masa kini kita akan membawa banyak jiwa pada Tuhan Yesus.

Acara Desember:
Perlu dibuat tenda dari paranet, supaya teduh dan udara bisa mengalir. Dibutuhkan banyak paranet dan tiang pancang.

2. Masalah pajak
Negara butuh dana. Salah satu sumbernya dari pajak. Jika kurang, maka harus hutang ke luar negeri. Tapi akibatnya negara di kontrol oleh negara pemberi pinjaman.
Ada ketakutan bagi rakyat dalam urusan pajak. Dalam pertemuan dengan kepala kantor wilayah pajak Jakarta Utara, gereja diijinkan melakukan pendampingan bagi jemaat dalam pengurusan pajak.

Tujuannya: negara mendapat penghasilan dari pajak, dan jemaat bisa tenang

Bagi yang membutuhkan bantuan dalam bidang perpajakan, dapat mengirimkan pertanyaan, masukan dan konsultasi melalui:
Email: Jkiik.taxhelper@gmail.com
BBM: 5A5C1479
Sms only: 081 7005 2555

Ayin vav 5776

To everything there is a season, A time for every purpose under heaven (Pkh 3: 1)

Segala sesuatu ada waktunya. Maka di tahun ayin vav ini Tuhan juga akan kerjakan sesuatu. Saat akan mengerjakan sesuatu, biasanya Tuhan beri isyarat bagi anak-anakNya. Tahun ini kita akan masuk tahun ayin vav. Ada 4 pesan Tuhan tentang ayin vav, dan ini berlaku selama setahun.

1. Patok harus tertanam kuat
Huruf vav bentuknya seperti patok. Di tahun ini mata Tuhan tertuju pada patokNya, dan bisa dikatakan bahwa ini adalah tahun “patok”.

Kesaksian
P Yusak panggilannya pilar atau patok. Hari jumat-sabtu kemarin p Yusak datang ke Semarang untuk mengajar di Impact, dan mengikuti wisuda siswa Impact. Karena sakit, p Yusak batal pulang ke Bandung di minggu pagi. Minggu siang p Yusak kembali sehat, dan ikut kebaktian sore. Maka sore itu p Yusak bersama-sama jemaat memasuki ayin vav yang merupakan tahun patok. Di akhir kebaktian p Yusak mengucapkan berkat bagi jemaat. Ini adalah tanda dari Tuhan.

Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu! Sebab engkau akan mengembang ke kanan dan ke kiri, keturunanmu akan memperoleh tempat bangsa-bangsa, dan akan mendiami kota-kota yang sunyi (Yes 54: 2-3)

Patok harus dipancangkan dengan kuat karena kemah kita akan mengembang ke kanan dan kiri.
Tahun ayin vav adalah saat ekspansi dalam kehidupan, tapi harus diawali dengan patok yang tertanam kuat, sehingga bisa meng-ekspansi dengan kuat. Termasuk: urusan pajak, dll, harus dibereskan supaya tidak mudah goncang.

Setiap kali melakukan sesuatu ada tanggung-jawabnya. Bahtera sudah berusia 10 tahun, dan itu adalah masa penentuan: turun atau naik. Ternyata Tuhan perintahkan untuk mengumpulkan 100 ribu orang, sekaligus memberi mereka makan. Ini artinya Bahtera tidak turun, tapi sedang naik.

Dalam forum antar pendeta sinode JKI, p Agung membagikan visi tentang acara Desember. Setelah p Agung menyampaikan, p Adi sangat terharu, karena jiwa-jiwa akan kembali di tuai.

Ini tahun ekspansi, tapi patok kita harus kuat!

Negara yang mulai berkembang harus menyiapkan generasi selanjutnya melalui pendidikan. JKI juga sudah bergerak di bidang pendidikan informal dan formal. Pendidikan informal: Impact, Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), rumah singgah, Paud (pendidikan anak usia dini). Pendidikan formal: playgroup-SD-SMP-SMA-SMK-akademi-Pasca sarjana (Mth dan Sth).
Peluang ke depan:
Kerjasama dengan universitas di Malaysia untuk membuka perkuliahan S1 di Semarang.
Penawaran keringanan biaya study dari Houston Collage
Penawaran bea-siswa Babtist univ of California.

Ini bukan tahun sekedar “bertahan hidup”, tapi kita harus dan akan berkembang. Tapi patok kita harus kuat: iman, pengertian, administrasi, manajemen, pendidikan, pajak, semua ditata dengan baik.

2. Titik temu antara doa dan anugerah Tuhan
Terjemahan kata “vav” adalah “dan”. Kata ini menghubungkan kata sebelum dan sesudahnya.

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi (Kej 1:1)

Kata “vav” di ayat di atas adalah titik temu antara surga dan bumi, yaitu pertemuan antara doa-doa dan iman kita dengan anugerah dan kuasa Tuhan.
Titik temu terhebat antara Tuhan dan manusia: tubuh kita.

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? (1Kor 6: 19)

Tuhan memilih orang, Tuhan memilih waktu, Tuhan memilih cara, Tuhan memilih tempat.
Orang yang dipilih Tuhan menjadi orang yang diurapi
Waktu yang dipilih Tuhan disebut kairosNya
Cara yang dipilih Tuhan adalah prosedural Surga
Tempat yang dipilih Tuhan menjadi sakral

Di tahun ini, mari percaya bahwa apapun yang kita naikkan dengan iman: kerinduan hati, iman, doa; akan bersentuhan dengan jawaban anugerah dan kuasa Tuhan, dan doa-doa kita didengar Tuhan.

3. Tahun yang “sungguh amat baik”
Vav adalah huruf ke 6 dalam aksara Yahudi. Angka 6 adalah angka manusia, karena manusia diciptakan di hari ke-6.

Kej 1: 27-31
Pada hari-hari sebelumnya, saat Allah menciptakan, dikatakan bahwa: “Allah melihat semua itu baik”.
Tapi setelah menciptakan manusia, Allah berkata: “Allah melihat semua itu sungguh amat baik”

Tahun 2015 ini adalah tahun “sungguh amat baik”

“Then the Spirit of the LORD will come upon you, and you will prophesy with them and be turned into another man. “And let it be, when these signs come to you, that you do as the occasion demands; for God is with you. (1 Sam 10: 6-7, NKJV)

“occasion demands” artinya berubah menjadi sesuai tuntutan keadaan, atau kebutuhan saat itu.
Saat kita lahir baru, kita dipenuhi Roh Kudus, dan diubah Tuhan menjadi manusia baru. Kita diberi kemampuan untuk berfungsi sesuai kebutuhan yang ada di suatu saat.

Ada orang-orang tertentu yang diberi anugerah Tuhan untuk menetapkan banyak hal dalam kehidupan. Ada level otoritas yang luar biasa.

4. Serafim, malaikat dengan 6 sayap
Para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang. Dan mereka berseru seorang kepada seorang, katanya: “Kudus, kudus, kuduslah TUHAN semesta alam, seluruh bumi penuh kemuliaan-Nya!” Maka bergoyanglah alas ambang pintu disebabkan suara orang yang berseru itu dan rumah itupun penuhlah dengan asap. (Yes 6: 2-4)

Ay 3 – mereka berseru bukan kepada Tuhan, tapi kepada satu-sama lain, dengan kata lain bersahut-sahutan. Saat mereka bersahut-sahutan satu-sama lain, maka alas ambang pintu bergetar, dan rumah itu penuh dengan asap.
Dalam pentahbisan bait suci Salomo, asap Tuhan, yaitu kemuliaan Tuhan turun dengan dahsyat, maka para imam tidak bisa memasuki bait suci

Jika ingin menikmati berkat Tuhan: saling mengucapkan kebenaran dan bahasa iman satu-sama lain.

Ilustrasi: Hukum truk sampah.
Seorang pendeta naik taxi yang dikendarai seorang pria separuh baya. Tiba-tiba ada mobil lain memotong dengan kecepatan tinggi, dan hampir terjadi tabrakan. Pengemudi mobil yang ngawur tadi marah-marah dan memaki. Pak Sopir taxi hanya tersenyum dan mempersilahkan mobil itu untuk jalan. Pak pendeta heran dengan sikap sopir taxi yang tidak membalas, lalu sopir taxi ini menjelaskan:
Setiap hari, semua orang menghasilkan sampah. Truk sampah setiap hari berkeliling dan memungut sampah. Truk yang sudah digunakan akan berbau dan tidak akan laku dijual. Di jalan raya banyak orang buang “sampah”. Pengemudi yang ngawur sedang membuang sampah, sementara pak sopir tidak mau jadi truk sampah. Maka dengan tidak menanggapi, si pengemudi ngawur harus mengambil balik “sampah”nya sendiri.

Setiap kali ada sampah di hidup kita, minta Tuhan bakar dan tahirkan lagi.
Kita bukan truk sampah, tapi kita memberikan kabar baik, karena Injil artinya kabar baik.

Serafim mengucapkan satu-sama lain: kudus-kudus, tidak bergosip atau berbicara hal lain. Di ayat berikutnya serafim itu meng-kudus-kan mulut nabi Yesaya.

Saat bertemu orang dengan iman yang sama, mari berbicara tentang iman, karena itulah yang membawa kegerakan Tuhan turun di tengah-tengah kita.

Ucapkan hal positif, ucapkan berkat satu-sama lain, maka hasilnya akan luar biasa. Jangan bicara negatif, jangan saling tukar-menukar sampah.

Fools make a mock of sin and sin mocks the fools [who are its victims; a sin offering made by them only mocks them, bringing them disappointment and disfavor], but among the upright there is the favor of God. (Ams 14: 9, AMP)

Orang bodoh menjadikan dosa sebagai bahan tertawaan. Tapi ada favor Tuhan diantara orang-orang benar. Dari kata favor, muncul kata favorit. Jika favor Tuhan turun pada kita, maka kita jadi favorit Tuhan. Maka semua urusan jadi beres karena ada perbedaan.

Kita semua adalah favorit Tuhan. Jagai supaya hati kita tetap berkenan di hadapan Tuhan.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064