Minggu, 11 Oktober 2015
Waktu dan Masa
Petrus Agung

Luk 12: 54-57

Frauds! You know how to tell a change in the weather, so don’t tell me you can’t tell a change in the season, the God-season we’re in right now. “You don’t have to be a genius to understand these things. Just use your common sense, (Luk 12: 56-57, MSG)

Ilustrasi pentingnya mengerti sebuah perubahan
Di Indonesia mungkin tidak terlalu terasa perubahan cuaca-nya, tapi di USA sangat terasa. Di tempat ps Harold Gingerich mereka harus tahu kapan cuaca berubah, dan mereka setiap hari mengikuti berita cuaca. Jika musim dingin tiba, jalanan jadi dilapisi es, maka ban mobil harus dirubah sesuai kebutuhan. Jika tidak maka akan mudah mengalami kecelakaan.

Kita harus mengerti time and season (waktu dan masa): apa yang sedang terjadi dan apa yang akan Tuhan buat. Sehingga kita tidak sekedar ber-reaksi, tapi bisa meng-antisipasi

Jaman sedang berubah, ada sesuatu yang Tuhan kerjakan, yang harus ditangkap oleh gereja Tuhan.

Menjelang Tuhan datang yang kedua kali, suara kenabian harus didengar, karena menunjukkan apa yang terjadi di kemudian hari.

Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan- Nya kepada hamba- hamba- Nya, para nabi. (Am 3: 7)

Sebelum Tuhan memutuskan sesuatu, suara kenabian akan diperdengarkan, untuk memperingatkan umatNya tentang sesuatu yang akan Tuhan lakukan di jaman tersebut.

Keesokan harinya pagi- pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: ” Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi- nabi- Nya, dan kamu akan berhasil! ” (2Taw 20: 20)

Kata “berhasil” artinya prosper/ berkelimpahan.

Kesaksian tentang “suara kenabian” di Ukraina
3 tahun lalu Tuhan perintahkan p Agung ke Ukraina. Roh Kudus perintahkan p Agung untuk setiap kali khotbah mengajarkan peperangan rohani, mengajak gereja berdiri bagi kota dan negaranya.
Setiap kali selesai khotbah, banyak respon positif, tapi ternyata tidak dilakukan oleh satu gerejapun. Mungkin mereka merasa bahwa pesan itu bukan untuk mereka. Setahun kemudian Rusia meng-invasi Ukraina, dan hingga hari ini masih berperang.

Kesaksian tentang “suara kenabian” di Thailand
P Agung datang ke sebuah konferensi hamba Tuhan di Thailand. Roh Kudus perintahkan p Agung menyampaikan peperangan rohani: harus berdoa bagi bangsa supaya yang buruk tidak terjadi di Thailand. Saat itu situasi politik tegang. Gereja yang bertindak hanya 1 gereja. Kemudian ternyata pemberontakan terjadi.

Kesaksian tentang “suara kenabian” di Eropa
Akhir tahun 2014 Roh Kudus perintahkan p Agung ke Eropa, karena akan ada gelombang anti imigran. Saat itu gelombang anti-imigran ini belum terjadi seperti hari ini. P Agung sampaikan pesan Tuhan kepada gereja Eropa yang berbahasa Arab dan Persia: gelombang imigran akan datang, tapi ujungnya mereka akan dianiaya. Tugas gereja adalah mendoakan masing-masing kota, kemudian mempersiapkan diri untuk menyambut tuaian.
Gereja di Lynds Austria merespon: melayani para pengungsi.
Beberapa bulan terakhir ratusan ribu pengungsi masuk Eropa. Ekonomi Eropa sedang turun, mereka mulai menolak pengungsi karena jadi beban. Jika gereja bergerak, ini adalah masa tuaian bagi Eropa.

Mendengar suara Tuhan saja tidaklah cukup. Kita harus percaya dan me-responi-nya

Saul sudah mati, tapi keluarganya masih memerintah di Israel. Daud adalah rising-star yang baru muncul. Banyak kelompok datang dan berpihak pada Daud, salah satunya bani Isakhar.
Kita harus seperti bani Isakhar: mengambil keputusan untuk bertindak sesuai kehendak Tuhan.

1Taw 12: 32
Bani Isakhar tahu tentang waktu dan masa yang baik, sehingga bisa memberitahukan pada yang lain.

Begitu sebuah pemerintahan dikuasai kelompok agama apapun, yang muncul adalah kekejaman.

Contoh:
Mursi menjadi presiden di Mesir. Dia menyatakan diri mewakili agama tertentu, dan menjalankan hukum agamanya. Dalam waktu singkat 15% orang Mesir menyatakan tidak ber-agama. Ada desakan kuat supaya presiden Mursi mundur, tapi dia bersumpah berkuasa hingga 400 tahun.
Satu pagi jam 4, ada 78 ribu orang Kristen Mesir berkumpul dan berdoa. Di satu titik semua berteriak “Yeshua, Yeshua, Yeshua” Di puncaknya ada nubuatan: “waktu Mursi sudah habis dan harus turun”. Esoknya Mursi di kudeta, dan saat ini sudah dipenjara dan divonis hukuman mati.

Minggu lalu ada tamu hamba Tuhan dari Bagdad, Iraq. Hamba Tuhan ini bercerita:
Begitu ISIS merebak, di Iraq justru orang-orang Syiah berbalik dan mengikut Tuhan. 32% anak muda Iraq berkata bahwa mereka tidak lagi ber-agama, karena muak melihat kekejaman atas nama sebuah agama. Sedang terjadi pergeseran dan perubahan di timur tengah.

Sepulang dari Israel, seseorang memberi p Agung berita: Suriah adalah ajang pertempuran yang luar biasa. Presiden Assad diberontak oleh berbagai kelompok. Amerika, Perancis, Inggris, Australia ikut membombardir ISIS di Suriah dan Iraq. Saat ini Rusia dan Iran juga kirim pasukan masuk ke Suriah. Terakhir China juga kirim pasukannya masuk ke Suriah. Sekali sebuah negara kirim pasukan, tidak akan mudah ditarik. Maka seluruh kekuatan dunia berkumpul di Suriah.
Israel adalah tetangga dekat Suriah, dan lembah Armagedon sangat dekat. Jika bergeser sedikit, peperangan bisa berpindah. Di Israel keadaan juga sedang memanas. Hanya Tuhan yang tahu berapa lama lagi kita bisa bergerak bagi Tuhan.

Logika dan manusia roh p Agung menangkap bahwa semua fenomena ini serius. Letakkan fokus kita pada Tuhan dan kehendakNya.

Akan ada satu masa, saat orang Indonesia berteriak mencari keselamatan. Karena Tuhan berkata untuk membangun 100 ribu pasukan. Acara akhir tahun bukan sekedar acara rutin.
Dengan akal sehat, kita bisa memperkirakan bahwa kegerakan yang akan datang kelak begitu besar, sehingga semua harus bergerak dan bekerja-sama. Karena jika yang bergerak hanya 1 gereja saja, maka tidak akan memadai.

Akan ada sesuatu yang terjadi hingga bangsa Indonesia berpaling pada Tuhan Yesus . Tapi tanpa ada pasukan yang siap untuk menuai, semua bisa sia-sia.

Ini bukan masalah siapa yang akan populer, bukan soal JKI, bahtera, tarian, profetis, atau lainnya, tapi ini melakukan apa yang Tuhan mau. Kerjakan mandat Tuhan dengan segenap hati, letakkan hidup kita di tempat yang Tuhan mau. Jangan sampai tuaian di bangsa Indonesia jadi busuk karena penuai tidak ada.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di timur tengah. Tidak akan ada negara yang bersedia menarik pasukannya. Kita harus berdoa, tapi juga harus mendengarkan suara Tuhan. Kerja lebih keras, efektif dan kuat, lakukan yang terbaik yang kita bisa.

Selama di Israel banyak orang didatangi Tuhan Yesus di berbagai tempat. Semua pesannya: Tuhan segera datang, mari kerja lebih keras tanpa mengeluh.

Setiap kali Tuhan mau kita fokus terhadap sesuatu, setan akan ubah fokus kita kepada hal lain
Suatu hari p Agung cerita ke seorang hamba Tuhan tentang visi membangun pasukan. Hamba Tuhan itu bertanya: harus ikut teologia yang mana? Ini adalah pertanyaan yang tidak penting. Yang terpenting adalah mengikuti perintah Tuhan, sehingga bisa memenangkan jiwa.
Banyak orang yang membicarakan hal-hal yang tidak penting, tapi nyatanya tidak bertindak apapun.

Membangun 100 ribu pasukan bukan proyek atau program, tapi adalah pesan Tuhan, mari responi dengan baik, love it or leave it

Pembukaan – Patricia Avanzini
Mzm 23
Saat Mzm 23 dibacakan, kebanyakan orang sudah mati dan tidak bisa bersaksi lagi.
Tapi mrs. Avanzini sudah melewati lembah alam maut itu, dan dihidupkan kembali, untuk memberitakan kesaksian itu ke seluruh dunia.

Mrs Avanzini ada di HS 2003, berdiri di salah satu titik saat ground-breaking (penanaman batu pertama). Saat ini gedung Holy Stadium sudah jadi.
Mei 2006 Mrs Avanzini juga ada di HS, di gedung lama yang sekarang jadi sekolah. Dalam perkataan penutup, ternyata itu nubuatan yang tidak direncanakan: akan membangun Holy Stadium. Saat itu mrs Avanzini juga berkata bahwa ada banyak jemaat yang akan punya bisnis-bisnis yang baru. Ternyata sejak tahun itu memang banyak anak yang sangat makmur dan diberkati.

Tuhan bekerja di Holy Stadium, tapi kita belum melihat semuanya, karena akan ada perkara-perkara yang jauh lebih besar. Banyak orang-orang yang akan datang ke HS tanpa tahu alasannya.

Kita semua harus melakukan bagian kita masing-masing: penari, penyanyi, pengajar, semua bertindak sesuai bagiannya.

Pengumuman:
> Pendaftaran bagi yang siap jadi DK2000 dan mentor 2000 orang (nama-no HP-usia)
> Sabtu, 24 Oktober: Shower of Light 2, untuk menjangkau jiwa.
> Pemasangan tiang pancang bagi “Kids Revival Center” di samping HS.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064