Rabu, 18 November 2015
Favor of God and Man (bagian 1)
Petrus Agung

Rm 9: 13-16
Ada hak prerogratif Tuhan untuk mengasihi orang tertentu. Orang yang mendapat favor Tuhan akan menjadi favoritnya Tuhan dan manusia. Tuhan tidak semena-mena, maka ada cara untuk mendapatkan favor Tuhan. Begitu kita jadi favorit-nya Tuhan maka hidup kita akan luar biasa. Ada minimal 10 macam favor yang Tuhan berikan pada manusia.

Mat 20: 1-16
Ada orang yang kerja keras, ujungnya dapat upah tertentu. Sementara orang lain terlihat banyak menganggur, tapi hasilnya sama. Ini menimbulkan protes.

Banyak orang bernegosiasi dan meminta syarat tertentu pada Tuhan. Tuhan bisa meng-iyakan, tapi itu membatasi rencana Tuhan. Semakin tinggi daya tawar seseorang terhadap Tuhan dan manusia, ini merugikan baginya sendiri, maka berkatnya terbatas. Sedangkan orang-orang yang hanya bergantung pada kemurahan dan belas kasihan Tuhan, ujungnya berkatnya lebih luar biasa. Jika ini terjadi, maka orang yang sudah kerja keras akan marah.

Iri terhadap orang lain yang diberkati Tuhan tidak akan menolong, tapi justru memperburuk keadaan. Karena kepada siapa Tuhan memberkati- itu hak Tuhan.

Yang direkrut pertama meminta 1 dinar sehari. Yang berikut-berikutnya si tuan berkata: “memberi yang pantas”. Yang bekerja dari jam 5 tidak minta apa-apa, bergantung penuh pada kemurahan Tuhan, dan mendapatkan favor Tuhan.

Tetapi firman-Nya: “Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani.” (Kel 33: 19)

Tuhan berhak memilih siapa yang Tuhan mau cintai dan kasihi.

Jangan marah atau iri jika seseorang hidup dalam favor Tuhan, karena justru membuat kepahitan. Kita tidak boleh mempertanyakan keputusan Tuhan.

Jangan marah saat seseorang diberkati, karena kita akan kehilangan berkat.

Kesaksian
Saat masih jadi penginjil, ada hamba Tuhan yang sedang naik daun dan gerejanya maju pesat. Banyak hamba Tuhan mengeluh dan mengecam hamba Tuhan itu. Saat hati p Agung mulai cenderung ikut arus, Tuhan ingatkan supaya p Agung tidak ikut berkomentar. Karena jika berkat/ pengurapan itu dari Tuhan Yesus, maka p Agung bisa kehilangan berkat yang sama.
Sejarah gereja membuktikan: saat sebuah gereja menentang seseorang hamba Tuhan yang diberkati/ diurapi, maka si penentang tidak akan bisa lebih besar daripada yang ditentang. Bahkan setan bisa membawa kehancuran.

Kesaksian
Tgl 20 nov ada sidang keputusan bagi Kong Hee. Di tengah kondisi yang berat, ada hamba-hamba Tuhan yang meminta ps Kong menyerahkan gerejanya, baik secara terang-terangan maupun jalan belakang.

Quote di salah satu film:
Orang yang sering melempar kotoran, suatu kali angin berbalik dan kotoran itu kena mukanya sendiri.
Ini sering terjadi, tapu manusia tidak mau belajar.

Yesus mendapat favor Tuhan dan manusia

And the Child grew and became strong in spirit, filled with wisdom; and the grace of God was upon Him (Luk 2: 40, NKJV)

And Jesus increased in wisdom and stature, and in favor with God and men. (Luk 2: 52, NKJV)

Kesimpulan p Agung:
Anugerah diberikan Tuhan pada semua manusia secara cuma-cuma, dan seringkali tanpa alasan.
Saat kita terima anugerah, lalu kita lakukan sesuatu yang membuat Tuhan terpikat, maka kita akan terima favor of God.

Jangan usik orang yang jadi favorit-nya Tuhan, karena di satu titik Tuhan yang akan bertindak.

Anugerah Tuhan tidak bisa diusahakan, tapi favor Tuhan bisa ditarik

Ams 3: 1-4
Panjang umur, lanjut usia dan sejahtera adalah bonus dari menuruti Tuhan, dan mengerjakan apa yang Tuhan perintahkan.

Jika kita punya kasih dan setia di hidup kita, maka kita akan mendapat favor Allah dan manusia

And so find favor and high esteem In the sight of God and man. (Ams 3: 4, NKJV)

1. Favor of the King (perkenan Raja)

Kemudian Esau melayangkan pandangnya, dilihatnyalah perempuan-perempuan dan anak-anak itu, lalu ia bertanya: “Siapakah orang-orang yang beserta engkau itu?” Jawab Yakub: “Anak-anak yang telah dikaruniakan Allah kepada hambamu ini.” (Kej 33: 5)

Kata “dikaruniakan” berasal dari kata Ibrani chanan (H2603), artinya sesuatu favor yang datangnya dari raja.

Yakub mencuri hak kesulungan Esau. Esau benci pada Yakub dan ingin membunuhnya. Saat Yakub pulang, Esau menyongsong dengan 400 orang laki-laki, dan ini adalah pasukan dan bukan keluarga Esau. Setelah bergulat dengan Tuhan, Tuhan ubah nama Yakub jadi Israel. Dampaknya hati Esau melembut, dan tidak jadi bertempur.
Perkataan Yakub bernada politis: jangan sentuh anak-anaknya, karena semua itu pemberian Raja. Jika dirusak maka Esau akan berurusan dengan Raja. Di sisi lain ayat ini juga berarti favor yang hanya bisa diberikan oleh Raja di atas segala raja.

Semua yang Yesus katakan dan janjikan adalah favor Tuhan bagi kita. Begitu kita terima Yesus sebagai Tuan dan Raja di hidup kita, maka otomatis kita punya favor Tuhan di hidup kita.

Jika kita tidak mengetahui hal ini, maka akan jadi seperti si sulung dalam kisah anak yang hilang.

Terimalah kiranya pemberian tanda salamku ini, yang telah kubawa kepadamu, sebab Allah telah memberi karunia kepadaku dan akupun mempunyai segala-galanya.” Lalu dibujuk-bujuknyalah Esau, sehingga diterimanya (Kej 33: 11)

Kata “karunia” dalam bahasa aslinya chanan (H2603)

Saat kita mengerti bahwa Yesus adalah Raja kita, maka kita akan punya segala-galanya.

Sebab itu TUHAN menanti- nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih- Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti- nantikan Dia! (Yes 30: 18)

Kata “kasih” dalam bahasa aslinya juga chanan (H2603).

Favor dari Raja juga didapat saat kita belajar menanti-nantikan Tuhan

Tuhan itu Gembala, Guru, Suami, Kekasih, Tuan, Penjaga, dll bagi kita. Saat kita punya kebutuhan, pertama-tama kita harus menghadap Roh Kudus : “Tuhan Roh Kudus, aku harus bagaimana ?”

Kesaksian
Saat masih di rumah yang lama, P Agung diundang mendoakan pemilik sebuah perumahan. P Agung awalnya akan menolak, tapi Roh Kudus memerintahkan untuk melayani. Setelah acara, p Agung diajak melihat-lihat bermacam-macam rumah di perumahan itu. Saat ditanya mana yang cocok, p Agung menjawab: yang terbesar, yang merupakan rumah contoh. P Agung tidak punya uang, tapi rumah itu tidak diberikan cuma-cuma, tapi dengan discount khusus. Pemilik perumahan akan memberikan rincian dananya di esok hari.
Saat rincian dikirimkan, harganya sesuai yang p Agung duga: jauh diluar kemampuannya. Hampir kertas itu dibuang. Tapi Roh Kudus berbicara: “sekarang saat minta pada Bapa di Surga”. Saat masuk kamar, sebelum berlutut, Roh Kudus berbicara lagi : “doa seperti raja Hizkia berdoa”. Bagi yang tidak baca Alkitab, tentunya tidak tahu cara doa raja Hizkia.

Kerajaan Tuhan ada protokulernya, dan itu harus kita ikuti. Orang yang tidak baca Alkitab akan mempersulit Roh Kudus menolong kita.

Cara doa Hizkia: Saat israel dikepung tentara Aram, raja lawan memberi surat ancaman dan memaki-maki Tuhan dan orang Israel. Surat ini yang dihadapkan ke Tuhan. Saat Tuhan marah, lawan Israel akhirnya dihabisi.

Maka p Agung membentangkan kertas itu ke hadapan Tuhan. Kemudian itu diletakkan di atas lemari dengan posisi menghadap atas. Saat di Jakarta, saat tidur, p Agung mendengar suara audible: “minggu ini kamu mendapat rumah baru”. P Agung meng-aminkan, lalu tidur lagi.
Saat pemilik perumahan telp, p Agung menjawab bahwa itu di luar kemampuannya. Pemilik perumahan ini berusaha mendesak supaya p Agung mengambil rumah itu. P Agung tidak bisa katakan angkanya, karena begitu ada angka, maka ada komitmen untuk menyediakan sejumlah uang setiap bulan. Setelah itu ada target uang di hidupnya, ini akan merusak hati p Agung. P Agung ingin hatinya selalu benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Tidak ada gunanya p Agung punya rumah baru, tapi tidak lagi berkenan di hadapan Tuhan.
Akhirnya p Agung mendapat rumah dengan cara ekstrim. Usulan pemilik perumahan: tanpa uang muka, tanpa bunga, angsuran bebas, tidak ada batasan waktu pembayaran. Dalam perjanjian ditulis: p Agung akan membayar setiap bulan hingga jumlah tertantu, sesuai dengan kemampuan dan berkat Tuhan.

Setelah sekitar 6 bulan mengangsur, masih terbayar sedikit. Ada hamba Tuhan yang bergurau: sudah banyak seminar akhir jaman, Tuhan Yesus siap turun ke dunia. Saat lihat p Agung Tuhan dilema: jika tidak diangkat Tuhan sungkan, jika diangkat tapi rumah belum lunas. Gurauan ini p Agung hadapkan ke Tuhan.
Beberapa hari kemudian p Agung dapat rhema audible dari Tuhan: “lunasi rumah”. P Agung meng-aminkan, lalu minta uangnya. (Itu tahun 1997, sebelum krismon) Dalam 3 bulan berkat mengalir dan rumah lunas. Ternyata rumah itu lunas dalam waktu 9 bulan. Pemilik perumahan semula berfikir membantu memberkati pendeta. Tapi ternyata pendeta yang memberkati pengusaha.

Ada favor karena Raja kita bertindak. Favor seperti ini ada protokulernya. Jika kita ingin tahu rahasia/ pengertian tentang suatu hal, minta supaya Tuhan mengajari kita. Saat kita mengerti protokuler-nya, cara doa kita akan efisien.

Saat berdoa, Tuhan bisa hadir dalam berbagai sosok. Kita harus datang ke Tuhan dengan pengertian: datang sebagai apa (anak, hamba, dll). Ini adalah doa yang dipimpin Roh Kudus, dan doa kita akan sangat efisien.

TUHAN, kasihanilah kami, Engkau kami nanti- nantikan! Lindungilah kami setiap pagi dengan tangan- Mu, ya, selamatkanlah kami di waktu kesesakan! (Yes 33: 2)

2. Favor karena Tuhan jatuh cinta pada pandangan pertama kepada kita
Kej 6: 1-9
Yang disebut “anak-anak Allah” di perikop ini adalah malaikat yang jatuh. Malaikat-malaikat jatuh kawin dengan manusia. Benih mereka adalah benih iblis. Hasil perkawinan adalah raksasa, dan Yesaya berkata bahwa mereka tidak dapat bagian dalam kebangkitan. Jika mereka tidak dihabisi, maka karya keselamatan manusia tidak akan terjadi, karena di dalam Yesus tidak boleh ada darah raksasa/ iblis.
Tuhan setiap hari melihat manusia kawin dengan setan, lahir raksasa-raksasa yang mengerikan. Tiba-tiba ada orang bernama Nuh yang bergaul dengan Tuhan. Di tengah-tengah semua yang bejat, ada satu orang yang benar. Maka Tuhan jatuh cinta pada Nuh.

But Noah found grace ( favor ) in the eyes of the Lord. (Kej 6: 8, AMP)

Kata “kasih karunia” di ayat 8 bahasa aslinya adalah chen, artinya cinta pada pandangan pertama.

Saat semua orang melihat ke arah yang jahat, putuskan untuk melakukan hal yang beda, maka kita akan jadi favorit-nya Tuhan. Yang lain bilang tidak bisa dan tidak mungkin, tapi kita bilang bisa, maka kita akan jadi berbeda dan jadi favorit-nya Tuhan. Saat Tuhan jatuh cinta pada kita, maka semua masalah kita selesai, dan kita akan jadi sangat berbeda.

Sangat susah untuk menjadi berbeda dengan dunia umumnya.

and said, “My Lord, if I have now found favor in Your sight, do not pass on by Your servant. (Kej 18: 3, NKJV)

Abraham terima “cinta pada pandangan pertama” dari Tuhan saat memutuskan keluar dari tanah kelahirannya ke tanah perjanjian.

Keputusan kita untuk memilih yang Tuhan suka akan membuat kita jadi favorit-Tuhan, dan membuat hidup kita berbeda.

Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.” (Kel 33: 13)
Kepada Musa Tuhan tunjukkan jalan-jalanNya, kepada Israel Tuhan tunjukkan perbuatan-perbuatanNya

Ilustrasi:
Makan di restoran yang enak. Sebagian besar orang akan datang lagi ke situ, karena mereka menikmati hasil kerja si koki.
Tapi ada seseorang yang memanggil koki-nya, dipuji, diberi tip, minta ditunjukkan cara masaknya. Orang pertama memuji hasilnya, dan mereka akan jadi pelanggan. Orang kedua akan tahu caranya, ujungnya akan bikin restauran sendiri.

Saat Tuhan jatuh cinta pada seseorang, maka Tuhan akan tunjukkan jalan-jalanNya pada orang itu.

Ilustrasi
Seorang anak punya PR, minta dikerjakan guru les, maka PR selesai. Tapi saat tes dengan soal yang sama nilai yang didapat nol karena tidak tahu cara mengerjakannya.

Kesaksian
Pencarian p Agung akan kebenaran dari Alkitab tentang “iman”, sehingga hidupnya diberkati. Walau setelah bertanya pada banyak pendeta, tapi jawabannya tidak jelas, tapi p Agung tidak menyerah. Hal ini memikat hati Tuhan, lalu Tuhan tunjukkan hal itu pada p Agung.

Jika kita alami sesuatu, kejar kebenaran Alkitab, sampai Tuhan tunjukkan jalanNya. Ini berlaku untuk semua hal: kesembuhan, kelimpahan, dll. Saat kita mendapatkan kebenarannya, maka kesembuhan itu tidak hanya berlaku untuk kita pribadi, tapi kita juga akan menyembuhkan banyak orang.

So the LORD said to Moses, “I will also do this thing that you have spoken; for you have found grace in My sight, and I know you by name. ” (Kel 33: 17, NKJV)

Saat Tuhan kenal nama kita, semua akan luar biasa.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064