Kamis, 19 November 2015
Favor of God and Man (bagian 2)
Petrus Agung

3. Covenental favor – Favor karena adanya covenant antara kita dengan Tuhan

Istilah testament berbeda dengan covenant. Jika ada covenant ke-1, ke-2, ke-3, dst, covenant yang terbaru tidak menggugurkan covenant-covenant yang sebelumnya, kecuali jika covenant sebelumnya memang digugurkan/ dibatalkan. Testament adalah pemikiran Yunani. Saat ada testamen yang baru maka otomatis menggantikan testament yang lama.

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (Mat 5: 18)

Yesus berkata bahwa tidak satu iota-pun dari Taurat yang Yesus batalkan. Artinya semua covenant yang Tuhan pernah berikan kepada kita di perjanjian lama tetap berlaku, dan kita tetap bisa nikmati berkatnya, walau Tuhan Yesus memberikan new covenant melalui tubuh dan darahNya.

Secara umum kita punya perjanjian dengan Tuhan. Tapi masing-masing pribadi juga bisa punya covenant dengan Tuhan.

Dalam covenant Tuhan ada favor, berkat, dan kemudahan Tuhan, yang membuat kita jadi favoritNya

The king loved Esther more than all the other women, and she obtained grace and favor in his sight more than all the virgins; so he set the royal crown upon her head and made her queen instead of Vashti (Est 2: 17, NKJV)

Kata “favor” dari kata Ibrani chêsêd (H2617), artinya “covenental favor”, yaitu favor karena adanya covenant.

Kesaksian
Saat akan menikah, p Agung baru mulai pelayanan, belum ada gereja, yayasan tidak memberi gaji. P Agung membuat undangan dengan sangat sederhana dari kertas manila. Rumah p Agung kecil, dan masih mengangsur di bank. P Agung berseru pada Tuhan: pemasukan setiap bulan tidak jelas, tapi p Agung harus bertanggung-jawab untuk urusan perkawinan. Saat menghadap Tuhan, Roh Kudus beri ayat: janji Tuhan bagi Daud dan keturunannya untuk hidup di hadapan Tuhan selama-lamanya. Hingga masa kini, janji Tuhan kepada Daud tetap digenapi: keluarga ratu Inggris saat ini masih keturunan raja Daud. Ayat itu ditulis di undangan pernikahan p Agung, dan itu merupakan covenant pribadi antara p Agung dan keluarganya dengan Tuhan. Maka hingga saat ini ada favor Tuhan bagi keluarga p Agung. Di tiap-tiap tertentu saat butuh intervensi Tuhan, p Agung hadapkan dan naikkan ayat ini ke hadapan Tuhan, maka favor Tuhan turun dengan luar biasa.

Kesaksian
Saat makan di Ungaran, p Agung makan siang bersama p Samuel Elkana dan brother Andrew, dari yayasan Open Doors. Penginjil ini sedang membantu pembangunan sekolah Alkitab di Betlehem, Palestina, dan dia akan mengajar di sana. Tiba-tiba ada keinginan di hati p Agung untuk mengajar di sekolah Alkitab itu kelak. Bulan lalu saat ke sekolah Alkitab di Palestina, p Agung melihat batu bertulis nama-nama orang yang berjasa dalam berdirinya sekolah Alkitab itu. Salah satunya brother Andrew dari yayasan Open Doors. Dan sekolah Alkitab itu satu-satunya yang dibantu brother Andrew. Tahun ini harapan p Agung itu Tuhan wujudkan: mengajar di sekolah Alkitab itu.

Tuhan bisa genapi keinginan yang kita hadapkan, apalagi jika kita punya covenant dengan Tuhan

Kesaksian
Hidup p Agung di masa muda tergantung dari persembahan yang diterima, dan ini dihadapkan pada Tuhan. Kemudian p Agung mendapat 2 rhema dari Tuhan: “akan melayani Tuhan dengan hartanya”, dan “ada wanita-wanita yang melayani Yesus dengan kekayaannya”. Maka sejak awal p Agung yakin bahwa dia akan diberkati secara materi.

Rhema lain: “kepadamu diberikan kunci-kunci kerajaan surga” . Sejak menerima rhema ini, setiap kali membaca Alkitab, Roh Kudus menjelaskan sehingga p Agung bisa melihat sudut-sudut yang tak terlihat orang lain. Hal ini tidak bisa dipelajari, karena muncul dari chesev (covenental favor)

Tingkatkan kualitas hubungan kita dengan Tuhan. Jika kita berhubungan dengan Tuhan sekedar untuk dapat sesuatu, itu terlalu rendah. Dalam keadaan apapun datang ke Tuhan, minta Tuhan bicara, maka tiba-tiba Tuhan akan datang menawarkan covenant yang luar biasa. Saat kita terima covenant, maka kita mendapatkan favor.

Ester dapat favor dari Ahasyweros, karena ada perjanjian turun-temurun antara orang Yahudi dengan Allah Jehova untuk melindungi, menyelamatkan, dan memberkati umatNya.

Jika kita punya covenant pribadi dengan Tuhan, angkat itu di setiap deal bisnis, persaingan tender, dll. Karena Tuhan berpegang pada janjiNya, dan tidak pernah mengingkari janjiNya.

2 Taw 20: 21-26
Kata “kasih setiaNya” dari kata chesed, artinya covenantal favor.
Yosafat dikepung musuh, dan Yosafat ketakutan. Saat mencari Tuhan, ada rhema:

“Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!” (2Taw 20:20b)

Yosafat kemudian memerintahkan pemuji di bagian depan, menyanyikan “bahwasannya untuk selama-lamanya kasih setiaNya”. Tindakan ini berkata bahwa mereka terima favor Tuhan karena janji Tuhan: “percaya pada Tuhan sehingga selamat, dan percaya pada nabi-nabi Tuhan sehingga berkelimpahan”.
Ada 2 jenis hasil peperangan: kita menang dan lawan lari, yang kedua kita menang tanpa banyak berperang, lalu menjarah dengan luar biasa.

Karena nyanyian mereka yang menyatakan covenant Tuhan, maka orang Israel mendapat favor: menang atas lawan (diselamatkan) dan mendapat jarahan besar (diberkati).

Setiap kali mendengar Firman Tuhan, lalu tiba-tiba jadi rhema, pegang Firman itu, karena itu covenant antara kita dengan Tuhan. Maka favor Tuhan turun dalam hidup kita.

Orang yang tidak suka baca Alkitab menyulitkan diri sendiri, karena perjanjian terhebat adalah yang tertulis di Alkitab.
2Taw 13: 5
Yerobeam akan berperang terhadap Abia, tapi sebuah covenant mengubah segala-galanya.

Tidakkah kamu tahu, bahwa TUHAN Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud dan anak- anaknya untuk selama- lamanya dengan suatu perjanjian garam? (2Taw 13: 5)

2Taw 13: 14-18
Saat perjanjian garam (salt covenant) antara Tuhan dan Daud diucapkan, dan Abia adalah keturunan Daud, maka lawan ditundukkan karena Tuhan tidak pernah bergeser dari perjanjianNya.

Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup. (1Sam 17: 36)

Motif Daud menghadapi Goliat tidak terlalu rohani: mendapat uang, menjadi menantu raja, dan bebas dari pajak. Hadiah-hadiah ini menstimulasi Daud. Tapi jika Daud tidak yakin akan menang, maka dia tidak mungkin bisa menang. Daud yakin bisa menang karena ada perjanjian sunat antara bangsa Israel dengan Tuhan. Daud menghitung dan percaya bahwa Tuhan bisa diandalkan.

Covenant artinya to cut, istilah ini berawal dari tanda sunat: sunat fisik di PL dan sunat hati di PB

Saat menghadapi tantangan, anak Tuhan sering tidak berani karena hanya menghitung kekuatannya sendiri, ini bertindak secara natural. Tapi orang supranatural menghitung kesanggupan Tuhan.

Berkat karena sebuah covenant
Sebelum seminar Tuhan bicara pada p Agung tentang acara The Great Awakening. Menurut Tuhan: p Agung dan anak-anak Tuhan memiliki tingkat pengharapan (level of expectation) yang terlalu rendah. Kebanyakan menganggap The Great Awakening hanya sebagai KKR besar atau retret besar. Tapi maksud Tuhan: Tuhan Indonesia mengalami gabungan dari berbagai revival yang pernah terjadi di seluruh dunia. P Agung minta dasar pernyataan ini pada Tuhan, Tuhan menjawab: covenant beroperasi karena iman.

Kel 4: 24-26
Tuhan utus musa ke Mesir, tapi tiba-tiba ditulis Tuhan berikhtiar membunuh Musa. 40 tahun pertama kehidupan Musa di tengah orang Mesir, maka tidak terlalu mengerti hukum Tuhan, tidak mengenal sunat. 40 tahun berikutnya Musa tinggal di rumah Yitro dan menikah dengan Zipora, dan punya anak Gerson. Musa lupa tidak menyunat anaknya karena ia tinggal di lingkungan non-Yahudi.
Walau tidak tertulis di Alkitab, p Agung yakin bahwa setan menuntut kematian Musa karena lupa menyunat anaknya. Sebenarnya Tuhan tidak perlu berikhtiar membunuh Musa, karena itu hal mudah bagi Tuhan. P Agung yakin bahwa Roh Kudus berkata pada Zipora untuk menyunat anaknya, lalu menempelkan kulit khatan-nya pada Musa sambil berkata bahwa Musa adalah pengantin darah baginya. Maka Musa dianggap sudah menyunat anaknya.

Covenant juga bisa terjadi dengan cara sederhana seperti kisah Muda dan Zipora

Dalam hidup p Agung Tuhan beri anugerah untuk bersentuhan dengan revival-revival besar di dunia. Setiap apapun yang mewakili revival itu, yang bersentuhan dengan p Agung,

* Di awal 90-an dalam setahun p Agung bisa hadir 3x di KKR ps Benny Hinn. Dari situ p Agung mendapat pengenalan akan Tuhan, dan membawa hadirat Tuhan. Saat ps Benny melayani di HS, setiap hari ps Benny ngobrol dengan p Agung hingga jam 1 pagi. Pertemuan-pertemuan itu mengalirkan banyak hal ke dalam pelayanan p Agung.

* P Agung pernah menterjemahkan ps Peter Yongren. KKR kesembuhannya sederhana dan simple. Hari ini p Agung, p Victor, dan p Hengky bisa melakukan KKR kesembuhan yang sama dengan ps Yongren.

* Kedekatan dengan ps Morris Cerullo membuat p Agung mendapat karunia untuk “mengaum”.
* Kedekatan dengan ps John Avanzini membuat p Agung mendapat karunia di bidang keuangan.

Dengan hamba Tuhan manapun p Agung bersentuhan, karunia yang dimiliki oleh hamba Tuhan itu mengalir juga pada p Agung.

Pilih pergaulan kita dengan orang yang sudah jadi, yang roh-iman-positif nya kuat !

Dalam hidup p Agung Tuhan ijinkan bersentuhan dengan perkara-perkara besar, dan itu harus terjadi.

1. Kegerakan pemuda dan pelajar
Reuni kegerakan pelajar di tahun 1979, temanya “30 tahun berjalan dengan Tuhan” (di 2009). Salah seorang teman pendeta di jakarta mendapat pesan dari seorang nabi dari Singapura: mereka harus kembali ke rumah awal kegerakan, ambil air dari sumur, gali kembali, karena itu suatu hari akan membangkitkan lagi gelombang kegerakan baru di antara anak-anak muda dan pelajar.
Sesampai di rumah itu, kelompok ini hanya ngobrol dan doa singkat. Menurut Tuhan mereka belum mengerjakan apa yang Tuhan pesankan melalui nabi dari Singapura itu. P Agung minta ijin ke Tuhan untuk lakukan, lalu ajak p Hengky dan rekan-rekan youth untuk ambil dari sumur kegerakan di rumah itu. Anak youth dibagi beberapa kelompok, masing-masing kelompok menyembah, doa, bahasa Roh dan mengambil dengan kuat.

Lawatan Tuhan di Indonesia akan jauh lebih besar melalui acara Great Awekening.

Great Awekening pasti terjadi, karena sudah mengambil dari sumur awal kegerakan

2. Ada bagian-bagian di Indonesia yang akan dilawat Tuhan dalam dimensi seperti Soe
Di tahun 60an di Soe ada kegerakan dan mujizat yang luar biasa.

3. Fenomena-fenomena Toronto blessing akan terjadi di Indonesia
Ada lawatan Tuhan di gereja Vineyard, dikenal sebagai Toronto Blessing. Salah satu fenomenanya adalah “holy laughter”. P Agung beberapa kali hadir di Toronto. P Agung tidak mengalami sendiri, tapi saat disaksikan ke rekan-rekannya, banyak yang mendapat fenomena yang sama.
Tuhan berkata bahwa fenomena ini akan terjadi juga di Indonesia, dan ini terjadi di salah satu gereja di Jepara.

4. Kegerakan Wales akan terjadi di Indonesia
Bahtera datang ke Wales, tempat Robert Evans mulai kegerakan pertama kali. Kegerakan wales menyentuh seluruh kota. Kebaktian berjam-jam, orang-orang bertobat, penjara kosong, kejahatan mencapai titik nol selama beberapa tahun.
Hal ini juga akan terjadi di Indonesia.

KKR Great Awekening hanya pemicu, karena yang lebih besar akan terjadi di seluruh Indonesia.

5. Kebangkitan revivalis-revivalis unik di Indonesia
Beberapa tahun lalu P Agung berkhotbah di Angelus Tample, gereja dari ps Mathew Barnett. Dulunya itu adalah gereja dari revivalis Aimee. Suatu hari akan ada orang dengan gaya yang unik, menarik banyak jiwa pada Kristus

6. Kegerakan Azuza street akan terjadi di Indonesia
Kegerakan Azuza street. Saat Roh Kudus melanda, orang yang lewat di depan rumah dijamah Tuhan dan bertobat. 2 tahun lalu p Agung datang ke rumah itu, dan ditunjukkan mimbar Kathreen Kuhlman.
Di masanya, saat menyapa jemaat, kesembuhan sudah terjadi. Jika tidak bisa masuk ke ruang KKR lewat pintu depan, dia terpaksa lewat dapur. Koki-koki yang tak tahu-menahu tiba-tiba dilawat Tuhan.

7. Tuhan akan bangkitkan hamba-hamba Tuhan yang membangkitkan orang mati
Robert Liardon beri p Agung hadiah: patung dari ps Smith Wiglesworth. Ini juga tidak kebetulan.
Tuhan akan bangkitkan Smith-Smith baru di akhir jaman, yang melayani dengan unik, kasar, dan membangkitkan banyak orang mati.

8. Munculnya Billy Graham baru di Indonesia
Tahun 1983 p Agung ikut acara Ansterdam 1983. Penginjil seluruh dunia dikumpulkan di Belanda oleh ps Billy Graham (saat itu p Agung usia 21). P Agung dan p Adi mendaftar, dan dua-duanya diterima, mendapat tiket dan akomodasi Indonesia-Belanda.

9. Karunia Iman seperti Kenneth Hagin
Ps Agung belajar iman dari Keneth Hagin. Beberapa tahun sebelum Keneth meninggal, p Agung sempat bertemu pribadi dan didoakan berkali-kali.

10. Akan ada gereja-gereja besar seperti Yoido Korea
Saat ke Korea, p Agung bertemu dengan ps Yonggi Cho. Saat Bahtera ke Korea, mereka dibawa ke tenda tempat awal kegerakan.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, YM dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064