Minggu, 10 Januari 2016
Kedudukan Tinggi – Keadaan Rendah
Timotius Tanutama

Ada 2 hal yang berbeda: keadaan dan kedudukan. Keadaan adalah yang situasi kita hadapi sehari-hari saat ini.

Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah bermegah karena kedudukannya yang tinggi, (Yak 1: 9)

Setelah terima Tuhan Yesus, kita punya kedudukan yang tinggi sebagai anak Allah. Tapi masing-masing kita punya situasi dan keadaan yang berbeda-beda. Keadaan kita hanya sementara. Apapun keadaan dan kondisi kita, permasalahan apapun yang kita hadapi, itu tidak mengubah hakiki kita sebagai anak Allah.

Ay 10 – Orang yang kaya sebenarnya diharapkan juga punya kedudukan yang tinggi

Kita hidup di jaman antara saat Tuhan Yesus naik ke surga. Dan kelak turun dari surga untuk menjemput kita.

dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.” (Kis 1: 11)

Tuhan Yesus naik ke Surga dengan posisi tanganNya memberkati kita.

Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan- Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. (Luk 24: 50-51)

Tuhan Yesus akan turun lagi dari Surga dengan cara yang sama: tanganNya memberkati kita.
Jika Tuhan naik dengan cara memberkati, maka kita juga akan hidup diberkati. Kita harus percaya bahwa Tuhan itu memberkati kita.

Kita punya kedudukan yang tinggi karena Tuhan memberkati kita

Jika keadaan kita saat ini susah, itu keadaan, bukan kedudukan. Keadaan bisa berubah-ubah, miskin atau kaya, tapi kedudukan kita tetap yaitu anak Tuhan.

Ia, yang tidak menyayangkan Anak- Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan- Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama- sama dengan Dia? (Rm 8: 32)

Kedudukan kita: Jika Tuhan menyerahkan anakNya sendiri bagi kita, apalagi hal-hal yang lain.

Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah. (Gal 3: 29)

Karena kita milik Kristus, maka kita juga keturunan Abraham dan berhak menerima janji-janji Allah.

Walau keadaan rendah, kita harus bermegah. Kata “bermegah” (Yak 1: 9) artinya bersukacita (rejoice), glory, tetap percaya dengan suatu alasan atau tanpa alasan.

Cara mengubah keadaan yang rendah menjadi lebih baik dengan pertolongan Tuhan
2Raj 4: 1-7 – janda yang berhutang, akhirnya mendapat mujizat dan diberkati.

1. Hadapkan semua yang kita hadapi kepada Tuhan

Jawab Elisa kepadanya: “Apakah yang dapat kuperbuat bagimu? (2Raj 4:2a)

Setiap kali kita datang ke Tuhan, jawabanNya selalu: “apa yang bisa KU perbuat bagimu”. Tuhan selalu siap menolong kita. Berbeda dengan manusia yang meninggalkan kita di saat kita alami kesulitan.

2. Tuhan menolong menggunakan apa yang ada pada kita.

Beritahukanlah kepadaku apa-apa yang kau punya di rumah.” (2Raj 4:2b)

Tuhan menolong menggunakan apa yang ada pada kita.

Kesaksian
Seseorang pria sudah menganggur 6 tahun, yang bekerja istrinya. Dia minta nasehat pada p Timotius. P Timotius memberikan ayat ini, lalu menanyakan apa yang ada padanya. Saat digali tentang apa yang dimiliki di rumah, bagaimana sekolahnya, keahlian yang dimiliki, tetangga-tetangga dan pekerjaan mereka masing-masing, tiba-tiba orang ini tahu apa yang harus diperbuat.

Dari mana asal pertolongan Tuhan
Yoh 2: 1-11 – Mujizat dalam perkawinan di Kana. Air dan tempayan ada di tempat itu. Yang bisa mengubah air jadi anggur adalah Tuhan.

Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing- masing isinya dua tiga buyung. (Yoh 2: 6)

Seringkali pertolongan dan mujizat Tuhan tidak jauh, tapi DI SITU.

Yoh 6: 1-14 – Yesus memberi makan 5 ribu orang.

Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini? (Yoh 6: 9)

Mujizat tidak jauh: DI SINI dan DI SITU.

Kesaksian
Saat hal ini disampaikan di Pekalongan, salah seorang jemaat bersaksi. Ternyata orang yang duduk di sebelahnya adalah pengusaha batik yang sedang mencari sales. Sementara bapak ini sedang membutuhkan pekerjaan.

Kesalahan banyak orang: merasa hanya bisa berhasil jika SEANDAINYA keadaan kita berbeda: anaknya seseorang, mendapat sesuatu, punya modal, sekolah ini, kenal seseorang, dll.

Kita harus memberi waktu dan cukup sabar untuk menggali apa-apa yang ada di sekitar kita.

Kita harus mau berubah dari keadaan yang rendah menjadi lebih tinggi. Karena kedudukan kita sudah tinggi dan ditetapkan Tuhan 2000 tahun yang lalu, yaitu kita diadopsi menjadi anak Tuhan.

Minta Tuhan buka mata kita, sehingga bisa melihat mujizat-mujizat dan pertolongan-pertolongan Tuhan di sekitar kita. Jika kita bisa melihat penyediaan Tuhan di sekitar kita, maka keadaan kita akan meningkat.

Setan selalu berusaha meyakinkan bahwa keadaan kita hanya seperti saat ini, dan itulah status dan kondisi kita. Sehingga manusia hanya mengharapkan surga, tapi kehilangan pengharapan di dunia. Tapi firman Tuhan berkata bahwa keadaan kita hanya sementara, tapi status kita tetap: anak Tuhan.

Contoh pertolongan Tuhan di sekitar kita
Saat menghadapi Goliat, Daud mengambil batu dari sungai, bukan import dari manapun. Daud memenggal leher Goliat dengan pedang Goliat yang ada di situ, bukan dari lokasi lain.

Orang benar akan hidup oleh iman. (Rm 1: 17b)

Tipuan setan yang lain: ada pemisahan antara hidup jasmani dan rohani. Menang di rohani, tapi kalah di jasmani, di pekerjaan, dll.

Keadaan kita hanya sementara, dan harus mengikuti kedudukan kita yang tinggi

3. Tuhan itu Tuhan yang tidak terbatas, maka jangan membatasi Tuhan

Lalu berkatalah Elisa: ” Pergilah, mintalah bejana- bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana- bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. (2Raj 4: 3)

2Raj 4: 3 – Jangan hanya minta sedikit pada Tuhan, tapi kita harus jadi berkat bagi bangsa-bangsa.

Kesaksian
Anak p Tim sekolah di Singapura. Dia kost di lantai atas dari ruang umum (club house), yang kadang digunakan untuk tempat persemayaman orang mati. P Tim mendorong dan mengubah mindset anaknya. Saat ini dia bisa punya 5 tempat kost bagi teman-temannya, dan punya penghasilan sendiri. Anak p Tim seharusnya bisa memulai 6 bulan lebih awal. Tapi itu tidak akan terjadi jika kebenaran yang disampaikan p Tim tidak masuk lebih dulu ke dalam hati anaknya.

Apapun keadaan kita dan yang kita alami, tidak bisa merubah kedudukan kita sebagai anak Tuhan

Ketika bejana- bejana itu sudah penuh, berkatalah perempuan itu kepada anaknya: ” Dekatkanlah kepadaku sebuah bejana lagi, ” tetapi jawabnya kepada ibunya: ” Tidak ada lagi bejana. ” Lalu berhentilah minyak itu mengalir. (2Raj 4: 6)

Jika kita sediakan wadah yang terlalu sedikit, maka berkat berhenti mengalir.

Aplikasi:
Jangan hanya bersyukur untuk makan 3 kali, tapi minta pada Tuhan supaya bisa makan 30 kali. Sehingga yang 27 kali bisa memberkati orang yang lain.

4. Bangun pertemanan dan persahabatan

Lalu berkatalah Elisa: ” Pergilah, mintalah bejana- bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana- bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. (2Raj 4: 3)

Bejana kita sendiri terbatas. Dengan punya banyak teman, maka jadi tak terbatas. Jika hubungan janda ini dengan tetangganya buruk, maka bejana yang didapatnya sedikit.

Kesaksian
Untuk persiapan Great Awakening, p Tim bertugas menghubungi dan menjamu hamba-hamba Tuhan luar kota untuk menyampaikan visi. P Tim berusaha mencari bejana sebanyak mungkin, caranya dengan menyampaikan beberapa hal kepada para pendeta pada pertemuan pendahuluan, sehingga bisa jadi sahabat.
1. JKI IK tidak membuat gereja baru
2. JKI IK tidak membuat ajaran baru
3. JKI IK tidak membuat tradisi baru, yang penting Tuhan Yesus Kristus.
4. JKI IK tidak menerima sumbangan dari gereja yang diundang
5. Bahkan jika mereka ingin bergabung dengan JKI IK, akan ditolak.

Yang penting bagi JKI: gereja-gereja lokal itu masing-masing berkembang hingga 2x lipat.

Ilustrasi
Ada 6 aliran gereja, masing-masing jumlahnya 1 juta, maka totalnya 6 juta. Jika masing-masing gereja saling menobatkan dan menyatakan yang lain sesat, maka tidak kemana-mana, jumlah total anak Tuhan tetap 6 juta, hanya berpindah. Ini adalah roh “tidak berguna”.

Pada akhirnya yang terpenting adalah berapa jiwa yang dimenangkan bagi Tuhan

Ilustrasi
Membuat pameran mobil. Walau semua bagus, tujuan akhirnya: jumlah mobil yang laku berapa?

Dalam dunia bisnis, yang terpenting adalah jumlah keuntungannya.

Kesaksian
Salah satu pelanggan p Tim yang ordernya sangat besar, kemana-mana menggunakan motor. Jika di awal disepelakan karena penampilannya, maka p Tim bisa kehilangan berkat besar.

Hubungan yang baik dengan orang-orang lain membuat kita meningkat dan tidak terbatas

5. Kita harus bisa dipercaya

Kemudian pergilah perempuan itu memberitahukannya kepada abdi Allah, dan orang ini berkata: ” Pergilah, juallah minyak itu, bayarlah hutangmu, dan hiduplah dari lebihnya, engkau serta anak- anakmu. (2Raj 4: 7)

Salah satu bukti bisa dipercaya: membayar hutang dan kewajiban kita.
Saat berkat Tuhan mulai mengalir, kita harus bisa Tuhan percayai.

Saat minyak sudah ada, ke mana janda itu menjualnya? Ini harus kembali ke step 1: cari dan tanya pada Tuhan. Semua prinsip ini harus selalu kita ulang hingga keadaan kita meningkat.

Semua tahapan di atas harus dikerjakan dengan iman.

Rm 10: 5-10

Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. (Rm 10: 10)

sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat (2Kor 5: 7)

Kita hidup karena janji Tuhan.

Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: ” Aku percaya, sebab itu aku berkata- kata “, maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata- kata. (2Kor 4: 13)

Mulai perkatakan semua kebenaran firman Tuhan. Saat kita mulai melakukan sesuatu dengan memperkatakan firman Tuhan, maka gangguan akan berkurang, lebih fokus, dan sesuatu terjadi.

Kesaksian
P Tim pernah rugi dalam bisnis. 5 mobil habis untuk bayar hutang, sisanya untuk beli motor baru. P Tim beli helm yang tertutup. Tujuannya supaya setiap kali naik motor bisa memperkatakan Firman Tuhan: akan bangkit, berhasil, dst. Akhirnya iman dibangkitkan, dan semua hutang terbayar lunas.

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064