Minggu, 06 Maret 2016
3 Tongkat (bagian 1)
Petrus Agung

Riset ilmiah tentang keyakinan diri seseorang
Sekian puluh orang amatir dikumpulkan, diberi stick golf, lalu diminta memukul bola golf. Hanya dibawah 20% yang bisa masuk. Lalu peneliti mengatakan bahwa ada bola yang berbeda, yang bisa menolong dirinya sendiri untuk masuk ke lobang. Padahal bolanya tetap sama. Hasil percobaan kedua 90% masuk. Di pukulan pertama, peserta tes mengukur diri sebagai amatir dan tidak bisa memukul. Di pukulan kedua mereka convidence/ percaya pada bolanya.
Kesimpulan p Agung: rasa “percaya” di dalam diri kita jika dibangkitkan hasilnya akan mentakjubkan.

Keyakinan yang positif di dalam diri manusia bisa mempengaruhi hasil yang dicapainya

Analogi iman: tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Semua kuasa ajaib dan heran dan mujizat ada di dalam kita. Alkitab berkata: tanpa iman tak ada orang berkenan kepada Allah. Maka jika kita percaya pada Tuhan yang ada di dalam kita, maka akan banyak terobosan besar terjadi dalam hidup kita.

Rasa Percaya membawa perubahan yang luar biasa, karena itu dari sikap (attitude) kita.

Contoh dari kesaksian seorang ibu rumah tangga di Surabaya.
Beliau pernah mengunjungi anaknya yang tinggal di Australia. Suatu kali dia mendampingi anaknya memarkir mobil di tepi jalan, ternyata tidak berhasil sempurna. Karena tidak mau jika anaknya ditilang, si ibu mengangkat dan menggeser mobil. Di lain kesempatan ibu ini tidak mampu mengulangi mengangkat mobil.

Di dalam diri manusia ada potensi kekuatan yang dahsyat: tenaga-kekuatan-cinta-passion
Jika potensi ini bisa dibangkitkan dan keluar, hasilnya akan luar biasa, tidak lazim, dan jauh di atas rata-rata

Mat 21: 18-22 – Kekuatannya ada pada: percaya dan tidak bimbang

Banyak orang ingin berubah, tapi yang dilakukan hanya masuk kamar dan berdoa. Tuhan bisa saja merubah, tapi hanya di kasus khusus. Di kebanyakan kasus sebenarnya Tuhan sudah mengubah kita. Ada terlalu banyak cara berfikir dan pengertian kita yang keliru, yang membuat kita tidak bisa menikmati sesuatu walau sudah waktunya kita menikmati hal itu.

Kita bisa lakukan sesuatu yang besar jika percaya dan tidak bimbang.
Kesaksian
Di SHRK p Yusak hadir 3 kali walau kondisinya berat. P Yusak mendoakan doa penutup. Saat p Yusak berusaha ambil nafas, p Agung lupa menarik mic, ternyata suaranya keras seperti meniup. Tiba-tiba banyak jemaat mengalami manifestasi dan dijamah Roh Kudus. P Agung tanyakan ini ke Tuhan: mengapa hal yang tidak sengaja bisa luar biasa? Roh Kudus menjawab bahwa tulang Elisa juga bisa membangkitkan orang mati walau tidak sengaja.

Jemaat dijamah Tuhan karena hati mereka percaya sedang diberkati Tuhan, dan konsentrasi penuh pada Tuhan.

Jika ada sesuatu yang bisa membuat iman kita keluar akan mengubah segalanya. Ini dimensi yang berbeda dengan dimensi logika dan nalar manusia. Dr Cho mengatakan bahwa ini dimensi ke-4. Di dalam kehidupan normal banyak hal tidak logis.

Contoh logika manusia:
Saat sakit, selidiki gejalanya, periksa apakah ada uang, apakah perlu operasi? Jika semua mungkin, maka dilaksanakan.

Pikiran adalah berkat Tuhan bagi kita. Hasil pemikiran logis manusia sangat luar biasa, banyak kemajuan dunia dan teknologi yang luar biasa.Tapi teknologi sangat mahal, sehingga kehidupan baik hanya bagi yang punya uang untuk membiayai hidupnya.
Masalahnya banyak manusia yang belum kelimpahan, banyak yang tidak bisa meraihnya. Maka manusia perlu beralih pada dimensi supranatural. Contohnya:

Hati yang gembira adalah obat yang manjur (Ams 15: 13)

Kita diberi pilihan Tuhan: gunakan logika kita sendiri, dengan ini sudah bisa jadi luar biasa; atau memilih percaya pada Tuhan, maka akan ada yang berbeda.

Contoh perang antara iman dan logika
Para murid di tengah danau Galilea, terombang-ambing karena badai. Tuhan datang berjalan di atas air. Petrus menantang supaya Tuhan perintahkan dia datang dan berjalan di atas air, dan Tuhan perintahkan, maka Petrus benar-benar berjalan di atas air, karena saat itu yang bekerja hanya imannya. Tapi saat inderanya merasakan angin, ombak, dll, logikanya berkata bahwa itu tidak mungkin terjadi. Maka dia mulai tenggelam. Di akhir kisah Yesus ajak lagi Petrus berjalan di atas air, kembali ke perahu.

Dalam hidup kita bisa berpindah sekejap antara alam iman dan alam natural. Maka kita harus terus berlatih hidup di alam iman, supaya tidak tenggelam dalam kehidupan.

Kesaksian
Seorang bapak konseling ke p Agung. Dia kena kanker hati, datang dengan dipapah dan kondisi lemah. Dokter berkata bahwa usianya tinggal 6 bulan. P Agung bercerita untuk membangkitkan semangatnya, lalu didoakan sebentar, saat pulang keluar dengan gagah dan segar.

Contoh kekuatan sugesti/ keyakinan di masyarakat umum:
Kesembuhan karena air sumur biasa yang didoakan dukun. Ini karena sugesti orang yang datang.

Kita bisa selesaikan problem kita sendirian dengan Tuhan. Pembacaan Alkitab harian jangan jadi beban, tapi minta Tuhan munculkan 1 atau dua ayat. Lalu ayat itu kita perkatakan, maka kita masuk ke dimensi rohani yang luar biasa.

Contoh di Alkitab:
Wanita yang sakit pendarahan 12 tahun sembuh, padahal banyak orang menempel ke Yesus tapi tidak terjadi apa-apa.
Orang sakit diletakkan di pinggir jalan, sehingga saat Yesus lewat, mereka sembuh.

Covenant Money (perjanjian uang)
Saat doa bersama, bu Nany dapat sesuatu: Bagikan uang di jemaat masing-masing. Itu seperti saat Abimelekh beri uang kepada Abraham dan Sarah sejumlah 1000 syikal perak.

Tuhan beri penjelasan Kej 20 dan 21 (PR: baca di rumah)
Abraham takut dibunuh karena istrinya yang cantik. Maka Abraham minta istrinya berkata bahwa mereka bersaudara. Abimelekh jatuh cinta pada Sarah, dan mengambilnya sebagai istri. Tapi sebelum lakukan apapun, Tuhan sudah tegur. Karena Abimelekh tulus, dia bebas dari hukuman Tuhan dan Sarah dikembalikan. Abimelekh berikan banyak hal, termasuk 1000 syikal perak, sebagai tanda bahwa Sarah suci, dan dibenarkan dalam segala hal. Di pasal berikutnya Ishak lahir.

Covenant money sebagai tanda kita dibenarkan dalam segala hal.

Semua perjanjian Tuhan jadi dalam hidup kita jika kita percaya.
Bola golf adalah tipuan, tapi bisa jadi luar biasa karena menciptakan keyakinan. Covenant money ada dalam firman Tuhan, lalu Tuhan perintahkan. Jika di-respon dengan iman akan jadi terobosan yang luar biasa, dan semua janji Tuhan jadi kenyataan.

Kita harus diberkati secara materi, supaya pikiran kita tidak tercurah hanya pada kebutuhan sehari-hari, sehingga bisa memikirkan orang-orang lain yang perlu ditolong.

Tongkat pertama: tongkat Yakub
Kej 32: 9-10 – Tongkat Yakub adalah tongkat multiplikasi. Karena dari seorang Yakub, di masa kini jadi suatu bangsa besar yang menguasai dunia.

sebab aku membawa hanya tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan. (Kej 32: 10b)

Kesaksian Ps Bill Wilson
Ps Bill Wilson datang ke kantor temannya, di sudut ada sebuah tongkat penuh ukiran. Pemilik tongkat menjelaskan bahwa setiap bapak yang akan berikan hak kesulungan kepada anak, dia menyiapkan tongkat dari kayu yang kuat, lalu direndam ramuan sehingga benar-benar kuat. Saat ayah menyalurkan berkat kesulungan, tongkat itu diserahkan pada anak itu.
Sejak hari itu tongkat itu jadi buku harian bagi anak itu untuk semua pengalaman dengan Tuhan, ditulis dari bawah ke atas. Setiap pengalaman dia ukirkan simbol tertentu. Jika ada banyak pengalaman, maka di akhir hidup tongkat itu akan penuh ukiran hingga ke atasnya.

Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya. (Ibr 11: 21)

Indikasinya ukiran tongkat Yakub sampai pada kepala tongkat.

Salah satu hak yang Tuhan berikan pada kita adalah hak kesulungan. Ini karena Yesus adalah yang sulung, sementara kita terhisap di dalam Yesus. Maka artinya kita juga memiliki tongkat yang dimiliki Yakub. Ini adalah tongkat perjalanan dengan Tuhan, dan tongkat ini membawa pelipatgandaan di hidup kita.

Yakub berjuang keras untuk mendapatkan tongkat itu. Yakub sangat mengingini hak kesulungan, dan yakin bahwa hak itu akan mengubah hidupnya. Tuhan membenci Esau karena menganggap ringan berkat Tuhan, sementara Yakub sangat menghargainya.

Pengertian dan iman akan mengubah nasib kita secara luar biasa.
Jangan tergantung pada manusia untuk mendoakan, karena di dalam kita ada potensi Tuhan yang dahsyat, jika kita percaya dan bertindak, maka sesuatu terjadi.

Kesaksian pembangunan Holy Stadium
Tanah HS awalnya 2,8 Ha, seharga 8,2M, dibayar dalam 2,5 tahun tanpa bunga. P Agung hadapkan semua ke Tuhan, secara logika akan memakan waktu yang panjang hngga HS bisa digunakan, sementara dana sudah habis. Roh Kudus arahkan untuk menabur ruko 3 lantai di Jakarta yang ditabur seseorang.
Di masa itu seorang hamba Tuhan membangun tower bagi Tuhan. P Agung berniat menabur sertifikat ruko untuk proyek itu. Begitu p Agung dan beberapa rekan sepakat, langsung menuai 3 sertifikat lain. Hamba Tuhan ini kemudian mengurapi p Agung, dan meng-impartasikan karunia menggembalakan gereja besar dengan jemaat banyak. Kemudian juga didoakan supaya pembangunan HS lebih cepat.
Dari 2,5 tahun kesempatan yang diberikan, tanah HS bisa lunas dalam 9 bulan.

Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.(Pkh 9: 11)

Penutup

Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; (Kis 2: 2)

Kesaksian pdt Adi tentang kairos
P Adi bertemu seorang anak Tuhan yang bawa persembahan besar untuk dibagikan ke hamba-hamba Tuhan di Indonesia. Saat akan mengunjungi gereja-gereja JKI di satu daerah, hanya ada 3 gereja yang bersedia menerima.
Di gereja pertama, gereja tidak bisa memberi apa-apa pada p Adi, hanya mendoakan
Di gereja kedua, diberi persembahan kasih sekedarnya.
Di gereja ke-3, gembala mengajak jemaat memberkati p Adi dengan semua uangnya.
Keesokan harinya ketiga hamba Tuhan diajak p Ady makan siang. Tuhan berkata: berapapun yang mereka berikan, kembalikan sekian ratus kali lipat, dan ini dilakukan saat makan siang berama.

Cerita ini membuat p Agung sadar: setiap hari ada kejutan Tuhan buat kita.

Kesaksian pengalaman perjamuan kudus
Di awal pelayanan semua p Agung dan istri kerjakan sendiri. Karena belum punya mobil, semua dibawa dengan motor. Semua cup perjamuan dibawa dengan taplak dan dicuci sendiri. Suatu hari hujan. P Agung terucap: suatu hari Tuhan akan beri mobil. Di tengah jalan ada orang mabuk, p Agung dan istri berbahasa Roh. Tiba-tiba si pemabuk memukul dalam jarak dekat, tapi melesat. Dua minggu setelah itu Tuhan beri mobil pertama.

Kadang-kadang kita berhadapan dengan kondisi berat: kerjakan dengan setia, karena Tuhan lebih setia pada kita

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB); antonius_fw@yahoo.com (YM);
antoniusfw1@gmail.com (email, dan FB);
@Antonius_FW (tweeter);
pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, WeChat 085 727 868 064