Minggu, 17 April 2016
Tongkat Harun
Hadasha Gloria

Tongkat ke-2: Tongkat Harun
Bil 17: 1-11
Setiap pemimpin suku Israel mendapat satu tongkat pemimpin/ tongkat gembala. Tongkat itu melambangkan otoritas dan kuasa. Suatu kali ada pemberontakan Korah-Datan dan Abiram, mereka meragukan bahwa Harun adalah pilihan Tuhan. Musa mengambil tongkat dari pemimpin 12 suku diletakkan di depan Tabut Tuhan. Esoknya hanya tongkat Harun yang bertunas, berbunga dan berbuah, maka seluruh Israel mengakui Harun sebagai pilihan Tuhan.

1. Chosen generation
Buah badam = buah almond, adalah buah pertama yang muncul setelah musim dingin.

Seharusnya sebuah tongkat tidak bisa bertunas, berbunga dan berbuah dalam 1 hari. Ada 12 tongkat, yang bertunas-berbunga dan berbuah hanya 1 tongkat. Harun adalah generasi yang terpilih (chosen generation).

Generasi yang terpilih (Chosen generation) adalah kelompok orang yg melakukan hal-hal aneh, di luar kelaziman, tidak bisa diterima oleh banyak kalangan.

Contoh:
Sebelum meninggal, p Agung ingin membawa 3 ribu jiwa dipersembahkan kepada Tuhan. Ternyata yang dibabtis 3333 jiwa. Cara menarik jiwa bukan diinjili seperti lazimnya, tapi melalui berbagai hal dan bantuan. Apakah ini iblis?
Acara True Soulmate menampilkan 11 lagu sekuler. Tapi kenyataannya 900 jiwa dibabtis. Apakah ini iblis?
Saat Shasha dan ps Hengky melayani di Solo, beberapa lagu yang dinyanyikan adalah lagu sekuler. Saat berkhotbah, semua yang hadir dilawat dan dijamah Tuhan. Apakah ini iblis?

Iblis tidak pernah suka jika 1 jiwa saja diselamatkan.

Kitalah generasi yang dipilih Tuhan, di luar terlihat aneh, berbeda dengan yang lain.

Tongkat Harun hanya berbunga-bertunas-berbuah di dalam hadirat Tuhan.

JKI tidak lakukan hal-hal aneh secara sembarangan, tapi semua harus di dalam jalur Tuhan, dalam hadirat Tuhan, sesuai arahan Tuhan. Seaneh apapun caranya, selama itu sesuai mandat Tuhan, maka Tuhan yang akan bekerja.

Contoh hamba Tuhan yang aneh:
Smith Wigglesworth – pernah membangkitkan orang mati dengan memukul perutnya.

Pola hidup dari the chosen generation setiap hari harus seperti pola hidup Tuhan.
Di jamanNya, Yesus juga dianggap aneh dan sesat. Menyembuhkan di hari sabat, mencelikkan mata dengan meludah ke tanah lalu dioles ke mata si buta. Orang umum berkata itu aneh, jijik, sesat.

Selama kita dalam mandat dan visi Tuhan, kita tetap akan lihat campur tangan Tuhan yang ajaib, Tangan Tuhan yang melakukan semua bagi kita.

2. Pembelaan Tuhan
Tuhan tunjukkan pembelaan kepada Harun dan keturunannya dengan ajaib:
Saat akan keluar dari Mesir, setiap kali Musa perintahkan Harun mengangkat tongkatnya, maka tulah muncul.
Saat Musa dan Harun dihujat dan diprotes oleh banyak orang, Tuhan berikan pembelaan dengan membuat tongkat Harun bertunas-berbunga-berbuah. Yang bisa melakukan mujizat untuk sebuah tongkat adalah Tuhan.

Setelah ditunjukkan pada bangsa Israael, tongkat itu dikembalikan ke dalam hadirat Tuhan, dalam waktu yang sangat lama.

Pembelaan Tuhan akan datang saat kita masuk dalam hadirat Tuhan, duduk diam di kaki Tuhan.

Jangan adu bersilat lidah, tapi berdoa. Tidak perlu pembelaan diri keluar dari mulut kita. Saat kita diam dan berdoa, pembelaan akan datang dari Tuhan, pada waktu Tuhan yang sempurna, dan tidak ada manusia yang bisa membantah. Banyak orang mempertanyakan pembelaan Tuhan yang belum datang karena: kita terlalu cerewet.

Jika kita ingin pembelaan dari Tuhan, kuncinya: masuk dalam hadirat Tuhan, duduk dan diam. Maka pembelaan Tuhan akan datang tepat pada waktunya.

Ada pembelajaran Tuhan dalam setiap hal yang kita alami. Kunci kemenangan adalah jika kita bisa pahami maksud dan tujuan Tuhan membiarkan sesuatu terjadi.

Kesaksian
Beberapa kali Shasha mengadu ke p Agung bahwa dia difitnah dan dimarah-marahin seseorang. P Agung berkata bahwa itu baik buat jiwa Shasha, buat meng-kempes-kan kepala Shasha supaya tidak sombong. Shasha sampai heran, apakah ini papanya? Harusnya kan membela?
Kini Shasha baru tahu dari beberapa pastoral, ternyata tanpa setahu Shasha, p Agung sebenarnya marah, dan ingin melakukan pembelaan terhadap Shasha.

Bapak di dunia yang tidak sempurna saja membela anaknya. Apalagi Bapa di Surga, Dia sangat mengasihi kita, tidak biarkan kita jatuh. Tuhan membela kita di depan lawan-lawan kita. Tuhan tahu cara terbaik untuk membuat kita bertumbuh, membiarkan sesuatu terjadi dalam hidup kita supaya kita diproses, belajar sesuatu yang baru, sampai karakter dan pola hidup Tuhan masuk ke hidup kita.

Saat Tuhan menurunkan pembelaanNya, maka orang lain akan melihat buahNya pada kita

Masuk hadirat Tuhan tidak bisa dengan sikap hati yang salah. Di dalam hadirat Tuhan tidak ada kemarahan, kekecewaan, kebekuan dan pemberontakan. Tapi ada damai, sukacita dan kebahagiaan, seperti seorang anak yang tahu bahwa ada pembelaan dari ayahnya.

Pembelaan Tuhan tidak pernah terjadi saat kita mencari pembelaan manusia. Saat kita mencari pembelaan Tuhan, pembelaan dari manusia otomatis mengikuti.

Pengumuman
Kupang 6-7 Mei. Pagi KKR pelajar, sore KKR umum. Yang dibutuhkan hanya konselor

Flores 14-15 Mei (Labuhan Bajo) – dibutuhkan banyak tenaga.
14 mei sore – pemutaran film + pasar murah; 15 mei – Pantekosta

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com, antoniusfw1@gmail.com (email, dan FB);
@Antonius_FW (tweeter); pin BB 2A67038C
WhatsApp, Line, 085 727 868 064