Minggu, 23 Oktober 2016
Alamilah Kuasa Kristus
Rubin Adi Abraham

Mrk 2: 1-5, 12

Hidup di dalam Kristus adalah hidup yang penuh mujizat, karena selama hidupNya Yesus banyak membuat mujizat. Kuasa Kristus yang luar biasa bisa kita alami melalui beberapa hal.

1. Ada kuasa dalam pemberitaan Firman

Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka, (Mrk 2: 2)

Kemanapun Yesus memberitakan Firman. Firman Tuhan sanggup mengubah orang menjadi baru. Contoh: Zakeus dari pemeras menjadi murah hati, wanita Samaria bertobat.

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. (Rm 10: 17)

Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” (Mat 4:4)

Setiap hari kita harus makan “makanan rohani” yang menguatkan iman. Kita harus tumbuh dalam kebenaran Firman, supaya tidak mudah terombang-ambing oleh arus jaman, bahkan pengajaran-pengajaran yang menyimpang.

Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; (Hos 4: 6a)

Urutan ilmu seharusnya: 1. Tuhan (teologi); 2. Manusia (psikologi); 3. Binatang (biologi fauna); 4. Tumbuhan (biologi flora); 5. Benda (fisika). Tapi dunia membalik urutannya, no 5 yang lebih dihargai. Induk dari semua pengetahuan adalah teologi. Semua ilmu yang kita miliki akan berakhir di liang kubur, tapi ilmu tentang Tuhan akan kekal.

Cara praktis mengenal Tuhan dengan membaca dan mendengar Firman, dan selalu mencocokan apa yang diajarkan dengan Firman Tuhan yang tertulis.

Rhema harus selalu cocok dengan Logos

Tuhan masih berbicara pada manusia di jaman ini, tapi Alkitab tetap suara Tuhan yang lebih pasti. Maka semua harus diukur dari Firman. Salah satu motto reformasi: hanya Firman (sola scriptura).

Kita bisa tahu apakah khotbah/ pengajaran seseorang itu sesuai Alkitab atau tidak, jika setiap hari baca Alkitab. Ini seperti jemaat Berea.

Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.(Kis 17: 11)

Contoh.
Buku “Heaven is so Real”. Ada kalimat dalam salah satu kesaksian “roh di bawa Tuhan ke surga, lalu di dudukan di tepi pantai”. Tapi di Wahyu 21:1 dikatakan bahwa di langit dan bumi baru tidak ada lautnya. Kemungkinannya si penulis memang mendapat pengelihatan dari Tuhan, tapi asumsinya yang salah, berbeda dengan logos yang tertulis.

Untuk menafsirkan Alkitab dengan benar tidak bisa hanya dengan logika, tapi harus logos: apakah hal itu tercatat dalam Alkitab.

Tentang kesaksian orang-orang yang melihat neraka
Kesaksian-kesaksian ini membuat orang takut dan menjauhi dosa. Tapi menurut Alkitab: Luk 16,
orang kaya yang mati dibawa ke Hades (alam maut), yaitu tempat sementara. Artinya neraka belum ada penghuninya. Nantinya ada pengadilan terakhir, dengan Yesus sebagai hakimnya, baru ditentukan siapa yang ke surga dan neraka. Alkitab berkata bahwa penghuni neraka pertama adalah antikris dan antek-anteknya. Maka artinya kesaksian ini tidak sesuai logos.

Jika ada pertentangan antara kesaksian atau pengajaran seseorang dengan Alkitab, maka kita harus berpegang pada Firman Tuhan

Menurut Alkitab, neraka adalah tempat hukuman bagi setan. Maka yang paling dihukum di neraka adalah setan, dan tidak ada tahta setan di neraka. Tuhan adalah penguasa atas bumi, langit, di bawah bumi, termasuk neraka. Iblis akan dihukum di neraka, dan bukannya berkuasa di sana.
Pandangan bahwa setan berkuasa di neraka karena masuknya pemahaman-pemahaman non-risten ke alam bawah sadar kita.

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung (Yos 1: 8)

Jika ingin sukses: baca-dengarkan-renungkan-lakukan Firman Tuhan.

Ilustrasi
Untuk tahu alamat suatu tempat bisa menggunakan GPS (global positioning system).
Orang Kristen juga harus punya GPS (God Positioning System)

Jika kita mau berhasil dan beruntung, jadikan firman sebagai pegangan hidup kita, maka kuasa Allah akan dinyatakan dan bekerja melalui kebenaran Firman

2. Ada kuasa dalam persatuan

ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang (Mrk 2: 3)

Ada 4 orang, artinya ada 4 pendapat yang berbeda. Tapi mereka sepakat dan membongkar atap. Maka mujizat Tuhan dinyatalkan dan si sakit disembuhkan.

Kerukunan mendatangkan berkat dan mujizat

Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun! Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya.(Mzm 133: 1, 3b)

Kerukunan harus dimulai dari yang terkecil, yaitu keluarga: suami-istri harus rukun walau ada banyak perbedaan

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang (1Ptr 3: 7)

Jika relasi suami-istri tidak baik, maka Tuhan berkata bahwa doa akan terhalang.

Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat (Ef 5: 32)

Hubungan pernikahan adalah simbol hubungan Kristus dan jemaat. Maka relasi seseorang dengan Kristus diragukan, jika dia tidak menjaga relasi suami-istri yang baik.

Relasi orang tua-anak harus baik

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu–ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. (Ef 6: 1-4)

Salah satu sukacita yang terbesar adalah jika kita memiliki keluarga dan anak-anak yang takut akan Tuhan, dan berjalan dalam kebenaran.

Saat kita sehat, kita bisa pergi dengan teman-teman ke manapun. Tapi saat sakit, yang merawat kita adalah keluarga, dan bukan teman-teman.

Berikan lebih banyak waktu bagi keluarga, sehingga keluarga dipulihkan.

Kesaksian
Anak sulung ps Rubin bekerja di Australia. Saat ps Rubin mengunjungi ke Australia, si anak memberi hadiah ke papanya tanpa diminta: sebuah IPAD terbaru. Anak ini bercerita bahwa gaji pertamanya adalah buah sulung, gaji kedua untuk memberi hadiah kepada papanya. Barulah di gaji ketiga dia menikmatinya sendiri. Ps Ruben terharu, karena anaknya taat berjalan dalam Firman Tuhan.

Hormatilah dan taatilah orang tua. Ini ajaran dan perintah Alkitab sejak ribuan tahun yang lalu.

Jika suami-istri rukun, orang tua-anak rukun, gereja rukun, maka kuasa Allah akan dinyatakan secara luar biasa

3. Ada kuasa di dalam Iman

Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!” (Mrk 2: 5)

Tuhan melihat iman dari teman-teman si lumpuh. Tuhan selalu menghargai orang-orang yang memiliki iman kepadaNya.

Yesus menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi. (Mat 21: 21)

Mat 8: 5-13 – Iman perwira tentara di kota apernaum membuatnya mengalami mujizat

Saat menghadapi tantangan dan kesulitan: miliki iman. Tanpa iman kita tidak mengalami kuasa dan mujizat Tuhan.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (Ibr 11: 1)

Semua pemberian yang baik berasal dari Allah, itulah kasih karunia (grace). Saat Tuhan beri kasih karunia, harus ada wadahnya, yaitu iman. Saat kasih karunia (grace) diterima dengan iman (faith), hasilnya adalah keselamatan (salvation) dan berkat (blessing).

Ilustrasi
Di restauran “all you can eat” makanan berlimpah, tapi yang bisa dimakan tergantung kapasitas kita.

Manusia selalu menuntut bukti, melihat lebih dulu. Iman sejati adalah iman Abraham: walau belum melihat tanah perjanjian dia melangkah meninggalkan kampung-halamannya.

Definisi sederhana dari “iman”: meng-amin-kan Firman, sekalipun seringkali tidak masuk akal.

Kesaksian
Gereja ps Rubin awalnya berkapasitas 700 orang, ibadah dilakukan 5x. Saat ada pertumbuhan jumlah jemaat, gereja mulai sesak. Ps Rubin mulai berdoa untuk tanah gereja. Seorang jemaat menunjukkan sebidang tanah yang luas dan cocok untuk gereja, tapi harganya sangat mahal.
Saat wacana pembelian tanah disampaikan kepada jemaat, di ibadah pagi terkumpul dana, tapi masih jauh dari harga total. Di ibadah sore ada seorang jemaat tamu yang digerakkan Tuhan untuk melunasi semua biaya pembelian tanah.
Sebelumnya ps Rubin berfikir bahwa pembayaran tanah itu akan memakan waktu bertahun-tahun dan berbagai pergumulan, ternyata Tuhan selesaikan dalam 4 hari.
Gedung gereja sudah jadi, 5 lantai, diberi nama “Stairway from Heaven”.

4. Ada kuasa dalam pengampunan

Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: ” Hai anak- Ku, dosamu sudah diampuni! ” (Mrk 2: 5)

Ada banyak penyakit yang terjadi karena dosa. Pengampunan membebaskan kita dari berbagai hal buruk yang menghambat berkat Tuhan.

dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; (Mat 6: 12)

Tidak mau mengampuni orang lain adalah bukti bahwa seseorang belum lahir baru, belum pernah menerima kasih Allah, sehingga tidak bisa menyalurkan kasih Allah kepada orang lain.

Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. (Rm 5: 8)

Orang yang sudah lahir baru mengalirkan kasih Tuhan dengan wujud pengampunan

Mat 18: 23-35

10 ribu talenta = 60 juta dinar. 1 dinar adalah upah sehari kerja, setahun ada sekitar 300 hari kerja. Maka untuk melunasi hutangnya orang ini harus bekerja rodi selama 200 ribu tahun.
Ini gambaran pengampunan Tuhan : dosa kita sangat besar, tak tertebus selama sumur hidup kita. Maka orang yang tidak mau mengampuni orang lain adalah orang yang tidak sadar seberapa besar Tuhan sudah mengampuni dosanya.

Klip: pengampunan

Korespondensi:
antoniusfw@facebook.com (FB);
antonius_fw@yahoo.com, antoniusfw1@gmail.com (email, dan FB);
@Antonius_FW (tweeter); pin BB 5CE70545
WhatsApp, Line, 085 727 868 064